Area 51 – 10 Fakta Area 51 Dan Konspirasi Nyata Didalamnya


849
849 points

Kalian pasti sering mendengar Area 51 kan guys? Area 51 merupakan sebuah pangkalan militer Amerika Serikat yang terletak di Nevada dan menjadi salah satu tempat buatan manusia yang paling misterius di dunia. Karena tidak dipublikasikan apa yang sebenarnya terjadi disana, banyak sekali teori konspirasi bermunculan mulai dari “adanya eksperimen manusia di sana” hingga “konspirasi tentang keberadaan alien”.

Area 51 - 10 Fakta Area 51 Dan Konspirasi Nyata Didalamnya

10 Fakta Area 51

Sebenarnya, tidak ada bukti pasti dari teori konspirasi yang sering didiskusikan masyarakat di wilayah tersebut. Sebagian besar hanyalah sensasi dan mungkin tidak akurat. Untuk memahami lebih lanjut, lebih baik kita pahami lebih dalam fakta dan konspirasi apa yang sebenarnya terjadi. Dilansir dari listverse, berikut ini adalah 10 fakta Area 51 dan konspirasi nyata didalamnya.

10. Area 51 Masih Berkembang Sampai Sekarang

Sudah sejak lama masyarakat umum tahu tentang Area 51, walaupun CIA tidak mengakui keberadaannya hingga tahun 2013. Area ini awalnya adalah pangkalan militer biasa saat Perang Dingin, tapi sekarang telah berubah menjadi pangkalan militer terbesar di Amerika yang paling misterius.

Sebagian besar isu yang tersebar di masyarakat sebenarnya disebabkan oleh klaim mantan karyawan disana bernama Bob Lazar. Sejak saat itulah perhatian publik ke Area ini semakin besar. Banyak orang yang berasumsi kalau area itu hanyalah satu tempat tertutup yang tetap sama sejak dibangun pertama kali. Namun kenyataannya, Area 51 masih berkembang sampai sekarang lho guys.

Asumsi tentang apa yang sebenarnya terjadi disana juga telah menimbulkan sedikit kontroversi, karena sebagian besar tanah Area 51 tiba-tiba diambil paksa oleh pemiliknya tanpa penjelasan yang memadai.

Area 51 Masih Berkembang Sampai Sekarang

9. Tidak Ada Yang Tahu Pasti Mengapa Disebut Area 51

Sebenarnya, sebutan Area 51 yang kita kenal bukanlah nama asli area pangkalan militer AS tersebut. Pangkalan militer tersebut aslinya bernama Homey Airport atau Groom Lake dalam dokumen era Perang Dingin. Sebutan yang sekarang dikenal sebagai Area 51, sebenarnya hanya untuk maksud dan tujuan tertentu, bahkan ada dalam catatan resmi modern.

“Tapi kenapa disebuta Area 51?” Logikanya, Area 51 menyiratkan adanya keberadaan area 1 – 50 kan? Meskipun jika ada, tidak ada yang bisa menemukannya area tersebut dimana. Maka Jawabannya tidak ada orang yang tahu.

Kita hanya tahu kalau pemerintah dari tahun 60an menyebutnya demikian. Tidak tahu alasan pasti kenapa disebut Area 51. Dan CIA secara resmi mengkonfirmasi nama dan keberadaan area tersebut pada tahun 2013.

Beberapa orang mengatakan kalau penamaan ini hanya karena sistem penamaan grid oleh Komisi Energi Atom yang melakukan perencanaan untuk wilayah tersebut. Ada juga yang mengklaim, kalau Area 1 – 50 pada awalnya dibangun, tetapi akhirnya hancur karena ulah alien.

8. Angkatan Laut Mengkonfirmasi Video UFO Itu Nyata

Walaupun banyak teori konspirasi yang nyeleneh, ada beberapa yang masuk akal (walaupun belum pasti) seperti sebagai tempat pangkalan militer untuk menguji senjata teknologi baru. Teori ini mungkin bisa terjadi karena militer memang perlu pangkalan untuk menguji teknologi rahasia demi keamanan nasional.

Salah satu teori yang paling populer yaitu adanya keberadaan Alien. Awalnya, memang karena klaim dari mantan karyawan disana, Bob Lazar yang mengklaim kalau dia telah melihat pemerintah melakukan eksperimen alien di sana.

Dan hal ini semakin viral, setelah Angkatan Laut AS telah menunjukan rekaman video keberadaan salah satu UFO di area tersebut. Video itu memperlihatkan, pesawat angkatan laut yang terlibat dengan beberapa benda terbang aneh.

Meskipun benda dalam video itu tidak bisa dipastikan apakah benar UFO dan alien, Angkatan Laut mengkonfirmasi kalau mereka sering melihat fenomena benda terbang yang tidak dapat dijelaskan di sekitar pangkalan militer.

7. Salah Satu UFO Cocok Dengan Deskripsi Lazar

Area 51 menjadi populer, awalnya memang berasal dari pengakuan Bob Lazar, seorang mantan karyawan disana. Ternyata, salah satu UFO yang disaksikan oleh Lazar cocok dengan salah satu dari tiga penampakan yang telah dikonfirmasi angkatan laut.

Selain itu, Lazar juga mengklaim kalau dia bekerja di pesawat ruang angkasa yang terbang dengan bagian bawahnya di depan dan menggambarkan bentuknya secara detail. Kalau kamu melihat video di atas tadi, kamu akan melihat bahwa salah satu dari objek tersebut mirip dengan apa yang diklaim Lazar. Tapi segala sesuatu terserah kalian ya guys mau percaya atau tidak.

Salah Satu UFO Cocok Dengan Deskripsi Lazar

6. Tujuan Asli Area 51

Di antara semua asumsi tentang alien dan teori konspirasi yang berkembang, sulit bagi kita untuk menemukan tujuan sebenarnya dari Area 51. Banyak yang percaya kalau teori mereka menjadi bukti yang tidak dapat disangkal seolah-olah area tersebut memang dibangun untuk rumah alien yang ditangkap. Mereka percaya karena banyak orang yang tidak kenal satu sama lain juga mengaku melihat hal-hal aneh di sekitar pangkalan militer tersebut.

Sebenarnya, tujuan asli Area 51 pada awalnya dimaksudkan untuk melakukan penelitian rahasia pesawat pengintai U-2 altitude tinggi ketika Perang Dingin terjadi. Ketika Perang Dingin dimulai, seluruh Blok Timur tiba-tiba tertutupi oleh apa yang kita kenal sebagai Tirai Besi.

Karena itulah AS harus menemukan cara yang efektif untuk mengumpulkan intelijen. Kerahasiaan di sekitar pangkalan militer itu juga bisa dijelaskan oleh fakta sederhana bahwa militer AS tidak ingin Rusia Soviet mengetahuinya supaya menang dalam perang.

5. Tidak Ada Pagar Di Sekitar Area 51

Untuk fasilitas yang dijaga ketat oleh militer AS, kamu pasti berpikir kalau Area ini akan memiliki semacam pagar pembatas untuk mencegah warga masuk kan guys? Nyatanya, Area 51 tidak memiliki pagar sama sekali.

Walaupun tidak memiliki batas area secara fisik, beberapa instalasi bagian dalam dijaga oleh perimeter. Makanya, lebih baik kamu jangan berjalan atau masuk sembarangan area sana, karena adanya sensor magnetik di banyak tempat dan juga banyak menara penjaga yang pasti akan langsung menembak jika kamu mencoba masuk ke Area terlarang.

 Tidak Ada Pagar Di Sekitar Area 51

4. Perjalanan Harian Rahasia Untuk Bekerja

Kamu mungkin bertanya-tanya tentang kehidupan kerja orang-orang yang bekerja di dalam Area 51. Apakah mereka membangun fasilitas perumahan untuk semua karyawan? Siapa yang tidak mau bekerja untuk pasukan terbesar di dunia dengan akomodasi gratis dan tanpa risiko pertempuran kan?

Meskipun banyak yang menduga kalau beberapa personil yang bekerja disana memiliki tempat tinggal sendiri , tapi sebagian besar nyatanya tidak. Untuk berangkat ke kantor, para pekerja melakukan perjalanan sehari-hari secara rahasia dengan pesawat terbang.

Ada hanggar yang didedikasikan khusus untuk para karyawan di dalam fasilitas, dengan terminal terbatas di sisi lain di Bandara Internasional McCarran di Las Vegas. Lebih menariknya lagi, pesawat yang mereka gunakan menggunakan tanda panggilan rahasia bernama Janet yang mungkin juga merupakan maskapai paling rahasia di dunia.

3. Kamu Bisa Melihat Area 51 di Google Maps

Walaupun banyak masyarakat tidak memiliki gambaran tentang apa yang ada di dalam Area, satu perusahaan mengetahui seluruh tata letaknya setidaknya dari jarak satelit. Google Maps mungkin adalah satu dari sedikit perusahaan swasta yang diizinkan memetakan fasilitas area. Bahkan kamu bisa melihatnya dalam resolusi tinggi sekarang.

Google juga memiliki telur Paskah untuk Area 51, jika kamu mengetikkan koordinatnya di Maps 37.24804, -115.800155. Setelah mengetik koordinat itu, kamu akan menemukan penunjuk jalan Google Street kecil berubah menjadi pesawat ruang angkasa kecil.

Area 51 - 10 Fakta Area 51 Dan Konspirasi Nyata Didalamnya

2. Rahasia Militer AS Yang Paling Dijaga

Selain teori konspirasi, kamu mungkin akan berpikir bahwa Area 51 hanya akan menjadi fasilitas militer AS yang rahasia. Bagaimanapun juga teori konspirasi ada di sekitar semua pangkalan militer rahasia cukup dibesar-besarkan. Semua konspirasi tampaknya bercabang dari klaim awal Bob Lazar. Namun kenyataannya, bukan hanya teori konspirasi yang menganggap Area ini menarik lho guys.

Ketika beberapa astronot di fasilitas luar angkasa Skylab secara tidak sengaja memotret fasilitas di area itu, CIA langsung mengirimi mereka sebuah memorandum khusus yang menyatakan kalau itu adalah satu-satunya koordinat di planet ini. Dengan kata lain, pemerintah juga mengakui kalau Area 51 sebagai satu-satunya rahasia militer AS yang paling dijaga ketat.

1. Konspirasi Nyata Di Area 51

Karena banyaknya teori konspirasi, membuta kita secara tidak sengaja mengabaikan kontroversi nyata yang sebenarnya terjadi di sana. Seperti halnya dengan sebagian besar pemerintah di dunia, konspirasi nyata di sekitar Area 51 lebih berkaitan dengan kesalahan perusahaan, Lockheed Martin dalam membangun pesawat U-2 dan mereka mengabaikan keselamatan kondisi area kerja.

Ada beberapa tuntutan hukum yang menyatakan kalau karyawan terpapar bahan kimia berbahaya yang tidak dibuang dengan benar. Setidaknya, dua orang telah meninggal karenanya. Masalah yang semakin rumit adalah penolakan pemerintah untuk mengungkapkan dengan pasti apa yang mereka ketahui karena semua yang ada di dalam fasilitas adalah rahasia pemerintah yang dijaga ketat.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format