Budaya Unik di Indonesia


Indonesia memang salah satu negara yang kaya akan budaya. Banyak budaya unik di Indonesia yang sudah ada sejak lama dan telah diturunkan dari generasi ke generasi.

Budaya Unik di Indonesia

Budaya Indonesia memang sangat beragam dan berbeda di setiap daerah. Berikut adalah beberapa budaya unik di Indonesia dari berbagai daerah.

1. Ma’Nene Dari Sulawesi

Tana Toraja memang terkenal dengan berbagai ritual aneh untuk menghormati orang yang mereka cintai. Salah satu tradisi unik dan cukup seram adalah Ma’Nene. Ma’Nene berlangsung setiap bulan Agustus setiap tahun.

Tradisi ini dilakukan dengan menggali kubur orang-orang yang telah mati, kemudian mayat mereka dimandikan dan didandani sedemikian rupa untuk berjalan berkeliling sekitar desa.

Budaya Indonesia Yang Unik

2. Debus Dari Banten

Seni bela diri yang berasal dari Islam biasanya disebut Debus. Tradisi unik ini mulai diperkenalkan ke masyarakat pada abad ke-16. Atraksi bela diri yang disajikan lumayan ekstrem seperti mengiris lidah dengan gergaji, memakan api, memasukkan jarum ke pipi, mengunyah gelas, dan lainnya. Seni bela diri ini sebenarnya untuk menunjukkan iman dan kepercayaan pada Tuhan.

3. Goyang Madura dan Tongkat Madura

Madura merupakan pulau kecil di Laut Jawa Timur yang memiliki banyak tradisi aneh dan salah satunya bernama Goyang Madura dan Tongkat Madura. Tradisi ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan s*ksual wanita Madura.

Cara penggunaannya alat ini sederhana, kamu hanya perlu memasukkannya ke dalam organ vital perempuan. Setelah dimasukkan, tongkat dibiarkan selama 3 menit di dalam, lalu dikeluarkan lagi. Dipercaya goyang madura bisa mengencangkan alat kelamin dan membuat lebih harum.

4. Ikipalin dari Papua

Ikipalin adalah salah satu budaya Indonesia aneh yang berasal dari Papua. Tradisi ini dilakukan oleh suku Dani dari Wamena, Papua. Mereka akan memotong jari tangan atau kaki hanya untuk mengungkapkan kesedihan merea atas kematian orang yang mereka cintai.

5. Kebo-Keboan dari Banyuwangi

Kebo-Keboan adalah tradisi aneh dari Banyuwangi, Jawa Timur. Banyuwangi menjadi rumah bagi semua ritual yang dilakukan oleh petani setempat.

Sesuai namanya, ketika tradisi kebo-keboan ini, para petani akan menggunakan kostum seperti kerbau dan berjalan sambil membajak ladang. Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa terima kasih kepada bumi dan kerbau untuk hasil panen yang baik.

Kesimpulan

Indonesia adalah negara yang kaya budayanya. Budaya unik di Indonesia ini sudah dilakukan sejak lama dan telah diturunkan dari generasi lama ke generasi baru. (reff)


1715
3.6k shares, 1715 points