Kamu pasti merasa terganggu atau tidak percaya diri jika memiliki jerawat di wajah kan guys? Sebenarnya, ada banyak cara menghilangkan jerawat baik itu secara alami atau dengan pengobatan. Tapi kebanyakan orang lebih memilih cara alami karena dianggap lebih aman dan bebas efek samping dibandingkan memakai obat-obatan.

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang cara menghilangkan jerawat secara alami untuk pria dan wanita, lebih baik kamu tahu terlebih dulu apa itu jerawat dan penyebabnya. Jadi tidak hanya mengobati, kamu juga bisa mencegah jerawat muncul.

25 Cara Menghilangkan Jerawat - Secara Alami Dan Ampuh

Apa Itu Jerawat?

Jerawat merupakan masalah kulit yang terjadi akibat adanya peradangan pada pori-pori kulit. Peradangan ini disebabkan ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, atau kotoran. Penyumbatan ini kemudian mengundang bakteri yang menyebabkan jerawat dan infeksi.

Timbulnya jerawat umumnya ditandai dengan munculnya benjolan merah meradang yang bisa muncul di kulit wajah, leher, punggung, dan dada. Walaupun jerawat bisa dialami siapa saja, biasanya masalah jerawat terjadi di masa puber ketika hormon sangat aktif dan menyebabkan banyaknya produksi minyak pada wajah.

Walaupun jerawat biasanya akan hilang sendiri pada awal umur 20 tahun. Sayangnya, penurunan kemunculan jerawat tidak selalu berlaku bagi semua orang hingga usia dewasa terutama wanita. Kamu juga perlu hati-hati dengan mitos tentang jerawat yang beredar.

Penyebab Jerawat

Sebenarnya ada banyak penyebab jerawat, antara lain:

  • Penyumbatan pada folikel rambut. Jerawat tumbuh karena kantung rambut tersumbat minyak, sel kulit mati, dan juga kotoran. Makanya, setiap hari muka harus dibersihkan dengan baik dan benar.
  • Produksi sebum berlebih. Sebum merupakan zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak untuk mencegah kulit kering.
  • Perubahan Hormon. Masalah jerawat pada wanita biasanya terjadi karena adanya perubahan hormon pada masa tertentu seperti menjelang menstruasi atau haid dan masa kehamilan.
  • Masa Pubertas. Pada masa pubertas, aktivitas hormon testosteron meningkat sehingga kelenjar minyak memproduksi sebum berlebih.
  • Penggunaan Kosmetik. Penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan kulit juga bisa menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.
  • Terkena Bakteri. Jenis bakteri Propionibacterium acnes bisa berkembang dan menyumbat folikel rambut serta menyebabkan peradangan.
  • Keturunan. Seseorang dari keluarga yang bermasalah dengan jerawat biasanya akan lebih berisiko terkena jerawat juga.
  • Konsumsi Obat-Obatan. Konsumsi obat yang berlebih seperti obat litium, kortikosteroid, atau obat antikejang bisa menyebabkan jerawat.
  • Konsumsi Makanan Tidak Sehat. Jerawat juga bisa disebabkan oleh seringnya mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dan tidak sehat. Hal ini akan memancing produksi sebum yang berlebihan.
  • Stress. Walau stress tidak langsung menyebabkan jerawat, namun bisa memperburuk kondisi jerawat yang sudah ada.
Penyebab Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat

Cara menghilangkan jerawat sebenarnya tidak harus memakai obat-obatan atau pergi ke dokter kecantikan. Kamu bisa memilih cara menghilangkan jerawat yang paling aman tanpa efek samping yaitu menggunakan bahan alami.

Menghilangkan jerawat secara alami memiliki banyak metode dan bahan. Tapi salah satu cara yang paling efektif yaitu dengan memilih bahan alami seperti buah-buahan untuk dijadikan masker wajah alami. Berikut ini adalah 25 cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa kamu coba di rumah.

1. Baking Soda dan Air

Soda kue atau yang biasa disebut baking soda tidak hanya dipakai sebagai bahan untuk membuat kue saja, kamu juga bisa menggunakan baking soda untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Bahkan, memakai masker soda kue bisa menghalau jerawat batu secara alami dan cepat. Ditambah lagi, baking soda memiliki manfaat bisa menjadi penyeimbang pH kulit untuk mencegah jerawat.

Selain itu, baking soda juga bisa jadi antiseptik dan anti-inflamasi untuk menyembuhkan jerawat yang membandel. Bahkan, rutin memakai masker baking soda ternyata bisa menghilangkan jerawat batu secara alami dan cepat lho guys!!

Caranya mudah sekali. Cukup campurkan 2 sdm baking soda dengan air secukupnya sampai mengental, kemudian oleskan pada wajah secara merata. Tunggu selama 15 menit lalu bersihkan muka dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, cuci muka terlebih dahulu sebelum memakai masker dan pakai 2-3 kali setiap minggu ya.

2. Lidah Buaya

Daun lidah buaya mengandung Polifenol yang berperan sebagai pembasmi jerawat dan mampu menghilangkan jerawat secara menyeluruh jika digunakan secara teratur. Selain itu, gel lidah buaya juga bisa kamu gunakan sebagai salah satu cara menghilangkan mata panda.

Untuk menghilangkan jerawat caranya mudah, kamu bisa ambil gel yang terdapat di dalam daun lidah buaya, kemudian gunakan sebagai masker. Diamkan selama 20 – 30 menit, setelah itu bilas wajah dengan air bersih.

3. Alpukat dan Madu

Buah alpukat kaya akan vitamin E yang bisa membantu meredakan peradangan pada kulit. Sedangkan madu mengandung hidrogen peroksida yang bersifat anti-bakteri.

Cara memakainya cukup mudah, kamu hanya perlu menggunakan setengah bagian alpukat, lalu tumbuk sampai halus dan tambahkan 1 sdm madu. Kemudian oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

Alpukat dan Madu

4. Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat sulfur yang dipercaya bisa menghilangkan jerawat dengan ampuh. Cara pemakaiannya, ambil 1 siung bawang putih dan potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu, tempelkan irisan bawang pada jerawat. Tunggu sampai 15 menit lalu bersihkan dengan air.

5. Air Perasan Lemon

Buah lemon mengandung asam askorbat-L yang bisa mengurangi peradangan pada kulit dan membersihkan pori-pori tersumbat. Selain bisa menghilangkan jerawat, lemon juga bisa menghilangkan noda bekas jerawat lho guys.

Caranya mudah, potong lemon menjadi dua bagian kemudian diperas. Air perasan lemon tersebut juga bisa ditambahkan madu lalu dioleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit dan jangan lupa bilas dengan air hangat.

6. Air Perasan Jeruk Nipis dan Madu

Selain lemon, jeruk nipis juga memiliki khasiat yang sama. Cara pemakaiannya juga sama, yaitu potong jeruk nipis jadi dua bagian lalu diperas. Campurkan dengan 2 sdm madu lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

7. Putih Telur

Putih telur mengandung enzim lysonzim yang mampu menghilangkan jerawat secara ampuh. Cara pemakaiannya, pisahkan putih telur dari kuningnya, kemudian oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 15-20 menit baru bilas dengan air bersih.

8. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan asam amino tinggi. Cara pemakaiannya sangat mudah, kamu bisa memotong tipis atau menghaluskan mentimun, kemudian gunakan sebagai masker. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air bersih.

Mentimun

9. Yogurt dan Madu

Yogurt mengandung bakteri baik, asam laktat, dan asam alfa hidroksi. Kandungan ini bisa membantu menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat.

Cara pemakaiannya mudah yaitu campurkan 1 sdm madu dan 2 sdm yogurt lalu aduk hingga rata. Kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit baru bilas dengan air hangat.

10. Pisang dan Kunyit

Buah pisang memang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan termasuk kesehatan kulit. Pisang kaya akan antioksidan, potasium, dan vitamin E yang bisa membuat wajah menjadi lebih cerah dan lembap. Sedangkan kandungan lektin dalam pisang bisa melawan bakteri penyebab jerawat. Kalau kunyit mengandung kurkuminoid yang berkhasiat sebagai obat untuk wajah yang meradang.

Cara membuatnya yaitu haluskan 1 buah pisang, lalu tambahan setengah sdm bubuk kunyit dan setengah sdm soda kue. Aduk hingga rata dan oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

11. Tomat

Tomat kaya akan kandungan vitamin A dan C yang ampuh membasmi jerawat membandel. Ada 2 cara menggunakan tomat sebagai masker, yaitu dengan mengiris tipis-tipis tomat atau memblendernya terlebih dulu. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu tinggal dibilas dengan air hangat.

12. Es Batu

Cara menghilangkan jerawat selanjutnya yaitu menggunakan es batu. Kamu hanya perlu menggunakan kain untuk membungkus beberapa es lalu letakkan pada bagian wajah yang berjerawat selama beberapa menit. Pastikan juga tidak terlalu menekannya dan lakukan secara hati-hati.

25 Cara Menghilangkan Jerawat - Secara Alami Dan Ampuh

13. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki khasiat mencegah terjadinya peradangan pada wajah yang berjerawat. Menggunakan minyak zaitun akan membuat wajahmu lebih lembab.

Sebelum menggunakannya, pastikan dulu wajahmu dalam kondisi bersih. Setelah itu baru oleskan minyak zaitun dibagian wajah yang berjerawat dan diamkan semalaman. Keesokan harinya baru dibersihkan. Jangan lupa juga lakukan hal ini secara rutin agar wajah tampak bersih.

14. Daun Sirih

Daun sirih kaya akan anti-oksidan yang bisa digunakan sebagai obat jerawat alami. Selain itu, daun sirih juga bersifat antibakteri yang bisa membasmi bakteri penyebab jerawat.

Cara memakainya mudah, pertama haluskan daun sirih terlebih dulu, kemudian tambahkan air hangat. Diamkan sejenak baru dioleskan ke wajah secara merata. Setelah beberapa menit, langsung dibilas memakai air bersih.

15. Kulit Jeruk

Tidak hanya dagingnya, kulit jeruk ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung vitamin A dan C, flavonoid, dan antiokasidan. Kulit jeruk bisa membersihkan dan mengecilkan pori-pori yang terbuka, menghilangkan noda, dan menghilangkan sel-sel kulit mati.

Cara memakainya yaitu dengan mengeringkan terlebih dulu kulit jeruk di bawah sinar matahari, baru ditumbuk halus. Setelah ditumbuk, campurkan dengan air secukupnya dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

16. Pepaya

Buah pepaya selain bisa membersihkan wajah, juga bisa membantu menghilangkan jerawat. Cara menggunakannya yaitu haluskan daging pepaya terlebih dulu baru oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Tunggu 15-30 menit, kemudian bilas dengan air. Untuk hasil maksimal, kamu bisa lakukan 1-3 kali dalam sehari.

25 Cara Menghilangkan Jerawat - Secara Alami Dan Ampuh

17. Daun Pepaya

Tidak hanya dagingnya, daun pepaya yang terkenal pahit juga bisa menghilangkan jerawat membandel. Senyawa kaprpain didalamnya sangat ampuh membunuh mikro organisme yang tidak diinginkan kulit.

Untuk membuat masker daun pepaya, kamu harus keringkan dulu daunnya di bawah sinar matahari. Setelah kering baru ditumbuk  sampai halus. Campurkan dengan air lalu oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

18. Cuka Apel

Tidak hanya buah apelnya, cuka apel juga memiliki kandungan asam asetat yang tinggi dan anti mikroba. Cara pemakaiannya mudah, tuangkan cuka apel pada kapas lalu oleskan pada wajah yang berjerawat secara merata. Diamkan selama 20 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Kamu bisa lakukan hal ini sebelum tidur dan biarkan semalaman.

19. Uap

Selain disuruh memakai produk kecantikan, memakai uap panas juga sering diterapkan di klinik kecantikan. Tapi jangan khawatir karena kamu juga bisa melakukannya di rumah. Uap akan membuka pori-pori yang tertutup sehingga kulit dapat bernapas. Dengan demikian, kotoran yang terperangkap dalam pori-pori bisa keluar.

Caranya, isi sebuah wadah besar dengan air panas lalu letakkan wajah di atas wajan tersebut agar langsung terkena uapnya. Lakukan hal ini selama 5 menit sebelum tidur.

20. Bengkuang

Buah bengkuang mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Cara menggunakannya sangat sederhana. Pertama-tama, kamu haluskan terlebih dahulu buah bengkuang, lalu saring dan ambil endapan airnya. Lalu oleskan pada area yang berjerawat. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan hal ini secara rutin.

21. Strawberry

Buah strawberry dipercaya mampu membersihkan dan mencerahkan wajah. Nah kalau kamu sedang mengalami wajah berjerawat, kamu bisa oleskan strawberry yang sudah kamu belah. Oleskan secara perlahan lalu biarkan 1-3 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

25 Cara Menghilangkan Jerawat - Secara Alami Dan Ampuh

22. Kentang

Kentang juga bisa membersihkan pori-pori yang tersumbat. Cara penggunaannya, kamu harus haluskan kentangnya terlebih dulu, baru olehkan pada pada wajah sebagai masker. Tunggu hingga 30 menit baru dibilas bersih.

23. Minyak Lavender

Selain minyak zaitun, minyak lavender ternyata juga bisa menghilangkan jerawat. Caranya juga cukup mudah, kamu hanya perlu teteskan minyak lavender pada wajah yang berjerawat dan diamkan sampai meresap. Lakukan hal ini pada pagi dan malam hari untuk hasil yang maksimal.

24. Madu

Selain sebagai campuran untuk masker alami, madu murni bisa kamu jadikan sebagai pembersih wajah alami. Madu sendiri mengandung zat antibiotik yang dapat membunuh bakteri, mencegah infeksi, dan membersihkan kotoran pada wajah. Cara memakainya hanya cukup dioleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Lalu diamkan selama 30-60 menit dan cuci memakai air hangat.

25. Daun Mint

Cara menghilangkan jerawat selanjutnya yaitu menggunakan daun mint. Daun mint bisa memberikan rasa segar pada wajah karena mengandung mentol. Cara menghilangkan jerawat dengan daun mint, pertama-tama kamu haluskan daunnya terlebih dulu baru oleskan pada wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15-30 menit, kemudian bilas dengan air.

26. Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki kandungan antibakteri alami dan anti-inflamasi, yang berarti sanggup membunuh P. acnes atau bakteri penyebab jerawat. Sifat anti-inflamasi tea tree oil juga sanggup mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada jerawat. Sebuah penelitian mengungkapkan, tea tree oil juga bisa mengurangi jumlah luka bekas jerawat pada orang dengan jerawat ringan sampai sedang.

Kamu bisa memanfaatkan tea tree oil dalam bentuk krim, gel, atau minyak esensial. Jika kamu menggunakan tea tree oil dalam bentuk minyak esensial, encerkan terlebih dahulu sebelum akan digunakan pada daerah yang berjerawat.

30 Cara Menghilangkan Jerawat - Secara Alami Dan Ampuh

27. Minyak Kelapa

Seperti bahan alami penghilang jerawat lainnya, minyak kelapa memiliki kandungan senyawa anti-inflamasi dan anti-bakteri. Dengan kandungan yang dimilikinya, manfaat minyak kelapa diantaranya bisa menghancurkan bakteri penyebab jerawat, mengurangi kemerahan dan pembengkakan akibat jerawat.

Selain itu, minyak kelapa juga bisa mempercepat pengobatan luka terbuka pada jerawat. Untuk cara penggunaannya juga sangat gampang, kamu bisa langsung mengoleskannya pada daerah kulit yang berjerawat.

28. Scrub Gula

Gula murni mengandung AHA yang bersifat asam glikolat. Kandungan tersebut sangat baik untuk membersihkan wajah dari sel kulit mati dan sangat cocok dijadikan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat. Tidak cuma itu, gula juga dipercaya bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Hal ini dikarenakan dinding sel bakteri tidak tahan terhadap gula.

Untuk cara membuat srub gula adalah sebagai berikut:

  • Pertama campurkan dua sendok makan gula dan satu sendok makan air hangat.
  • Kemudian aduk sampai menjadi pasta scrub.
  • Oleskan scrub tersebut ke wajah dan diamkan kurang lebih selama 15-20 menit.
  • Baru bilas dengan air hangat sampai bersih dan keringkan dengan handuk.

29. Pasta Gigi

Mungkin diantara kalian sudah banyak yang tahu kalau pakai pasta gigi bisa menghilangkan jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan triclosan, flouride, dan hidrogen peroksida dalam pasta gigi yang mampu mencegah iritasi kulit. Selain itu, pasta gigi juga bisa mengeringkan jerawat dan mengurangi peradangan terhadap wajah.

Cara memakai pasta gigi sebagai obat jerawat termasuk mudah. Caranya yaitu:

  • Oleskan sedikit pasta gigi langsung terhadap kulit wajah yang jerawat. Hindari mengoleskan pasta gigi ke semua kulit wajah.
  • Biarkan selama 2 jam atau bisa semalaman.
  • Bilas wajah dengan air dingin dan keringkan dengan handuk.
  • Jika kamu mempunyai kulit senditif, sebaiknya hindari memanfaat pasta gigi untuk menghilangkan jerawat. Jangan lupa juga pastikan memilih pasta gigi dengan persentase floride lebih rendah. Akan lebih baik jika kamu memakai pasta gigi yang organik.

30. Konsumsi Minyak Ikan

Minyak ikan mempunyai 2 kandungan utama asam lemak omega-3. Eicosapentaenoic acid (EPA) dandocosahexaenoic acid(DHA) merupakan kandungan lemak yang ada pada Minyak Ikan. Sedangkan Omega-3 merupakan lemak sehat dan sangat baik bagi tubuh. EPA bahkan bisa mengontrol produksi minyak dan mempertahankan hidrasi kulit, sehingga mencegah timbulnya jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat minyak ikan, kamu bisa mengonsumsi minyak ikan berwujud suplemen. Jika kamu tidak begitu menyukainya, kamu bisa mengonsumsi ikan salmon, chia seeds, sarden, maupun ikan teri.

Tips Mencegah Timbulnya Jerawat

Untuk menghilangkan jerawat secara maksimal, kamu juga harus melakukan cara di atas secara konsisten. Selain melakukan cara pengobatan jerawat, akan lebih baik jika kamu juga melakukan tindakan pencegahan. Nah langsung saja, berikut ini adalah beberapa langkah untuk mencegah timbulnya jerawat.

1. Rutin Membersihkan Wajah

Jika kamu sudah mencoba beragam langkah menghilangkan jerawat secara cepat dan alami, kamu juga harus selalu menjaga kebugaran wajah dengan membersihkan muka sekurang-kurangnya dua kali sehari dengan pembersih wajah.

Pilihlah pembersih wajah yang aman dan sesuai jenis kulitmu. Sehingga jika kamu rajin membersihkan wajah, maka kamu bisa menjaga kesehatan kulit dan terhindar dari kotoran atau minyak berlebih yang bisa memicu jerawat.

Rutin Membersihkan Wajah

2. Hindari Menggunakan Makeup Berlebihan

Sia-sia saja jika kamu sudah melakukan beragam cara menghilangkan jerawat tapi kamu masih memakai make tebal dan berlebihan. Untuk mencegah timbulnyajerawat, lebih baik hindari memakai riasan yang berlebihan.

Namun bila terpaksa harus memakai makeup karena kerja atau ada hal penting, pakailah makeup yang sesuai dengan tipe kulitmu. Setelah itu, jangan lupa untuk membersihkan wajah sebelum tidur.

3. Jangan Terlalu Sering Memegang Wajah Apalagi Memencet Jerawat

Kalau wajahmu sedang berjerawat, maka jangan pernah sekalipun menyentuh wajah dengan tangan kotor atau bahkan sampai memencetnya. Karena jika kamu menyentuh muka dengan tangan kotor, malah akan menyebarkan bakteri dan menimbulkan jerawat baru. Apalagi kalau kamu sampai memencet-mencet jerawat. Memencet jerawat dapat memperparah kondisi kulit dan akan meninggalkan bekas yang susah dihilangkan.

4. Mengatur Pola Makan Sehat

Menu makanan sehat dan seimbang sangat penting untuk memelihara kebugaran kulit. Mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak dipercaya bisa membersihkan muka dari racun dan juga mengatasi jerawat dari dalam tubuh.

Jangan lupa juga hindari makan makanan yang berlemak, berminyak, dan cepat saji. Kurangi mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, dan perbanyaklah minum air putih.

5. Rajin Berolahraga

Dengan rajin berolahraga seperti rutin berjalan kaki, pergi ke gym atau olahraga lainnya juga bisa mencegah timbulnya jerawat. Manfaat berjalan kaki dan olahraga lain secara rutin tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh tapi juga untuk kesehatan kulit.

Dengan berolahraga secara teratur bisa menyeimbangkan hormon dan mengurangi resiko stres. Setelah berolahraga, jangan lupa untuk mandi dengan air hangat untuk membersihkan tubuh dari keringat dan minyak yang dapat memicu timbulnya jerawat.


Comments

comments