9 Cara Meningkatkan Daya Ingat – Teknik Mengingat Terbaik


848
848 points

Sebenarnya, ada beberapa cara meningkatkan daya ingat secara professional dan telah teruji yang bisa kamu coba. Teknik mengingat biasanya memiliki efek ganda pada otak yaitu mempelajari informasi yang ada dan meningkatkan daya ingat otak. Ketika kalian menggunakan teknik tertentu untuk mengingat banyak hal, maka kinerja otak juga akan menjadi lebih maksimal.

9 Cara Meningkatkan Daya Ingat - Teknik Mengingat Terbaik

9 Cara Meningkatkan Daya Ingat

Cara meningkatkan daya ingat di bawah ini merupakan keterampilan yang bisa kalian pelajari jika bersungguh-sungguh. Satu hal penting yang harus kamu pahami ketika memilih salah satu teknik yaitu bagaimana otak kita memproses dan menyimpan memori. Kuncinya, kamu harus menemukan teknik mengingat yang cocok dan menetapkan tujuan untuk pelatihan. Nah langsung aja nih guys, berikut ini adalah 9 cara meningkatkan daya ingat versi Taupedia.

Teknik Loci (The Loci Technique)

Metode Loci diyakini telah dikembangkan sejak jaman Yunani Kuno sekitar 2.500 tahun yang lalu dan dikenal dengan istilah Istana Memoria tau Mind Palace. Teknik Mind Palace juga telah ditampilkan dalam banyak film dan acara TV sebagai latihan mengolah daya ingat. Walaupun kelihatan susah, nyatanya teknik Loci lebih mudah dilakukan.

Premis dari metode ini cukup sederhana. Kamu harus mencoba mengkaitkan setiap memori yang ingin kamu ingat di otak dengan gambar dan tempat tertentu. Kamu bisa menggunakan kamar di rumah atau tempat yang sering kamu kunjungi dan hapal detailnya. Hal ini penting untuk mengkategorikan memori yang ingin kamu ingat.

Setelah mengkategorikan memori, kalian tinggal imajinasikan saja kamar, rumah, atau tempat lain yang benar-benar kamu hapal dan letakan memori yang ingin disimpan. Jadi kalau kalian ingin mengingat suatu hal, kalian tinggal membuka istana memori dan imajinasikan saja kalian masuk ke kamar, rumah atau tempat yang kamu jadikan untuk menyimpan memorimu.

Teknik ini paling cocok untuk mengingat hal-hal seperti daftar, ulang tahun, nama dan wajah. Kamu bisa memulai dengan berlatih selama 30 menit sehari untuk melihat perkembangannya.

Teknik Loci (The Loci Technique)

Mnemonics

Kamu mungkin pernah menggunakan teknik Mnemonics atau jembatan keledai ketika anak-anak untuk menghafal. Kamu pasti dulu pernah mempelajari urutan planet atau jumlah hari setiap bulan dengan akronim, musik, atau sajak kan guys? Sebagai contoh, “YuSaUrNepTo” adalah singkatan dari nama-nama planet yang ada di tata surya kita urut dari Yuppiter, Saturnus,Uranus, Neptunus, Pluto.

Atau mengingat komposisi golongan IA (Alkali) pada kimia tanpa H yaitu Li Na, K, Rb, Cs, Fr. Untuk memudahkan kamu bisa rubah bentuknya menjadi kalimat seperti ini “HerLiNa Karo Robi Ce-eS Friend”. Meskipun sebagian besar Mnemonik sedikit sulit untuk diingat, tapi jika kamu pernah melakukannya sekali maka akan tetap tersimpan dalam otak untuk waktu yang lama.

Ditambah lagi, teknik Mnemonik musik telah terbukti menjadi teknik paling membantu dalam mengingat konten akademik serta penyimpanan informasi selama periode waktu yang lebih lama.

Teknik Mendongeng (The Storytelling Technique)

Otak kita sebenarnya suka cerita. Sebuah cerita mencakup semua kualitas informasi yang membuat otak kita akan mengingatnya terus seperti karakter dan alur ceritanya yang menarik.

Cara meningkatkan daya ingat ini cukup mudah. Kamu hanya tinggal imajinasikan atau membuat gambaran cerita dalam otak untuk mencakup memori yang ingin kamu simpan. Intinya kamu buat cerita yang bisa diikuti oleh otakmu sendiri.

Narasi yang tepat dan detail juga sangat penting. Seperti teknik Mind Palace, alur cerita dan detail yang kamu imajinasikan harus urut. Sehingga kalau ingin membuka memori lama kalian bisa dengan mudah mencari ingatan tersebut dalam otak seperti sedang membaca cerita dalam otak.

9 Cara Meningkatkan Daya Ingat - Teknik Mengingat Terbaik

Chunking

Teknik chunking merupakan pengelompokan memori bersama agar lebih mudah mengingatnya. Aspek-aspek kunci yang membuat teknik ini bekerja adalah mengelompokkan hal-hal berdasarkan pada pengkodean semantik, artinya benda diletakkan dalam kelompok sesuai dengan konteks atau pola.

Pengelompokan ini bisa berbeda pada setiap orang. Sebagai contoh jika kamu harus belanja banyak barang, agar mudah diingat beberapa orang mungkin mengelompokkan daftar belanjaan mereka sesuai abjad dan ada yang berdasarkan jenis makanan. Cara paling mudah menerapkan teknik ini yaitu menemukan pola yang paling nyaman buatmu.

Contoh lain yaitu ketika mengingat nomor telepon. Misalnya nomor terdiri dari 12 digit. Sebagian mungkin ada yang nyaman menghafal tiap 4 digit atau ada yang lebih nyaman menghafal tiap 3 digit nomor. Semuanya tergantung selera.

Pengulangan (Repetition)

Mungkin banyak yang menganggap sepele teknik pengulangan. Walaupun banyak orang yang tahu kalau pengulangan adalah kunci mengingat, tapi hanya sedikit orang yang benar-benar mempraktikkan. Untuk mengingat kata-kata sederhana, kamu mungkin harus mengulanginya hingga 30 kali sebelum diingat selamanya oleh otak.

Sedangkan untuk mengingat hal yang lebih kompleks seperti pidato atau presentasi pekerjaan, membutuhkan lebih banyak pengulangan kecuali jika kamu hanya menghafal fakta atau kata-kata tertentu. Selebihnya lebih memahami dari apa yang sedang kamu hafal untuk menghindari kesalahan.

Asosiasi

Ketika kamu menemukan sesuatu yang baru, segeralah kaitkan dengan sesuatu yang telah kamu ketahui sebelumnya. Membuat suatu keterkaitan merupakan inti dalam membangun ingatan jangka panjang. Hal ini akan membuat informasi semakin bermakna dan lebih mudah untuk mengingat.

Sebagai contoh, cara yang nyaman mengingat nama seseorang yang baru saja kamu temui yaitu dengan menghubungkan dengan orang yang kamu kenal memiliki nama yang sama untuk memudahkan.

Melakukan teknik asosiasi juga menjadi cara yang efektif untuk mempertimbangkan kata sandi atau pin karena alasan keamanan. Sebagian orang mungkin membuat kata sandi mereka dengan sesuatu yang ada kaitannya dengan diri sendiri seperti hari ulang tahun.

9 Cara Meningkatkan Daya Ingat - Teknik Mengingat Terbaik

Transfer Pembelajaran

Transfer pembelajaran merupakan cara untuk mempelajari sesuatu di satu bidang dan menerapkannya di bidang lain. Ada juga Transfer Vertikal atau transfer jauh untuk belajar sesuatu di sekolah dasar dan menerapkannya nilai lain atau lebih tinggi dalam kehidupan. Selain itu ada transfer Horisontal atau transfer dekat seperti mempelajari konsep dalam sejarah dan menerapkannya dalam matematika.

Peta Pikiran (Mind Maps)

Peta pikiran dikenal karena manfaatnya dalam meningkatkan pemikiran yang lebih  kreatif dan dapat digunakan untuk mempelajari informasi baru. Teknik ini memiliki unsur mind palace yaitu dengan mengelompokan memori dan imajinasikan pada gambar atau tempat tertentu.

Semua yang kamu butuhkan hanyalah selembar kertas dan pena. Kamu bisa memulai dengan menuliskan topik atau memori yang ingin kamu coba ingat hanya dengan satu atau dua kata. Kemudian hubungkan sub-topik dengan garis-garis sederhana yang saling terkait. Semakin jauh dari topik memori utama, maka semakin detail hal yang ingin kamu ingat.

Teknik SQ3R

Sedangkan cara meningkatkan daya ingat terakhir yaitu dengan teknik SQ3R. SQ3R merupakan singkatan dari Survey, Question, Read, Recite, and Review. Metode ini berguna untuk mengingat sejumlah informasi penting seperti isi buku pelajaran atau materi panduan profesi yang harus kamu kuasai. Urutan tekniknya yaitu:

  • Survey. Langkah pertama, kamu harus memperoleh ikhtisar dari materi melalui membaca cepat dengan membaca judul dan sub-judul dari suatu bab atau kalimat pertama dari setiap paragraf. Sehingga menghasilkan garis besar isi materi. Lihatlah semua gambar atau grafik yang terkait, termasuk foto dan diagram.
  • Question. Langkah kedua, bertanya kepada diri sendiri mengenai apa yang baru saja dibaca. Buatlah pertanyaan tersebut provokatif dan menarik sehingga rasa keingintahuan akan meningkatkan fokus.
  • Read. Setelah itu, baca dengan cermat semua materi itu agar lebih mudah dipahami. Ingat, jangan mencatat atau menggaris bawahi terlalu banyak karena bisa mengganggu aliran informasi dan menurunkan pemahaman.
  • Recite. Kemudian mengucapkan dengan keras apa yang baru saja dibaca baik dengan berbicara kepada diri sendiri atau kepada orang lain.
  • Review. Jangan lupa juga untuk membuka-buka lagi materi tersebut sehari sesudahnya. Tinjaulah kembali catatan yang telah kamu buat.

0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format