12 Dewa Mitologi Yunani Kuno Yang Terkenal


Dalam mitologi Yunani kuno, ada banyak dewa mitologi Yunani yang memiliki kekuatan berbeda. Orang Yunani kuno menyembah dewa-dewi ini untuk meminta agar diberikan kesehatan, kemakmuran, dan dijauhkan dari bencana. Dewa-dewa ini memiliki tingkat kekuatan yang berbeda.

12 Dewa Mitologi Yunani Kuno

Nah langsung aja nih guys, berikut ini adalah dewa mitologi Yunani kuno yang terkenal versi taupedia.

Ares

Ares adalah dewa perang dalam mitologi Yunani. Sedangkan dalam mitologi Romawi, dia dikenal sebagai dewa Mars. Ares memiliki 2 pengawal yaitu Phobos dan Deimos. Nama Dewa Mars sendiri adalah dari nama salah satu planet yang dekat dengan bumi dan memiliki 2 bulan. 2 bulan yang mengelilingi Mars inilah kemudian digunakan untuk nama pengawalnya, Phobos dan Deimos.

12 Dewa Mitologi Yunani Kuno Yang Terkenal

Hephaestus

Hephaestus dikenal sebagai Vulkan dalam mitologi Romawi. Dia adalah putra pertama dewa Zeus dengan dewi Hera. Hephaestus adalah dewa api, tukang kayu, pandai besi, dan pengrajin senjata. Dia disembah disemua pusat industri dan manufaktur di Yunani terutama di Kota Athena.

12 Dewa Mitologi Yunani Kuno Yang Terkenal

Dionysus

Satu-satunya dewa yang memiliki orang tua manusia adalah Dionysus. Anugerahnya dia adalah anggur yang disuling. Anggur yang disuling merupakan pembawa sukacita dan penyebab kegilaan.

Ciptaannya yang memabukkan dapat membuat peminum bersemangat dan juga menyebabkan kekacauan karena mabuk. Pada zaman kuno, para penyembah berkumpul di hutan dan menari untuk menghormatinya dan minum sampai dia mabuk.

12 Dewa Mitologi Yunani Kuno Yang Terkenal

Demeter

Demeter adalah Dewi Pertanian dan Kesuburan, dan dianggap sebagai yang pertama mengajar manusia untuk mengolah tanah dan panen. Dia telah memberkati kekuatan untuk membawa kemakmuran dan kelaparan bagi manusia. Dikatakan bahwa Demeter memiliki kemampuan untuk mengendalikan musim dan mengubah permukaan alam.

12 Dewa Mitologi Yunani Kuno Yang Terkenal

Poseidon

Poseidon dikenal sebagai dewa laut. Poseidon memiliki senjata trisula yang dapat menyebabkan banjir dan gempa bumi. Dia juga memiliki kendaraan yang ditarik oleh Hippopocamus (setengah kuda setengah ikan). Poseidon menikah dengan Amphitrite dan memiliki anak bernama Triton.

Poseidon

Zeus

Dalam mitologi, Zeus adalah pemimpin Dewa yang memerintah di Olympus. Dia menikahi adik perempuannya, Hera yang menjadi Dewi Perkawinan. Zeus membagi dunia menjadi tiga dan membagikan dunia tersebut dengan dua saudara laki-lakinya. Poseidon menjadi penguasa laut dan Hades menjadi Penguasa alam orang mati.

Zeus

Hera

Hera dikenal sebagai istri dan saudara perempuan Zeus. Hera adalah dewi pernikahan. Dia digambarkan sebagai seorang dewi yang penuh dengan kebesaran dan kebijaksanaan. Dia sering dinobatkan dan dimahkotai dengan polos (mahkota silinder tinggi) yang hanya dikenakan oleh beberapa dewi besar.

Hera

Hermes

Hermes dianggap sebagai dewa keberuntungan, dewa pelindung bagi pedagang, dan juga dewa pengirim berita. Dalam mitologi Romawi, Hermes juga disebut sebagai Mercurius. Hermes sendiri adalah putra Zeus dan Maia. Dia sangat cepat berbicara dan juga berlari. Dari hubungannya dengan Aphrodite, Hermes memiliki seorang anak bernama Hermaphrodite.

Hermes

Athena

Athena adalah dewi kerajinan, keterampilan rumah tangga, dan perang. Sebagai dewi perang, dia membanggakan kepintaran dan kekuatannya yang luar biasa. Dengan penuh keberanian di medan perang, dia juga memahami nilai utama perdamaian dan dikenal sebagai pelindung dan keterampilan dalam rumah tangga. Kota favoritnya adalah Athena yang sama dengan namanya.

Artemis

Artemis adalah Dewi perburuan. Dia adalah dewi suci bagi para pemburu dan pelindung anak muda yang dengan tenang mengatur tempat-tempat liar di bumi. Saudara kembar Apollo ini terampil memanah semua dewa di Gunung Olympia. Dia selalu membawa busur dan anak panah perak.

Dewa Mitologi Yunani Kuno

Apollo

Apollo adalah Dewa cahaya, musik, kayu, obat-obatan, matahari, dan penyair dalam dewa Mitologi Yunani dan Romawi. Apollo adalah putra Zeus dan Leto, serta saudara kembar Artemis. Keahliannya dalam meramal di Delphi sangat terkenal.

Banyak orang dari seluruh Yunani mengunjunginya hanya untuk mencari tahu tentang masa depan mereka. Apollo memiliki busur yang terbuat dari emas. Pohon-pohon Laurel, gagak, dan lumba-lumba adalah suci baginya.

Dewa Mitologi Yunani Kuno

Aphrodite

Aphrodite adalah Dewi Cinta dan Kecantikan dalam dewa mitologi Yunani. Dalam legenda Romawi, dia disebut juga sebagai Venus. Aphrodite diidentifikasi dengan planet Venus yang dinamai dewi Romawi Venus. Simbol utama Aphrodite termasuk mawar, merpati, burung pipit, dan angsa.

Kesimpulan

Dalam mitologi Yunani kuno, ada banyak dewa mitologi Yunani yang memiliki kekuatan berbeda. Dewa mitologi Yunani disembah agar diberi kesehatan, kemakmuran, dan dijauhi dari bencana.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format