Fakta Menarik Dan Ciri-Ciri Anak Indigo


Anak Indigo merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan anak-anak yang diyakini memiliki kemampuan khusus atau kemampuan supranatural. Walaupun tidak ada satupun bukti penelitian yang membuktikan keberadaan nyata indigo, fenomena unik ini menarik perhatian banyak orang, terutama para orang tua.

Asal-Usul Anak Indigo

Sebenarnya, konsep tentang anak indigo pertama kali dikemukakan oleh cenayang Nancy Ann Tappe pada tahun 1970-an. Tappe kemudian menerbitkan buku berjudul “Understanding Your Life Through Color” (Memahami Hidup Anda Melalui Warna) pada tahun 1982. menyadari bahwa ada banyak anak yang lahir dengan aura “indigo”

Konsep ini menjadi terkenal di akhir 1990-an setelah penerbitan beberapa buku dan film tentang indigo. Ternyata, interpretasi tentang pengertian indigo bervariasi. Ada yang percaya bahwa indigo adalah tahap lanjutan dari evolusi manusia atau anak yang lebih empatik dan kreatif.

CIri-Ciri Anak Indigo

Mereka yang percaya adanya kemampuan indigo sering megaitkan anaknya memiliki kemampuan khusus jika tingkahnya hiperaktif, didiagnosis mengalami kesulitan belajar, atau bisa melihat makhluk halus.

Sedangkan orang-orang yang skeptis melihat fenomena ini dari sudut pandang yang berbeda. Mereka melihat fenomena indigo menjadi salah satu cara bagi orang tua untuk meyakini bahwa anak mereka spesial daripada menerima kenyataan bahwa anak mereka mengidap penyakit kejiwaan.

Ciri-Ciri Anak Indigo

Bagi orang yang skeptis atau tidak gampang percaya, ciri-ciri anak indigo juga sering dikritik karena begitu umum. Berikut beberapa ciri-ciri umum Anak yang dianggap indigo.

  • Memiliki Rasa Empati tinggi
  • Penuh keingintahuan
  • Berkeinginan kuat
  • Mandiri
  • Sering dianggap aneh oleh teman dan keluarga
  • Mengetahui dirinya dan memiliki tujuan yang jelas
  • Memiliki alam bawah sadar spiritual yang kuat sejak kecil
  • Percaya bahwa dia layak berada di dunia
  • Memiliki IQ tinggi dan kemampuan intuitif
  • Seringkali menolak untuk mengikuti aturan atau instruksi yang berlaku

Fakta Menarik Anak Indigo

Banyak anak yang telah dianggap indigo ternyata didiagnosis mengidap attention-deficit hyperactivity disorder (ADHD). ADHD atau Attention-deficit hyperactivity disorder merupakan gangguan yang ditandai dengan perilaku impulsif, hiperaktif, dan kurangnya perhatian.

legenda nyo roro kidul

ADHD biasanya didiagnosis pada masa kanak-kanak, namun gejalanya bisa berlanjut hingga dewasa. Bahkan, buku Tober dan Carroll yang berjudul “The Indigo Children” juga menghubungkan konsep indigo dengan diagnosis ADHD

Para psikiater juga khawatir karena pelabelan indigo bisa menghambat diagnosis dan perawatan anak yang benar. Setelah menghubungkan konsep pengertian indigo dengan penyakit ADHD, tentu masuk akal kalau banyak orang tua lebih memilih untuk percaya bahwa anak mereka istimewa dari pada mengalami gangguan kejiwaan.

Stephen Hinshaw, seorang profesor psikologi di University of California, Berkeley menyatakan kalau rasa takut berlebihan terhadap anak memang masuk akal. Alangkah baiknya diperiksa dari segi kesehatan terlebih dahulu. 

Sedangkan di negara kita Indonesi, banyak seorang menganggap orang indigo mempunyai kemampuan supranatural dan spiritual yang tidak lazim dimiliki manusia pada umumnya atau indra ke enam. Sehingga mereka sangat peka dan memiliki intuisi luar biasa tajam.

Kesimpulan

Indigo merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan anak-anak yang memiliki kemampuan khusus atau kemampuan supranatural. Tapi, segala sesuatunya tergantung dari sudut pandang kalian mau menganggap fenomena ini nyata dan mempercayainya atau hanya anak yang terkena ADHD. 


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format