Fakta Dan Mitos Penyebab Obesitas Perlu Kamu Tahu


840
840 points

Obesitas atau kegemukan merupakan masalah besar dibeberapa negara. Ditambah lagi banyaknya mitos penyebab obesitas yang beredar di masyarakat. Obesitas bisa meningkatkan tingkat kematian seseorang dengan penyakit kronis yang bisa mengancam jiwa seperti diabetes mellitus tipe 2, penyakit jantung, sensitivitas hormon, dan kanker saluran cerna. Oleh karena itu penting bagi kita tahu fakta yang sebenarnya penyebab obesitas.

penyebab obesitas

Fakta Dan Mitos Penyebab Obesitas

Berikut ini adalah mitos dan fakta penyebab obesitas yang perlu kamu tahu.

Mitos 1

Obesitas adalah faktor turunan

Fakta: Tidak sepenuhnya benar. Obesitas tidak hanya disebabkan oleh satu faktor, tapi oleh berbagai macam faktor. Ada beberapa faktor yang bisa kita ubah dan ada yang tidak bisa diubah. Faktor-faktor yang bisa kita rubah adalah pola hidup yang meliputi diet dan olahraga. Sementara contoh dari faktor yang tidak dapat dirubah adalah genetik atau turunan.

Gen obesitas sebenarnya bukan hal mutlak yang akan membuatmu menjadi gemuk. Tetapi jika gen ini dikombinasikan dengan faktor gaya hidup yang mendukung kegemukan, maka semakin tinggi kemungkinan seseorang menjadi gemuk.

Tapi sebaliknya, jika diimbangi dengan gaya hidup sehat dan berolahrga, belum tentu akan selalu gemuk. Hanya saja, seseorang dengan gen obesitas lebih rentan untuk menjadi gemuk karena minuman manis atau minuman ringan.

Mitos 2

Bisa menjadi gemuk karena suka minum soda

Fakta: Benar. Selain faktor gaya hidup, pola makan dan minum sehari-hari memang sangat mempengaruhi kondisi kegemukan. Salah satu minuman paling populer saat ini adalah minuman bersoda yang kadar gulanya sangat tinggi.

Minuman ringan seperti soda mengggunakan bahan pemanis. Sayangnya, minuman ini ternyata memiliki nilai gizi yang rendah dan kalori tinggi. Tentunya, jika terlalu sering mengkonsumsi soda bisa meningkatkan resiko obesitas lebih tinggi.

penyebab obesitas

 

Mitos 3

Obesitas tidak selalu menyebabkan penyakit diabetes

Fakta: Salah. Sebenarnya, jika kamu obesitas risiko terkena diabetes lebih tinggi. Apalagi jika kamu tidak mengurangi mengkonsumsi minuman ringan atau kemasan. Minuman ringan biasanya menggunakan sirup jagung yang kaya fruktosa. Konsumsi fruktosa inilah yang bisa menyebabkan perkembangan resistensi insulin.

Kondisi ini akan mempercepat hati berlemak dan terkena diabetes tipe 2. Sebenarnya, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan obesitas. Selain faktor genetik, diet yang kaya kalori dan jarang berolahraga dianggap memainkan peran penting dalam meningkatkan kasus obesitas di dunia.

Mitos 4

Jika sering olahraga boleh makan apa saja

Fakta: Salah. Banyak orang yang mempunyai pikiran kalau rajin berolahraga boleh makan apa saja karena selama olahraga, kalorinya akan terbakar dan tidak akan menjadi lemak. Sayangnya, pemikiran ini tidak sepenuhnya benar.

Jika kamu makan sangat banyak dan menumpuk kalori, olahraga saja tidak cukup untuk membakar kalori-kalori tersebut. Apalagi, jika kamu makan berlebihan dengan kalori berlipat-lipat dibandingkan kalori yang dibutuhkan tubuh. Lebih baik makan secukupnya dan rajin berolahraga ya geng.

Mitos 5

Ngemil di malam hari bisa membuat gemuk

Fakta: Benar. Kebiasaan ngemil memang bisa membuat seseorang cepat gemuk. Banyak penelitian yang menyatakan kebiasaan ngemil malam hari cepat membuat tubuh menjadi gemuk. Hal ini terjadi karena proses pencernaan melambat dimalam hari.

Jika kamu tidak rajin berolahraga makan akan lebih banyak lemak yang tersimpan. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa camilan dimalam hari bisa meningkatkan risiko obesitas.

Kesimpulan

Banyaknya mitos penyebab obesitas yang beredar di masyarakat dan bisa membuat orang semakin salah pola hidupnya. Oleh karena itu penting bagi kita tahu fakta yang sebenarnya penyebab obesitas.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format