10 Jenis Bahasa – Paling Banyak Digunakan Di Dunia


841
841 points

Bahasa menjadi bagian yang sangat penting untuk kehidupan kita. Dengan adanya bahasa, kita bisa berkomunikasi dengan keluarga, tetangga, bahkan dengan semua orang dari seluruh dunia. Walaupun bahasa Inggris menjadi bahasa internasional, tapi ternyata jenis bahasa yang paling banyak di gunakan di dunia adalah bahasa Mandarin lho guys!

10 Jenis Bahasa - Paling Banyak Digunakan Di Dunia

10 Jenis Bahasa Paling Banyak Digunakan

Nah langsung saja, berikut ini adalah urutan 10 jenis bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

10. Bahasa Prancis

Jumlah penutur sekitar: 129 juta orang

Jenis bahasa yang paling banyak digunakan terakhir yaitu bahasa Prancis. Prancis selain terkenal dengan negaranya yang romantis, bahasanya juga sering disebut bahasa paling romantis di dunia dan telah dituturkan di banyak negara seperti negara Belgia, Kanada, Rwanda, Kamerun, dan Haiti.

9. Melayu-Indonesia

Jumlah penutur sekitar: 159 juta orang

Bahasa Melayu-Indonesia umumnya digunakan di Malaysia dan Indonesia. Sebenarnya ada banyak dialek Melayu tapi yang paling populer adalah bahasa Indonesia. Bahasa Melayu dan Indonesia sebenarnya hampir sama karena memiliki akar bahasa yang sama dan hanya beda sedikit dalam pengucapan.

Negara Indonesia sendiri merupakan sebuah negara yang terdiri lebih dari 13.000 pulau dan sebagai negara terpadat ke-6 di dunia. Sedangkan negara Malaysia ada yang berbatasan langsung dengan Indonesia di pulau Kalimantan. Makanya, bahasa yang digunakan masyarakatnya yaitu Melayu-Indonesia.

10 Jenis Bahasa - Paling Banyak Digunakan Di Dunia

8. Bahasa Portugis

Jumlah penutur sekitar: 191 juta orang

Pada abad ke-12, Portugal mendapatkan kemerdekaannya dari Spanyol. Bahasa Portugal kemudian tersebar ke seluruh dunia dengan bantuan penjelajah terkenal seperti Vasco da Gama dan Pangeran Henry sang Navigator.

Karena Portugal sudah dari dulu menjajah negara lain, maka bahasanya pun tersebar di seluruh dunia terutama di Brazil (sebagai bahasa nasional), Makau, Angola, Venezuela, dan Mozambik.

7. Bahasa Bengali

Jumlah penutur sekitar: 211 juta orang

Di Bangladesh, sebuah negara dengan jumlah penduduk lebih dari 120 juta orang, hampir semua orang berbicara dengan bahasa Bengali. Dan karena Bangladesh hampir dikelilingi oleh India, jumlah penutur bahasa Bengali di dunia menjadi jauh lebih tinggi daripada yang diperkirakan.

6. Bahasa Arab

Jumlah penutur sekitar: 246 juta orang

Bahasa Arab termasuk salah satu bahasa tertua di dunia yang dituturkan di negara Timur Tengah seperti negara Arab Saudi, Kuwait, Irak, Suriah, Yordania, Lebanon, dan Mesir.

Karena bahasa Arab adalah bahasa kitab suci Alquran, maka jutaan umat Islam di negara-negara lain juga berbicara dengan bahasa Arab. Karena begitu banyaknya orang yang memiliki pengetahuan bahasa Arab, pada tahun 1974 bahasa Arab bahkan menjadi bahasa resmi keenam PBB.

5. Bahasa Rusia

Jumlah penutur sekitar: 277 juta orang

Bahasa Rusia menjadi jenis bahasa yang paling banyak di tuturkan di dunia. Sebagai salah satu dari enam bahasa di PBB, bahasa Rusia tidak hanya di gunakan di negaranya sendiri, tetapi juga di negara Belarus, Kazakhstan, dan Amerika Serikat walaupun hanya di beberapa tempat saja.

10 Jenis Bahasa - Paling Banyak Digunakan Di Dunia

4. Bahasa Spanyol

Jumlah penutur sekitar: 392 juta orang

Selain semua anak-anak yang menggunakannya di sekolah menengah, bahasa Spanyol juga digunakan hampir di setiap negara Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Selain itu, Bahasa Spanyol juga digunakan di Kuba dan Amerika. Ada minat khusus pada bahasa Spanyol di Amerika karena banyak kata bahasa Inggris yang dipinjam dari bahasa Spanyol termasuk kata “tornado, bonanza, patio, quesadilla, enchilada, dan taco grande supreme”.

3. Bahasa Hindustan

Jumlah penutur sekitar: 497 juta orang

Hindustan merupakan bahasa utama negara India yang mencakup banyak dialek, tapi yang paling banyak digunakan adalah bahasa Hindi. Banyak yang meramalkan kalau populasi India juga akan melampaui China. Tapi karena keunggulan bahasa Inggris di India mencegah bahasa Hindustan menjadi bahasa paling populer di dunia.

2. Bahasa Inggris

Jumlah penutur sekitar: 508 juta orang

Walaupun bahasa Inggris tidak memiliki penutur terbanyak, tapi bahasa Inggris menjadi bahasa resmi di suatu negara terbanyak daripada bahasa lainnya. Para penuturnya berasal dari seluruh dunia termasuk negara Selandia Baru, AS, Australia, Inggris, Zimbabwe, Karibia, Hong Kong, Afrika Selatan, dan Kanada.

1. Bahasa Mandarin

Jumlah penutur sekitar: lebih dari 1 miliar orang

Ternyata jenis bahasa yang paling banyak digunakan di dunia adalah bahasa Mandarin. Hal ini bisa terjadi karena negara China menjadi negara ter-padat di dunia. Walaupun paling banyak diucapkan, bahasa Mandarin ternyata tidak mudah dipelajari lho guys.

Berbahasa Mandarin bisa sangat sulit karena setiap kata dapat diucapkan dengan empat cara atau “nada”. Tetapi jika lebih dari satu miliar orang bisa melakukannya, maka kamu juga bisa.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format