10 Hantu Menyeramkan Dan Populer di Indonesia


836
836 points

Walaupun sekarang jamannya sudah modern, masih banyak orang yang mempercayai keberadaan hantu. Bahkan di Indonesia, topik tentang hantu menyeramkan masih menjadi daya tarik tersendiri. Makanya ga heran ya kalau banyak orang yang sengaja berburu hantu. Ditambah lagi, banyaknya video penampakan dan orang yang mengaku bisa melihat hantu, mengundang keingintahuan semua orang tentang keberadaan mereka.

10 Hantu Menyeramkan

Kalau di Indonesia, ada beberapa jenis hantu menyeramkan yang kisahnya telah dipopulerkan oleh masyarakat. Langsung saja nih guys, berikut ini adalah 10 jenis hantu menyeramkan dan populer di Indonesia versi taupedia.

Hantu Pocong

Ada yang mengatakan kalau hantu pocong memiliki wajah hijau dengan mata kosong. Mereka yang meyakini keberadaannya berfikir kalau hantu pocong adalah bentuk protes dari orang mati yang lupa dibukakan ikatan kain kafannya sebelum dikubur.

Meskipun pocong dalam film sering digambarkan melompat-lompat, ada mitos yang menyatakan kalau pocong bergerak dengan melayang-layang. Kepercayaan tentang keberadaan hantu pocong hanya berkembang di Indonesia, khususnya di Jawa dan Sumatra.

Jenis Hantu Menyeramkan Dan Populer di Indonesia

Kuntilanak

Kuntilanak merupakan hantu wanita yang diyakini berasal dari wanita yang meninggal saat hamil atau wanita yang meninggal saat melahirkan tapi anaknya masih di dalam perut. Secara umum, Kuntilanak digambarkan sebagai wanita cantik dengan rambut panjang, dress putih panjang, dan menyukai pohon tertentu sebagai tempat tinggal. Ketika Kuntilanak muncul, biasanya selalu diikuti dengan aroma bunga kamboja.

Kuntilanak

Genderuwo

Genderuwo adalah jenis hantu yang paling dikenal luas oleh masyarakat di pulau Jawa. Genderuwo digambarkan mempunyai kulit hitam kemerahan dan ditutupi dengan rambut lebat di seluruh tubuhnya. Tempat tinggalnya biasanya di antara batu besar berair, bangunan tua, pohon-pohon besar yang rindang atau sudut-sudut gelap yang lembab.

Genderuwo juga dianggap sebagai makhluk cabul karena hobinya menggoda orang terutama wanita dan anak-anak. Asal-usul hantu ini diyakini berasal dari arwah orang-orang yang mati tidak sempurna, bisa jadi akibat bunuh diri, penguburan yang tidak sempurna atau kecelakaan. Jadi, jiwa orang itu penasaran dan tidak mau menerima kematiannya.

Genderuwo

Wewe Gombel

Wewe Gombel diyakini sebagai roh jahat atau hantu yang suka menculik anak-anak tetapi tidak membahayakan mereka. Hantu ini digambarkan dengan sosok seorang wanita tua berkeriput dengan payudara panjang.

Dikatakan, anak-anak yang diculik biasanya hanya anak-anak yang diabaikan oleh orang tua mereka. Wewe Gombel akan menakuti para orang tua mereka dengan menculik anak-anaknya karena sikap mereka terhadap anak sendiri tidak benar. Setelah mereka sadar, wewe gombel baru akan mengembalikan lagi anak-anak yang telah diculiknya.

Wewe Gombel

Leak

Ada yang mengatakan kalau Leak adalah hantu kepala manusia dengan organ dalam tubuh yang masih menggantung. Sedangkan menurut kepercayaan orang Bali, Leak adalah seorang penyihir jahat atau manusia biasa yang mempraktikkan ilmu sihir dan membutuhkan darah bayi untuk hidup. Dikatakan juga kalau dia bisa mengubah dirinya menjadi babi atau bola api.

Sedangkan bentuk Leak sesungguhnya digambarkan memiliki lidah panjang dan gigi yang tajam. Beberapa orang mengatakan kalau sihir Leak hanya bekerja di pulau Bali, sehingga hantu ini hanya ditemukan di Bali.

Jenis Hantu Menyeramkan Dan Populer

Rangda

Rangda adalah ratunya Leak dalam mitologi Bali. Makhluk yang menakutkan ini sering menculik dan makan anak-anak kecil. Dia juga memimpin pasukan penyihir jahat melawan Barong, simbol kekuatan yang baik.

Jenis Hantu Menyeramkan

Orang Bunian

Orang Bunian adalah mitos sejenis makhluk halus yang dipercaya oleh masyarakat Minangkabau dan sering disebut sebagai dewa. “Dewa” dalam istilah Minangkabau berarti roh yang hidup di hutan, di tepi bukit, atau di dekat kuburan.

Sebelum matahari terbenam, di tepi bukit biasanya akan tercium aroma yang biasa dikenal dengan sebutan “masakan dewa” atau “dewa samba”. “Dewa” dalam kepercayaan Minangkabau lebih diartikan sebagai perempuan cantik rupawan, bukan laki-laki seperti persepsi yang umum di kepercayaan lain.

Orang Bunian

Sundel Bolong

Sundel bolong adalah mitos hantu yang umumnya digambarkan sebagai wanita cantik dengan rambut panjang. Dia mengenakan gaun putih panjang dengan lubang di punggung sehingga organ dalam tubuh kelihatan.

Dalam mitos, sundel bolong merupakan jiwa penasaran seorang wanita yang meninggal karena diperkosa dan kemudian melahirkan anaknya di kuburan. Sundel bolong juga dipercaya sering berubah menjadi wanita cantik yang berjalan sendirian di jalan yang sepi.

Sundel Bolong

Tuyul

Tuyul adalah roh dalam bentuk anak kecil dengan kepala gundul. Dikatakan, tuyul bisa dipekerjakan oleh manusia untuk beberapa alasan, terutama mencuri uang. Tuyul diyakini berasal dari janin yang keguguran atau bayi yang meninggal saat lahir. Karena berasal dari bayi, karakter tuyul juga seperti anak-anak yang suka bermain.

Tuyul

Siluman

Siluman di berbagai cerita rakyat adalah makhluk halus yang tinggal dalam komunitas dan menempati suatu tempat. Mereka melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari seperti manusia biasa dan juga mengenal peradaban. Siluman bisa berasal dari orang yang telah meninggal dan riohnya masuk dalam komunitas itu atau memang sudah makhluk halus sejak awal.

Jenis Hantu Menyeramkan Dan Populer di Indonesia


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format