6 Larangan Saat Haid – Mitos Yang Ternyata Salah Kaprah


846
846 points

Ketika seorang wanita memasuki usia subur, pasti mengalami siklus menstruasi. Mungkin kita sering merasa khawatir karena banyaknya larangan saat haid yang harus kita hindari. Nyatanya, mitos haid yang masih diyakini masyarakat rata-rata bertentangan dengan fakta ilmiah.

6 Larangan Saat Haid - Mitos Yang Ternyata Salah Kaprah

6 Larangan Saat Haid

Nah, agar tidak salah paham lagi nih guys, berikut ini adalah 6 larangan saat haid yang ternyata salah kaprah.

Mitos 1: Minum Soda Memperlancar Menstruasi

Sampai saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan kalau minum soda saat haid bisa memperlancar menstruasi karena kelancaran proses menstruasi dipengaruhi oleh hormon dan faktor psikologis.

Sebenarnya, soda hanya membuat seseorang merasa lebih segar. Padahal jika mengkonsumsi minuman ringan secara teratur dalam jangka panjang bisa memengaruhi keseimbangan nutrisi dalam tubuh dan mempengaruhi keseimbangan hormon yang berkaitan dengan siklus menstruasi lho.

Mitos 2: Tidak Boleh Mencuci Rambut

Larangan saat haid yang satu ini tentu salah. Soalnya, selama menstruasi semua wanita harus menjaga kebersihan tubuh secara optimal mulai dari kebersihan tubuh hingga rambut. Mencuci rambut saat menstruasi tidak akan menyebabkan gangguan menstruasi apapun. Mencuci rambut bahkan menciptakan rasa nyaman dan rileks karena bersih dan wangi.

6 Larangan Saat Haid - Mitos Yang Ternyata Salah Kaprah

Mitos 3: Minuman Dingin Memperlambat Menstruasi

Banyak yang percaya kalau minum air dingan saat haid bisa memperlambat proses menstruasi. Faktanya, minum air dingin tidak berpengaruh pada siklus menstruasi karena siklus menstruasi diatur dan dipengaruhi oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesteron.

Keseimbangan hormon-hormon ini dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan psikologis. Ketika hormon tidak seimbang, siklus menstruasi akan tidak teratur. Sedangkan faktor lain yang mempengaruhi menstruasi adalah faktor fisik seperti kelelahan, stres, dan penyakit.

Mitos 4: Dilarang Berhubungan Badan

Mungkin banyak orang yang percaya mitos ini karena lebih memikirkan faktor kebersihan. Tapi menurut beberapa ahli melakukan hubungan badan saat menstruasi memiliki beberapa manfaat seperti membantu meringankan kram perut. Yang terpenting, jika mau berhubungan badan saat menstruasi, lebih baik dibicarakan terlebih dahulu dengan pasangan ya guys.

Dilarang Berhubungan Badan

Mitos 5: Berhubungan Badan Selama Haid Tidak Akan Hamil

Berhubungan badan saat menstruasi memang memiliki peluang kecil untuk hamil. Faktanya, sperma masih bisa masuk dan bertahan selama tujuh hari di dalam dan sel telur bisa bertahan selama tiga hari. Dan jika periode menstruasi seorang wanita tidak teratur, maka bisa terjadi salah perhitungan sehingga kehamilan masih mungkin terjadi.

Mitos 6: Tidak Boleh Makan Nanas

Mungkin kalian pernah dengar mitos kalau makan nanas saat menstruasi dapat menyebabkan nyeri sehingga lebih baik tidak makan sama sekali. Sebenarnya itu hanya mitos ya guys. Buah nanas malah baik dikonsumsi saat menstruasi karena mengandung vitamin C.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format