Legenda Nyi Roro Kidul Penguasa Pantai Selatan


Legenda Nyi Roro Kidul merupakan salah satu legenda yang sangat terkenal di Indonesia terutama orang-orang yang tinggal di pantai selatan Pulau Jawa. Kisah Nyi Roro Kidul sebagai penguasa Pantai Selatan menjadi cerita rakyat Jawa yang telah diyakini sampai sekarang.

Meskipun keberadaannya masih misterius, Ratu penguasa pantai selatan ini masih sering dibahas. Bahkan sampai hari ini, banyak orang yang percaya akan keberadaannya. Ada banyak versi legenda Nyi Roro Kidul. Salah satu versi yang cukup populer yaitu diambil dari buku cerita rakyat Yogyakarta.

Legenda Nyi Roro Kidul

Kisah Nyi Roro Kidul berawal dari seorang putri cantik bernama Kadita. Karena kecantikannya yang luar biasa, Kadita disebut juga sebagai Dewi Srengenge (matahari). Sedangkan ayah Kadita adalah seorang raja bernama Munding Wangi.

legenda Nyi Roro Kidul

Ternyata, Raja tidak terlalu senang memiliki anak perempuan yang cantik seperti Kadita karena dia ingin anak laki-laki. Oleh karena itu, Raja Munding Wangi kemudian menikah lagi dengan Dewi Mutiara. Mereka dikaruniai seorang putra. Kelahiran seorang putra tersebut membuatnya sangat bahagia.

Meskipun Mundi Wangi memiliki seorang putra seperti yang dia inginkan, cinta seorang ayah pada Kadita tetap tidak memudar. Di sisi lain, Dewi Mutiara berharap putranya bisa menjadi seorang raja kelak. Dia akan melakukan apa pun untuk mewujudkan keinginannya.

Dewi Mutiara bahkan tega mengusir Kadita, anak tirinya, keluar dari kerajaan yang membuat Raja Munding Wangi marah. Walaupun dulunya Raja Munding Wangi tidak menginginkan anak perempuan, dia tidak akan membiarkan siapa pun menyakiti putrinya yang cantik. Namun, Dewi Mutiara tidak kehilangan akal dan terus mencari cara untuk mengusirnya.

Suatu hari, Dewi Mutiara meminta seorang dukun untuk mengutuk Kadita penuh kudis di seluruh tubuhnya. Ketika Kadita bangun tidur keesokan harinya, dia menyadari bahwa seluruh tubuhnya berbau busuk dan seketika itu juga dia menangis histeris.

Mendengar kabar yang menimpa putrinya, sang raja merasa sangat sedih. Dia kemudian memanggil banyak dokter untuk menyembuhkan penyakit Kadita tapi tidak satupun membuahkan hasil. Sang raja kemudian menyadari bahwa penyakit putrinya aneh dan tidak wajar. Akhirnya, sang Raja mengirim Kadita keluar kerajaan untuk menghindari gosip menyebar ke seluruh negara.

Menjadi Ratu Pantai Selatan

Setelah tujuh hari tujuh malam, Kadita tiba di Samudra Selatan. Dia melihat laut yang sangat jernih dan bersih. Karena terlihat sangat segar air lautnya, dia mencoba melompat dan berenang di lautan.

legenda Nyi Roro Kidul

Ajaibnya, ketika tubuhnya terkena air laut, penyakit kudisnya sedikit demi sedikit menghilang dan dia menjadi cantik dari sebelumnya. Bahkan, Kadita bahkan sekarang memiliki kekuasaan atas Pantai Selatan dan disebut sebagai Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan.

Sebagai Ratu penguasa laut selatan, keberadaan Nyi Roro Kidul masih sangat dihormati oleh masyarakat setempat dan menjadi bagian dari budaya. Bahkan ada beberapa tempat yang konon menjadi penghubung dunia nyata dengan Nyi Rorol Kidul.

Beberapa orang ada yang tidak percaya legenda Nyo Roro Kidul ini dan mengatakan bahwa mitos ini sengaja diciptakan untuk memperkuat legitimasi raja-raja kuno.

Kesimpulan

Meskipun keberadaannya masih misterius, sampai hari ini legenda Nyi Roro Kidul masih banyak dipercaya akan keberadaannya. Bahkan ada beberapa tempat yang konon menjadi penghubung dunia nyata dengan Nyi Rorol Kidul.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format