9 Makanan Sehat – Meningkatkan Daya Ingat Otak Anak


842
842 points

Masa tumbuh kembang anak atau masa golden age merupakan masa penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Pada masa inilah, sistem pembentukan saraf yang mendasar telah terjadi. Oleh karena itu sebagai orang tua, mulai sekarang harus lebih memperhatikan asupan makanan sehat dan kebutuhan nutrisi mereka untuk mendukung kegiatan anak di sekolah.

9 Makanan Sehat - Meningkatkan Daya Ingat Otak Anak

9 Makanan Sehat Untuk Otak

Para pakar gizi merekomendasikan kalau orang tua harus lebih cermat memilih jenis makanan sehat terbaik untuk membantu meningkatkan perkembangan otak anak.

Makanan untuk otak di bawah ini tidak hanya bisa meningkatkan fungsi otak tetapi juga bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anak. Nah langsung saja nih guys, berikut ini adalah 9 jenis makanan sehat untuk meningkatkan daya ingat otak anak terbaik yang direkomendasikan oleh para ahli.

Ikan

Makanan sehat pertama untuk anak yaitu ikan. Para ahli merekomendasikan untuk memilih ikan yang mengandung asam lemak seperti ikan salmon. Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega 3 terbaik yang penting untuk fungsi dan pertumbuhan otak anak.

Bahkan, beberapa penelitian juga membuktikan kalau anak yang suka makan ikan yang mengandung omega 3, memiliki pemikiran yang lebih tajam dan memiliki hasil baik dalam tes kemampuan mental.

Ikan

Telur

Telur termasuk jenis makanan yang sangat mudah dicari dan murah, tapi memiliki kandungan gizi yang tinggi. Telur adalah sumber protein yang baik untuk tubuh. Kuning telur juga mengandung kolin yang sangat bergizi untuk membantu perkembangan otak. Makanya nih guys, mulai sekarang biasakan sarapan atau makan malam sehat dengan menu yang terbuat dari telur ya.

Telur

Sayuran Berwarna

Tidak hanya sayuran hijau saja yang memiliki gizi tinggi. Tapi sayuran berwarna lain seperti tomat, wortel, atau labu juga kaya nutrisi dan antioksidan. Sayuran berwarna dipercaya bisa membantu menjaga kekuatan dan kesehatan membran sel. Semakin segar dan cerah warna sayuran, maka semakin tinggi kandungan antioksidannya. Bahkan, beberapa sayuran juga memiliki manfaat mencegah kanker lho guys.

9 Makanan Sehat - Meningkatkan Daya Ingat Otak Anak

Oat atau Oatmeal

Oat merupakan salah satu bahan makanan yang terkandung dalam sereal, makanan populer di kalangan anak-anak. Oat atau oatmeal mengandung karbohidrat yang secara bertahap akan diserap oleh otak anak selama proses belajar di sekolah. Oat merupakan sumber vitamin E, B, kalium, dan seng yang baik yang membantu tubuh dan otak bekerja secara optimal.

Oat atau Oatmeal

Buah Beri

Buah-buahan seperti stroberi, blueberry, dan blackberry adalah buah yang kaya antioksidan seperti vitamin C. Sejumlah penelitian telah menunjukkan kalau buah beri bisa meningkatkan daya ingat anak.

Buah Beri

Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan salah satu makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak karena nutrisi lengkapnya. Selain memiliki protein tinggi dan karbohidrat kompleks, kacang hijau juga mengandung vitamin C, asam folat, zat besi, seng, kalium, magnesium, tembaga, mangan, fosfor, dan tiamin yang semuanya penting bagi perkembangan tubuh dan otak.

Kacang Hijau

Susu dan Yoghurt

Produk susu termasuk yogurt merupakan makanan yang kaya akan protein, vitamin D dan vitamin B. Susu memainkan peran penting dalam pertumbuhan jaringan otak, neurotransmiter, dan enzim. Sedangkan yogurt merupakan makanan semi-padat. Jadi, lebih mudah dicerna dalam proses metabolisme tubuh.

Penelitian terbaru menunjukkan, anak-anak dan remaja ternyata membutuhkan vitamin D 10 kali lebih banyak dari yang direkomendasikan. Vitamin D sendiri berguna untuk mempertahankan siklus hidup sel serta fungsi saraf dan otot.

9 Makanan Sehat - Meningkatkan Daya Ingat Otak Anak

Daging Sapi Bebas Lemak

Daging sapi terutama daging sapi tanpa lemak merupakan sumber zat besi yang bisa membantu anak-anak lebih berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi tanpa lemak adalah sumber zat besi terbaik karena mudah diserap oleh tubuh.

Faktanya nih guys, satu ons daging sapi setiap hari saja bisa membantu tubuh menyerap zat besi dari sumber makanan lain lho. Selain itu, daging sapi juga mengandung seng yang membantu menjaga daya ingat.

Daging Sapi Bebas Lemak

Selai Kacang

Semua jenis kacang terutama kacang macadamia dan kacang almond adalah makanan yang kaya akan vitamin E dan antioksidan yang bisa melindungi sel-sel otak dari radikal bebas. Sedangkan untuk hasil olahan makanan dari kacang terbaik (selai kacang), pilihlah selai kacang dengan gula rendah dan selai kacang natrium.

9 Makanan Sehat - Meningkatkan Daya Ingat Otak Anak

0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format