9 Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil – Membahayakan Janin


851
851 points

Ketika hamil, semua orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk bayi mereka. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah asupan makanan yang baik. Dari banyaknya jenis makanan, ada beberapa makanan yang dilarang untuk ibu hamil karena bisa membahayakan janin dalam kandungan.

9 Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil - Membahayakan Janin

9 Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Daftar makanan yang dilarang untuk ibu hamil di bawah ini memang telah terbukti berbahaya untuk kehamilan. Bahkan, dari beberapa makanan ini bisa menyebabkan keracunan pada ibu hamil, mengganggu perkembangan otak janin, dan keguguran lho guys. Agar tidak salah paham juga, kamu bisa baca mitos dan fakta saat kehamilan ya. Nah langsung saja, berikut ini adalah 9 makanan yang dilarang untuk ibu hamil versi Taupedia.

Sushi

Shusi memang menjadi makanan favorit banyak orang. Tapi kalau kamu sedang hamil, lebih baik berhenti makan sushi atau sashimi ya guys. Soalnya, makanan laut mentah atau setengah matang ini sangat berbahaya. Daging mentah untuk sushi belum terjamin bersih dan terkadang masih ada cacing parasit. Oleh karena itu, ibu hamil lebih baik hindari makan ikan laut atau daging mentah.

Steak Setengah Matang

Untuk ibu hamil, makan steak setengah matang atau daging apapun yang kurang matang bisa berbahaya. Ada kemungkinan daging masih mengandung parasit toksoplasmosis yang berbahaya bagi janin. Kamu perlu memasak daging sampai benar-benar matang dan tidak ada cairan merahnya.

9 Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil - Membahayakan Janin

Telur Setengah Matang

Telur setengah matang biasanya masih mengandung bakteri Salmonella aktif. Infeksi bakteri Salmonella bisa menyebabkan muntah-muntah dan diare. Bahkan ada satu kasus tentang infeksi bakteri Salmonella pada ibu hamil bisa menyebabkan infeksi cairan ketuban.

Walaupun infeksi ini jarang terjadi, kamu harus tetap waspada karena bisa menyebabkan keguguran. Agar aman, hindari makan telur setengah matang, makanan yang mengandung telur mentah, dan mayones buatan sendiri.

Ikan Mengandung Merkuri Tinggi

Ada beberapa jenis ikan laut yang tidak boleh dikonsumsi saat hamil karena mengandung merkuri tinggi dan bisa menyebabkan gangguan pada perkembangan otak janin. Walaupun hampir semua ikan laut dan hewan air lainnya mengandung merkuri, tapi ada beberapa ikan yang memiliki level tertinggi. Ikan bermerkuri tinggi antara lain ikan hiu, king makarel, bigeye tuna, ikan todak, dan yellowfish tuna

Hati Hewan

Menurut Pregnancy Baby, jeroan seperti hati ayam, kambing atau sapi termasuk makanan yang dilarang untuk ibu hamil karena mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Mengkonsumsi vitamin A berlebihan bisa membahayakan janin. Lebih baik membatasi konsumsi hati hewan selama kehamilan ya guys.

9 Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil - Membahayakan Janin

Makanan Cepat Saji

Walaupun enak, makanan cepat saji seperti burger, kentang goreng, dan ayam goreng juga dilarang untuk ibu hamil. Fast food biasanya mengandung lemak trans yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas, ukuran janin yang besar atau makrosomia, dan persalinan prematur.

Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Susu memang minuman yang menyehatkan. Ibu hamil juga perlu minum susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Tapi, susu yang tidak dipasteurisasi termasuk salah satu makanan yang dilarang untuk ibu hamil.

Susu yang tidak dipasteurisasi bisa menyebabkan keracunan karena kemungkinan masih ada bakteri di dalamnya. Susu sehat yang harus dikonsumsi ibu hamil adalah susu pasteurisasi yang telah melalui proses pemanasan.

Kafein

Kandungan kafein terdapat pada kopi dan teh. Jika ibu hamil mengkonsumsi kafein berlebihan, maka bisa menyebabkan gangguan pada detak jantung bayi. Beberapa penelitian juga menunjukkan kalau konsumsi kafein yang tinggi selama kehamilan bisa meningkatkan resiko keguguran, bayi lahir dengan berat kurang, dan bayi lahir mati.

Alkohol

Walaupun alkohol bukan makanan, tetap saja mengkonsumsi alkohol saat hamil bisa meningkatkan resiko keguguran dan bayi lahir mati. Hanya minum sedikit alkohol saja bisa mengganggu perkembangan otak bayi. Selain itu bisa menyebabkan sindrom alkohol janin yang menyebabkan kelainan bentuk wajah, kelainan jantung, dan keterbelakangan mental anak sejak di dalam kandungan.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format