Manfaat Jalan Kaki Rutin Untuk Kesehatan Tubuh


Setiap hari, kita pasti selalu berjalan kaki. Tapi apakah kalian tahu manfaat jalan kaki? Jalan kaki merupakan olahraga ringan yang kadang dianggap remeh. Tetapi jangan anggap remeh jalan kaki y geng karena berjalan kaki secara rutin memiliki manfaat kesehatan yang tak terbantahkan untuk tubuh kita. Dengan sering berjalan, kita bisa mengurangi stres, berat badan, dan lainnya.

Manfaat Jalan Kaki

Manfaat Jalan Kaki Rutin

Untuk mendapatkan manfaat jalan kaki secara maksimal, sebaiknya kamu berjalan selama sekitar 30 menit setipa hari. Jika kamu melakukannya secara rutin, maka sama saja dengan memiliki gaya hidup sehat. Berikut ini adalah manfaat jalan kaki untuk kesehatan.

Untuk Kesehatan Jantung dan Menurunkan Kolesterol

Jalan kaki memang sangat baik untuk kesehatan jantung kita dan bisa mengontrol tingkat kolesterol. Berdasarkan sebuah penelitian, seorang perempuan yang berjalan selama 30 menit setiap hari bisa mengurang risiko penyakit jantung sekitar 40 persen.

Hal ini bisa terjadi karena dengan berjalan kaki, detak jantung akan meningkat dan memperlancar sirkulasi peredaran darah di dalam tubuh sehingga bisa memperkuat kesehatan jantung. Ditambah lagi, jika kamu berjalan kaki secara rutin maka bisa menurunkan kadar kolesterol dan gula darah di dalam tubuh serta menurunkan tekanan darah.

Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan dengan olahraga memang salah satu cara paling efektif. Jika kamu terlalu sibuk beraktifitas, kamu bisa berolahraga dengan berjalan cepat selama 30 menit setiap hari. Berjalan cepat bisa membakar kalori sekitar 150 kalori per hari. Semakin cepat kamu berjalan, maka jumlah kalori yang terbakar semakin banyak.

Manfaat Jalan Kaki Rutin

Bisa Mencegah Diabetes Tipe 2

Manfaat kesehatan lain dari berjalan yaitu bisa mencegah penyakit diabetes tipe 2. Kamu bisa melakukannya dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap hari. Dengan olahraga ini kamu telah membuat otot bekerja lebih banyak, sehingga kemampuan untuk menyerap glukosa meningkat. Bahkan, olahraga ini juga bisa mengurangi serangan diabetes tipe 2 hingga 30 persen.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain manfaat di atas, jalan kaki juga bisa meningkatkan sistem kekebalan kita. Cobalah untuk berjalan kaki setidaknya selama 30 menit. Dengan berjalan, sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan mampu melawan infeksi penyakit. Selain itu, dengan 30 menit berjalan juga bisa membuat tidurmu lebih nyenyak pada malam hari dan secara otomatis, tubuh akan melepaskan bahan kimia yang membuatmu merasa lebih baik.

Mencegah Osteoporosis

Berjalan kaki rutin juga bagus untuk kesehatan tulang terutama bisa mencegah osteoporosis. Osteoporosis adalah adanya penipisan tulang yang menyebabkan tulang menjadi keropos dan rentan terhadap fraktur. Dengan berjalan kaki, kamu bisa menjaga kesehatan tulang sehingga tidak mudah keropos walaupun usiamu bertambah.

Mengurangi Stres

Selain kesehatan fisik, berolahraga juga baik untuk kesehatan mental kita. Manfaat jalan kaki terakhir yaitu bisa mengurangi dan mencegah stres. Berjalan atau melakukan aktivitas fisik lainnya sebenarnya bisa memicu hormon endorfin yang akan membuat suasana hatimu lebih baik dan mengurangi kecemasan dan depresi.

Kesimpulan

Jangan anggap remeh jalan kaki karena manfaat jalan kaki rutin untuk kesehatan tak terbantahkan. Dengan sering berjalan kaki, kita bisa mengurangi stres, berat badan, dan lainnya.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format