Misteri Tanaman Ayahuasca Yang Sering Dikaitkan Dunia Gaib


849
849 points

Ayahuasca sebenarnya adalah tanaman yang memiliki efek halusinasi tinggi dan dapat menciptakan pengalaman hampir mati atau Near Death Experience (NDE) jika dikonsumsi. Selama berabad-abad, suku Indian di Amazon sering menggunakan ramuan ini untuk melakukan ritual dan upacara keagamaan. Oleh karena itu, efek Ayahuasca sering dikaitkan dengan dunia gaib.

Faktanya, meskipun kebanyakan orang berpikir bahwa Ayahuasca merupakan tanaman tunggal, sebenarnya ia adalah kombinasi dari dua tanaman, yaitu daun dari Psychotria viridis dan tanaman rambat Banisteriopsis caapi. Dan pengolahan paling umum tanaman ini oleh suku Indian yaitu direbus daun dan batangnya.

Misteri Tanaman Ayahuasca

Efek Mengkonsumsi Ayahuasca

Dalam tradisi komunitas Amazon yang paling terisolasi, mereka selalu menganggap sakral upacara minum ramuan Ayahuasca atau ramuan Yage. Jika batang dan daunnya direbus atau direndam dalam air kemudian dicampur dengan bahan-bahan alami lainnya maka akan menghasilkan zat halusinogen.

Setelah minum Yage, mereka biasanya merasakan satu atau lebih gejala mulai dari pusing, berkeringat, gemetaran, kejang-kejang, mual, muntah berkepanjangan, diare parah, lendir mengalir dari hidung, teror diteror, dan tindakan agresif. Anehnya lagi, setelah meminumnya mereka juga akan merasa seolah-olah mereka bermigrasi ke dunia lain yang tak terbatas.

Karena efek yang ditimbulkan inilah, banyak orang yang mempelajari tanamah ini. Salah satunya adalah Etnobotani Harvard, Wade Davis yang telah tinggal di Amazon selama lebih dari setahun, atas permintaan Profesor Richard Evans Schultes, seorang perintis dan pakar psikofarmakologi (studi tentang halusinogen).

Misteri Tanaman Ayahuasca

Gunanya Ramuan Ayahuasca

Untuk beberapa kelompok komunitas di Amazon, Yage dianggap sebagai obat yang berpotensi mengobati gangguan fisik dan mental. Suku Amahuaca yang dikenal sebagai ahli berburu juga sering menghubungkan kepekaan mereka saat berburu dengan menggunakan kemampuan melihat arwah binatang setelah minum ramuan ini. Jadi, mereka bisa mempelajari pergerakan dan kebiasaan hewan mangsa mereka.

Sementara itu bagi suku Tukanoan, mereka menggunakan Yage untuk berkomunikasi dengan leluhur mereka dan menjelajahi langit. Dalam catatan Davis kepada Richard Evans Schultes tentang suku Kofan, “Ayahuasca adalah sumber dari semua pengetahuan bagi seluruh masyarakat. Minum ramuan yage berarti belajar. Di sinilah setiap orang memiliki kekuatan dan bimbingan kehidupan”.

Misteri Tanaman Ayahuasca Yang Sering

Kebanyakan zat halusinogen menghasilkan beragam halusinasi berbeda dari setiap orang, tapi hal ini tidak terjadi jika mengkonsumsi Yage. Yage memberikan gambaran halusinasi yang sama, harimau atau ular besar.

Ada yang mengatakan bahwa halusinasi yang sama mungkin karena penyimpanan memori yang secara genetik diwariskan dalam bentuk isyarat rasa takut yang tertanam dalam pada gen manusia yang dibawa kembali oleh Yage.

Dan juga, orang yang mengalami halusinasi karena Yage dianggap bisa menaruh pikiran mereka ke dalam pikiran orang atau makhluk lain seperti telepati. Sebenarnya, kemampuan ini berasal dari senyawa dalam anggur Banisteriopsis dan sekarang disebut harmine bukannya hal-hal supernatural. Oleh karena itu, Wade Davis tidak kaget kalau dukun suku Indian dulu mampu menyihir hewan di hutan untuk menyerah sebagai persembahan hewan.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format