Misteri Hantu Si Manis Jembatan Ancol


828
828 points

Misteri Hantu Si Manis Jembatan Ancol telah menarik perhatian banyak orang. Menurut orang Jakarta, jembatan Ancol merupakan salah satu tempat angker terkenal. Jembatan ini diyakini sebagai tempat munculnya penampakan hantu wanita cantik, Si Manis Jembatan Ancol.

Selain sering muncul penampakan, kecelakaan fatal yang memakan korban juga sering terjadi tanpa penyebab jelas di jembatan Ancol. Saking terkenalnya hantu cantik ini, Si Manis Jembatan Ancol telah diangkat ke televisi dan film.

Si Manis Jembatan Ancol

Kisah Si Manis Jembatan Ancol

Mungkin banyak yang belum tahu siapa sebenarnya hantu jembatan ancol. Semuanya bermula pada awal abad ke-18 yang saat itu Indonesia masih dijajah Belanda. Pada waktu itu ada seorang ibu bernama Mak Emper dan putrinya, Siti Ariah. Mereka tinggal di sebuah paviliun milik juragan kaya raya.

Ketika Ariah berusia 16 tahun, majikannya bermaksud untuk menikahi Ariah karena parasnya. Namun, Ariah tidak mau. Dia menolak tawaran itu karena akan menjadi selir majikannya dan juga ada kakak perempuannya yang belum menikah. Oleh karena itu Ariah lari dari rumah untuk menghindari majikannya.

Namun ketika merikan diri, Oey Tambahsia, seorang pria kaya terkenal di Batavia waktu itu tidak sengaja melihat Ariah. Ditambah lagi, Oey juga dikenal suka mengumpulkan wanita muda. Saat melihat Ariah itulah, dia begitu terpesona oleh kecantikannya dan kemudian memerintah bawahannya untuk menangkap Ariah. 

Ketika akan ditangkap oleh bawahan Oey, Ariah berlari dan memberikan perlawanan sangat kuat. Karena terus melawan, Ariah akhirnya dibunuh oleh mereka di Bendungan Dempet dekat Danau Sunter yang dikenal sebagai tempat yang sangat angker.

Tubuhnya dibuang di area persawahan, sekitar 400 meter dari Jembatan Ancol. Menurut catatan Ridwan Saidi, seorang tokoh Betawi yang melakukan penelitian tentang legenda Ariah dari saksi hidup pada 1955 – 1960, insiden tragis ini terjadi pada tahun 1817, 

Si Manis Jembatan Ancol

Penampakan Hantu Si Manis Jembatan Ancol

Banyak orang yang mengaku sering melihat penampakan hantu perempuan di jembatan Ancol. Hantu tersebut diyakini sebagai hantu dari Siti Ariah yang menuntut balas dendam. Hingga sekarang cerita hantu cantik ini masih dipercaya banyak orang.

Bahkan Pada tahun 2003, H.Mohammad Husni, seorang warga Kebon Jeruk, Jakarta melukis sosok Ariah setelah merasa mendapat pesan. Dia berkata, “Ariah adalah gadis biasa. Jika dia disebut cantik, itu relatif ”.

“Kulitnya coklat dan tinggi sekitar 160 cm. Rambutnya panjang dan pakaiannya adalah bintik-bintik hitam dan biru. Matanya sedikit sipit. ” Dia sebenarnya adalah gadis biasa yang dianiaya. Itulah pesan Ariah yang disampaikan melalui lukisannya.

Kesimpulan

Misteri hantu Si Manis Jembatan Ancol sebenarnya hanyalah gadis bernama Siti Ariah yang dianiaya sampai dia meninggal.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format