Mitos Dan Fakta Diet Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Mitos dan fakta diet dalam kehidupan sehari-hari terkadang membuat orang merasa bingung dengan pola makan yang sebenarnya. Berbagai cara telah dilakukan banyak orang untuk menurunkan berat badan demi mendapatkan tubuh ideal. Namun, mereka sering salah melakukan program diet dan masih percaya mitos yang beredar.

Mitos Dan Fakta Diet

Untuk memilih program diet yang tepat, alangkah baiknya kamu jangan langsung percaya mitos tentang diet yang beredar. Kamu perlu mengetahui fakta seputar diet yang benar agar efektif mendapat tubuh ideal. Berikut ini beberapa mitos dan fakta diet yang perlu kamu tahu.

Menganggap Karbohidrat Sebagai musuh

Ketika sedang menjalani program diet tertentu, tubuh sebenarnya masih membutuhkan karbohidrat. Jadi jangan beranggapan karbohidrat sebagai musuh. Hal ini adalah asumsi yang salah. Daripada menghindari karbohidrat, lebih baik memilih jenis karbohidrat yang baik untuk tubuh kita.

Konsumsi Makanan Rendah Lemak

Biasanya, orang sering memilih makanan rendah lemak sebagai cara menurunkan berat badan. Sayangnya, makanan rendah lemak yang dijual di pasar atau swalayan sering dikemas dengan gula dan penyedap rasa yang enak. Hal ini akan membuatmu ketagihan untuk mengkonsumsinya lagi.

Mitos Dan Fakta Seputar Diet

Makanan Manis Harus Dihindari

Makanan manis tidak harus dihindari sepenuhnya. Mengkonsumsi makanan manis juga bisa membantu kamu menurunkan berat badan jika mengkonsumsinya dalam waktu yang tepat. Lebih  baik makan makanan manis lebih awal sebelum makan utama karena bisa menjaga nafsu makan kita.

Boleh Makan Apa Saja Selama Berolahraga

Masih banyak orang yang percaya mitos yang satu ini. Energi yang kita konsumsi memang harus diimbangi dengan energi yang kita habiskan untuk menurunkan berat badan. Tetapi hal itu tidak berarti kita bebas makan apa pun. Banyak orang yang sudah olahraga membakar lemak mereka, tapi kemudian meminum minuman berenergi atau isotonik yang mengandung gula tinggi.

Tidur Larut Malam Bisa Membuat Gemuk

Kurang tidur memang bisa membuat tubuh dengan mudah bertambah berat badannya. Sebuah penelitian yang dilakukan di Finlandia terhadap 2.000 responden, menemukan bahwa orang yang memiliki cukup waktu tidur dapat mengendalikan nafsu makan mereka. Di sisi lain, mereka yang kurang tidur cenderung memiliki nafsu makan yang lebih tinggi.

Tidak Boleh Ngemil

Banyak orang beranggapan mitos ini benar. Saat berdiet, seseorang bahkan dianjurkan untuk ngemil disela waktu makan utama mereka. Hal ini bertujuan untuk menjaga nafsu makan dan metabolisme tubuh. Tapi ingat, kamu perlu memilih dengan cermat jenis makanan ringan yang sesuai seperti ubi jalar, semangka, dan pisang.

Cokelat Menambah Berat Badan

Penelitian yang telah dilakukan di University of California menunjukkan bahwa seseorang yang secara teratur makan cokelat cenderung lebih kurus. Perbedaannya cukup signifikan daripada mereka yang tidak makan coklat walau masih dibarengi dengan berolahraga.

Hindari Konsumsi Minyak Ikan

Tidak ada yang salah dengan mengkonsumsi minyak ikan. Jika kamu ingin mengkonsumsi minyak ikan, kamu juga harus mulai mengurangi mengkonsumsi makanan lain untuk menyeimbangkan kalori yang masuk. Kuncinya adalah memperhatikan kebiasaan diet.

Makan Dalam Porsi Kecil Membantu Metabolisme

Mitos ini masih dilakukan banyak orang. Padahal, metode ini hanya membuat beberapa orang lebih sulit mengendalikan nafsu makan. Beberapa penelitian menunjukkan jika seseorang mencoba menurunkan berat badan, program terbaik adalah makan utama tiga kali sehari dan dua kali memakan cemilan sehat.

Melewatkan Waktu Sarapan

Sebagian besar orang sengaja melewatkan waktu sarapan karena takut berat badan bertambah. Persepsi itu sebenarnya salah. Menurut Dr. Luciana B. Sutanto, Ms, SpGK dari Indonesian Nutrition Association, sarapan dapat membantu seseorang mempertahankan berat badan.

Kesimpulan

Ada beberapa mitos dan fakta diet yang perlu kamu tahu. Hal ini penting karena mitos seputar diet dalam kehidupan sehari-hari terkadang membuat orang merasa bingung dengan pola makan yang sebenarnya.

956 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fakta jika menebang pohon berlebihan

fakta tentang tidur

Mitos Dan Fakta Tentang Tidur Perlu Kamu Tahu