Mitos dan Fakta Tentang Jerawat Di Wajah


Semua orang pasti tidak suka ada jerawat di wajah karena jerawat bisa menganggu penampilan mereka. Sehingga banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan jerawat tersebut. Namun karena banyaknya mitos jerawat yang belum tentu benar beredar, hal ini bisa membuat keadaan tambah parah. Ada beberapa mitos dan fakta tentang jerawat yang perlu kamu tahu.

Mitos dan Fakta Tentang Jerawat

Mitos dan Fakta Tentang Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering terjadi dan dialami banyak orang. Jerawat sebenarnya disebabkan oleh produksi minyak yang berlebihan oleh kelenjar minyak di kulit. Selain itu, jerawat juga bisa terjadi karena faktor hormonal. Berikut beberapa mitos dan fakta tentang jerawat.

Mitos 1

Malas membersihkan wajah bisa menyebabkan jerawat

Fakta: Hal ini bisa terjadi karena jerawat muncul dari kulit yang kotor. Namun, yang perlu kamu ingat bahwa hanya perlu mencuci muka dua kali sehari dengan air hangat atau pembersih wajah. Sebagian orang cenderung lebih sering mencuci muka untuk menghindari jerawat.

Padahal asumsi seperti ini salah. Hal itu akan membuat kulitmu menjadi iritasi dan trauma sehingga akan terlihat lebih buruk lagi. Pastikan juga, kamu juga harus mencuci muka di malam hari sebelum tidur untuk menghapus riasan, kotoran, dan keringat.

Mitos 2

Memencet jerawat bisa menyebabkan jerawat baru

Fakta: Sebenarnya, memencet jerawat bisa menyebabkan peradangan yang lebih buruk. Sehingga, jerawat akan menyebar ke daerah sekitarnya atau bahkan bahkan penyembuhannya malah tertunda. Mengobati jerawat dengan memberikan salep, krim, atau gel khusu jerawat hanya berfungsi untuk mengurangi peradangan. Alangkah baiknya, carilah produk yang mengandung benzoyl peroxide atau asam salisilat karena mereka sangat efektif dalam mengobati jerawat.

Mitos 3

Jerawat akan hilang Sendiri

Fakta: Jerawat disebabkan oleh pori-pori kulit yang tersumbat yang umumnya disebabkan oleh minyak alami pada kulit. Terlebih lagi, jika pori-pori tersumbat, maka bakteri alami kulit dapat menyebabkan peradangan dan dapat memperburuk situasi.

Jerawat memnag bisa sembuh sendiri tanpa dipefang atau dipencet, tapi memakan waktu yang lama. Jadi, jerawat juga harus diberikan perawatan yang tepat agar cepat sembuh tanpa lebih buruk.

Mitos 4

Makan cepat saji bisa menyebabkan jerawat

Fakta: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan makanan berminyak dan cepat saji seperti kentang goreng, burger, atau cokelat tidak berdampak pada kesehatan kulit sama sekali. Lemak pada kulitlah yang dapat membuat kulit berminyak dan pori-pori sehingga akan menyebabkan jerawat. Selain itu, membatasi konsumsi susu dan meningkatkan konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah terbukti mengurangi pencegahan jerawat.

Kesimpulan

Karena banyaknya mitos jerawat yang belum tentu benar beredar, ada baiknya kamu tahu mitos dan fakta tentang jerawat terlebih dulu. Hal ini berguna untuk mengurangi keadaan jerawat agar tidak semakin memburuk.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format