Mitos dan Fakta Tentang Manfaat Minyak Kelapa


Minyak kelapa memang terkenal memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Buah kelapa juga telah menjadi bahan makanan berharga di daerah tropis yang bisa dikonsumsi mulai dari buah, daging, dan santannya. Sejumlah mitos tentang manfaat minyak kelapa pun tersebar di internet tanpa ada faktanya.

Fakta Manfaat Minyak Kelapa

Supaya kita tidak salah dalam penggunaan minyak kelapa, berikut ini adalah fakta dan mitos manfaat minyak kelapa yang perlu kamu tahu.

fakta tentang manfaat minyak kelapa

Mitos 1

Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebenarnya, belum ada penelitian pasti yang menemukan kalau minyak kelapa bisa membantu menurunkan berat badan. Kemampuan minyak kelapa yang katanya bisa menghilangkan lemak didasarkan pada gagasan yang salah kalau minyak kelapa dianggap sama dengan produk laboratorium semi-sintetis yang dikenal sebagai minyak MCT.

Tidak seperti minyak nabati biasa, minyak MCT bisa larut dalam air. Pada awalnya, minyak semi sintesis ini dirancang untuk orang yang kekurangan gizi karena mereka tidak memiliki enzim normal yang memecah lemak.

MCT terdiri dari dua asam lemak yaitu asam kaprilat dan kapris. Sementara minyak kelapa hanya memiliki sedikit kandungan asam ini dan asam lemak dominan minyak kelapa adalah asam laurat.

Studi tentang lemak termasuk minyak kelapa telah menemukan bahwa asam laurat tidak memiliki efek menguntungkan pada rasa lapar, kenyang, kepuasan, atau pola makanan saat ini. Jadi, minyak kelapa sebenarnya tidak terlalu memiliki efek besar untuk menurunkan berat badan.

Mitos 2

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Dari sebuah penelitian terhadap orang yang hidup dengan gaya hidup tradisional dan kelapa sebagai sumber utama lemak mereka menunjukkan bahwa tingkat penderita penyakit jantung sangat rendah.

Namun, sebuah penelitian yang cermat menunjukkan bahwa efek keseluruhan minyak kelapa terhadap peningkatan kolesterol LDL lebih besar dibanding jagung, safflower atau campuran kedelai dan minyak wijen.

Selain itu, baru-baru ini diperlihatkan sebuah penelitian dari 21 makalah bahwa minyak kelapa tidak dapat diandalkan untuk mengurangi kolesterol darah atau melindungi terhadap penyakit jantung.

Facts and Myths of Coconut Oil for Health

Mitos 3

Bisa Membunuh Bakteri dan Virus

Beberapa situs mengklaim kalau minyak kelapa bisa membunuh virus, jamur, dan bakteri karena kandungan monolaurinnya. Akan tetapi. dari sebuah studi pada tikus menunjukkan bahwa monolaurin dapat memberikan perlindungan terhadap bakteri Staphylococcus aureus yang bertanggung jawab atas beberapa infeksi bakteri.

Sebaliknya, monolaurin dalam minyak kelapa sangat populer di dunia kecantikan karena sifat pengemulsi dan pelembabnya dalam kosmetik, deterjen, dan sabun.

Mitos 4

Menyehatkan Rambut

Beberapa makalah yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Science mengklaim kalau minyak kelapa yang diaplikasikan pada rambut lebih baik dalam menembus batang rambut daripada minyak mineral biasa. Keunggulan minyak kelapa lainnya yaitu ketika di aplikasikan di rambut, minyak kelapa yang meresap kulit kepala tidak akan mempengaruhi kesehatan kita.

Mitos 5

Memutihkan Gigi

Mitos ini adalah berkembang dari gagasan bahwa minyak kelapa bisa membunuh organisme berbahaya. Tetapi tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung praktik ini dan lebih baik jangan menggantikan perawatan gigi yang tepat.

Kesimpulan

Minyak kelapa memang terkenal memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Supaya kita tidak salah penggunaan minyak kelapa, ada baiknya mengetahui fakta tentang manfaat minyak kelapa.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format