Mitos dan Fakta Umum Penyebab Rambut Rontok


834
834 points

Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang sering dikeluhkan sebagian besar wanita dan pria. Oleh karena itu, ketika mengalami kerontokan rambut, banyak orang langsung panik dan berpikir kalau mereka terancam kebotakan. Apalagi ada banyak mitos tanpa fakta tentang penyebab rambut rontok yang membuat orang semakin panik.

Mitos dan Fakta Umum Penyebab Rambut Rontok

Mitos dan Fakta Penyebab Rambut Rontok

Normalnya, seseorang mengalami kerontokan rambut sejumlah 100 helai rambut setiap hari. Karena kerontokan rambut yang terjadi setiap hari, hal ini memunculkan banyak mitos yang beredar di masyarakat tanpa fakta yang jelas. Agar tidak salah paham tentang kondisi ini, berikut ini adalah beberapa mitos dan fakta tentang penyebab rambut rontok versi taupedia.

Mitos 1

Rambut rontok diwarisi dari pihak ibu

Fakta: Peran genetika memang berpengaruh dalam menyebabkan kerontokan rambut pada seseorang. Namun, penyebabnya tidak hanya dari ibu tetapi juga bisa berasal dari pihak ayah. Jadi, peran kedua orang tua sama besarnya dengan pengaruh gen rambut rontok.

Mitos 2

Sering menggunakan topi membuat rambut mudah rontok

Fakta: Mengenakan topi tidak akan membuat rambutmu rontok selama menggunakannya tidak terlalu kencang di kepala. Jika terlalu kencang bisa mengganggu sirkulasi folikel rambut.

Mitos 3

Kerontokan rambut hanya terjadi pada orang tua

Fakta: Kerontokan rambut memang sering terjadi pada orang tua. Seiring bertambahnya usia, rambut terlihat lebih tipis. Namun, kerontokan rambut juga bisa terjadi pada usia muda. Penyebab rambiut rontok bisa karena perubahan hormon, asupan gizi yang buruk atau proses kimia pada rambut yang sering dilakukan oleh anak muda.

Mitos 4


Stres menyebabkan rambut rontok

Fakta: Tidak mengherankan jika banyak orang yang beranggapan bahwa stres menyebabkan rambut rontok. Hal ini tidak sepenuhnya salah. Namun yang harus kamu ingat, stres jangka pendek (seperti telat ke kantor, kemacetan, banyak tugas, dll) tidak akan membuat rambut rontok.

Stres yang bisa membuat rambut rontok adalah stres yang lebih berat seperti stres jangka panjang. Stres jangka panjang bisa membuat tidurmu terganggu, bahkan berkurangnya nafsu makan sehingga menyebabkan kerontokan.

Mitos 5

Terlalu sering keramas membuat rambut rontok

Fakta: Sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang cukup mengatakan bahwa keramas terlalu sering bisa membuat rambut rontok. Padahal, keramas akan membersihkan minyak pada kulit kepala yang bisa memicu kerontokan rambut.

Sebaliknya, jika kamu jarang keramas, maka kebiasaan ini akan buruk untuk kesehatan rambut seperti akan muncul ketombe yang bisa menghambat pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, pastikan untuk keramas secara teratur setidaknya dua hari sekali.

Mitos dan Fakta Umum Penyebab Rambut Rontok

Cara Mencegah Rambut Rontok

Karena rambut adalah mahkota wanita dan juga pria, kerontokan rambut bisa menjadi hal yang menakutkan karena bisa memicu kebotakan. Agar rambut tidak mudah rontok, kesehatan rambut harus dijaga sebaik mungkin.

Untuk mengobatinya dari dalam, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein, omega-3, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, dan zat besi. Pilihan makanan yang bagus untuk kesehatan rambut seperti salmon, kenari, tiram, ubi, telur, bayam, kacang-kacangan, yogurt, ayam, susu, dan banyak lagi.

Sedangkan perlindungan eksternal, kamu bisa melakukannya dengan:

  • Menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut dengan keramas secara teratur
  • Menjaga kebersihan barang yang bersentuhan dengan rambut
  • Hindari paparan bahan kimia di rambut terlalu sering
  • Lindungi rambut dari paparan sinar matahari terlalu lama

Dengan menjaga rambut dari luar dan dalam, kesehatan rambut akan terjaga dan kamu akan terhindar dari kerontokan rambut yang bisa menyebabkan kebotakan.

Kesimpulan

Mengetahui mitos dan fakta tentang penyebab rambut rontok sangatlah penting karena rambut adalah mahkota wanita dan juga pria. Untuk menghindari kondisi ini, kamu harus menjaga kesehatan rambut dari luar dan dalam. Jika kesehatan rambut terjaga, maka kamu akan terhindar dari kerontokan rambut yang bisa menyebabkan kebotakan.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format