Mitos Dan Fakta Tentang Tidur Perlu Kamu Tahu


Tidur merupakan aktivitas wajib untuk mengistirahatkan tubuh di malam hari dari kegiatan sehari-hari. Tidur adalah kebiasaan terpenting bagi kebutuhan manusia. Namun, setiap orang memiliki pendapat tentang tidur yang berbeda, sehingga ada banyak mitos dan fakta tentang tidur beredar.

Mitos Dan Fakta Tentang Tidur

Ada banyak mitos seputar tidur yang telah diyakini banyak orang. Berikut ini adalah mitos dan fakta tentang tidur yang perlu kamu tahu.

Mitos 1

Bangun di malam hari menyebabkan kelelahan di pagi hari

Fakta: Hal ini merupakan siklus alami yang kerap terjadi terjadi. Hanya saja tergantung pada pengaruh lingkungan dan kebiasaan setiap orang. Misalnya, orang yang terbiasa tidur tanpa lampu akan mendapatkan siklus tidur hanya beberapa jam. Mereka akan bangun di malam hari dan kembali tidur.

Orang yang terbiasa bangun tengah malam untuk beribadah juga tidak akan merasa lelah di hari berikutnya. Mitos ini dapat terjadi jika kamu tidak tidur di malam hari, tetapi tidur di pagi hari dan bangunya di siang hari.

fakta tentang tidur

Mitos 2

Metode menghitung domba bisa membuat tidur lebih cepat

Fakta: Metode ini memang sangat populer dan telah berhasil bagi banyak orang yang memiliki masalah tidur. Namun, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang menghitung domba sebelum tidur akan tidur lebih lama sekitar 20 menit daripada orang yang menggunakan metode lain. Menghitung domba juga membuat orang merasa lebih bosan.

Mitos 3

Menonton TV dapat membuat tidur lebih cepat dan nyenyak

Fakta: Kita mungkin sering ketiduran didepan televisi. Padahal tertidur di depan TV atau komputer dapat mengurangi produktivitas hormon melatonin dalam tubuh. Hormon melatonin adalah hormon tidur. Ketika kita tidur menghadap ke TV atau lampu komputer, cahayanya dapat mengganggu kinerja hormon dalam tubuh. Apalagi radiasi dari TV dan komputer juga bisa memicu penyakit seperti kanker.

Mitos 4

Orang dapat berlatih untuk tidur dalam waktu singkat

Fakta: Manusia membutuhkan waktu yang cukup untuk tidur. Jadi berlatih tidur dalam waktu singkat adalah sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Meskipun ada seseorang dapat melakukan metode ini, itu tidak akan bertahan untuk waktu yang lama. Akan ada waktunya ketika tidur dalam waktu singkat tidak berfungsi. Tidur sebentar atau tidak pernah tidur adalah kebiasaan yang sangat buruk bagi kesehatan.

Mitos 5

Minum alkohol sebelum tidur membuat tidur nyenyak

Fakta: NyatanyA, minum alkohol dapat membuat tidur lebih cepat karena efek obat penenang di dalamnya. Namun, alkohol juga bisa membuat kualitas tidur terganggu. Saat tidur, alkohol mulai diproses di dalam tubuh. Itu membuat tidur lebih sedikit dan lebih mudah untuk bangun.

Kesimpulan

Ada banyak mitos dan fakta tentang tidur yang beredar. Agar tidak salah memahami, alangkah baiknya kalian yahu faktanya terlebih dahulu.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format