Fakta dan Mitos Kehamilan


Seperti yang kita tahu, ada banyak sekali mitos kehamilan dan kesehatan anak beredar tanpa faktanya. Oleh karena itu, penting buat ibu hamil mengetahui mitos kehamilan dan faktanya agar tidak ada salah pemahaman.

Beberapa mitos sudah banyak dipercaya karena kebanyakan orang memberikan saran sesuai dengan pengalaman mereka sehari-hari. Namun, banyak mitos terutama seputar kehamilan dan persalinan terbukti salah. Lebih tepatnya tidak efektif sesuai dengan kemajuan ilmu kedokteran dan teknologi.

Mitos Tentang Kehamilan

5 Fakta dan Mitos Kehamilan

Meski banyak wanita hamil telah dipengaruhi jaman modern, masih banyak dari mereka yang mempercayai mitos-mitos tersebut. Parahnya lagi, mitos kehamilan sering membuat ibu-ibu menjadi khawatir yang berlebihan. Agar tidak salah penanganan, berikut beberapa fakta dan mitos kehamilan yang harus kamu ketahui.

1. Memijat perut membuat lokasi janin lebih baik dan memperlancar persalinan

Fakta: Memijat perut tidak boleh dilakukan selama kehamilan. Hal ini karena memiijat perut pada kehamilan trimester pertama berpotensi menyebabkan keguguran. Sedangkan memiijat perut pada kehamilan trimester kedua dan ketiga, berpotensi menyebabkan persalinan prematur atau solusi plasenta (plasenta terpisah dari dinding rahim). Kondisi abrupsi plasenta inilah yang biasanya menyebabkan perdarahan fatal dan kematian janin di dalam rahim.

2. Meminum air dingin atau es dapat membuat janin lebih besar

Fakta: Sebenarnya, mengkonsumsi es atau minuman dingin selama kehamilan tidak membuat janin membesar. Yang perlu diperhatikan sebenarnya kandungan gula dan kalori dalam minuman dingin tersebut seperti sirup, es teh manis, atau minuman ringan lainnya. Kandungan gula yang berlebih inilah yang bisa membuat janin di rahim membesar di atas normal.

Mitos Tentang Kehamilan

3. Tidur siang bisa mengganggu pertumbuhan janin

Fakta: Masih banyak orang ynag percaya mitos satu ini. Padahal, istirahat cukup memang hal penting yang diperlukan ibu hamil untuk mendukung kesehatannya dan pertumbuhan janin. Tidur siang terutama ketika menginjak trimester pertama dan terakhir kehamilan sebenarnya penting. Dengan tidur sebentar dapat membantu mempertajam konsentrasi dan memperkuat memori.

Walaupun tidur siang penting, keseimbangan jam tidur siang dan malam harus diingat karena tidur siang terlalu lama biasanya menyebabkan kesulitan tidur di malam hari. Saat hamil, sebaiknya kamu tidak tidur siang lebih dari 3 jam.

4. Makan buah nanas bisa menyebabkan keguguran

Fakta: Banyak orang masih mempercayai mitos populer ini. Padahal, buah nanas adalah buah yang aman dan sehat dikonsumsi selama kehamilan. Hingga saat ini, tidak ada bukti penelitian bahwa nanas berbahaya bagi kehamilan.

Yang perlu diingat, senyawa bromelain yang terkandung dalam nanas memang tidak dapat diberikan dalam bentuk tablet karena bisa menyebabkan perdarahan. Namun, jumlah zat ini dalam buah nanas langsung memiliki efek yang sedikit pada kehamilan. Karena itu, selama kamu mengkonsumsi nanas dalam jumlah yang cukup, maka akan tetap aman selama kehamilan.

5. Minum minyak kelapa murni bisa memudahkan kelahiran

Fakta: Faktanya, kelancaran proses kelahiran secara alami tidak disebabkan oleh konsumsi minyak kelapa. Tetapi tergantung pada ukuran panggul, berat janin, posisi janin, dan kontraksi uterus. Jika kamu ingin proses kelahiran lancar, maka harus berolahraga secara teratur selama kehamilan. American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) merekomendasikan berolahraga setidaknya 150 menit per minggu.

Kesimpulan

Penting buat kita mengetahui fakta dan mitos kehamilan karena banyaknya mitos yang telah terbukti salah. Selain itu, mitos tersebut juga sering membuat ibu hamil menjadi khawatir berlebihan.


1716
3.7k shares, 1716 points