Penyakit Akibat Mutasi Genetik


Ada banyak jenis penyakit aneh dan langka karena gangguan atau mutasi genetik dalam tubuh manusia. Gangguan genetik ini memang sangat jarang terjadi. Biasanya, gangguan genetik ini terjadi sebelum mereka lahir atau masih dalam kandungan.

5 Penyakit Aneh Akibat Mutasi Genetik

Dari banyaknya orang dengan penyakit aneh di bawah ini, ada yang menjalani kehidupan normal dan beberapa meninggal dalam waktu setengah jam setelah kelahiran mereka. Berikut ini adalah beberapa penyakit aneh karena mutasi genetik yang perlu kamu tahu.

1. Sindrom Manusia Kepiting

Sindrom manusia kepiting atau Lobster Claw Syndrome ini disebabkan karena pembentukan gen yang tidak sempurna saat masih dalam kandungan. Kelainan gen ini sangat jarang terjadi. Mereka yang lahir dengan sindrom manusia kepiting biasanya memiliki kondisi jari seperti cakar kepiting. Kelainan pembentukan kromosom 7 ini menyebabkan penderitanya hanya memiliki 2 atau 3 jari.

Penyakit Aneh

2. Sindrom Mermaid

Sindrom mermaid atau Sirenomelia juga sangat jarang terjadi. Mereka yang menderita penyakit ini biasanya lahir dengan kondisi kedua kaki menempel menyerupai ekor putri duyung dalam legenda. Sindrom ini bisa merusak organ lain. Biasanya, penderita sindrom mermaid tidak berumur panjang.

Penyakit Aneh

3. Sindrom Manusia Batu

Wooden human syndrome atau sindrom manusia batu atau juga dikenal sebagai Fibrodysplasia Ossificias Progressiva (FOP). Sejauh ini, yang dilaporkan hanya 708 kasus yang terjasi di seluruh dunia.

Orang dengan sindrom ini akan mengalami perubahan otot dan jaringan saraf seperti ligamen dan tendon yang beregenerasi menjadi tulang. Akibatnya, akan tumbuhnya tulang baru yang menyebabkan imobilitas atau susah bergerak bagi penderitanya.

Penyakit Aneh

4. Kebal Terhadap Virus HIV

Virus HIV merupakan salah satu virus yang paling ditakuti karena penyakit HIV belum bisa disembuhkan dan penderitanya memiliki sedikit harapan hidup. Anehnya, beberapa jurnal medis menemukan bahwa ada beberapa orang yang mengalami mutasi genetik yang membuat mereka tidak mungkin terinfeksi virus HIV.

Mereka memiliki salinan mutasi gen CCR5 yang dikenal kebal terhadap HIV. Bahkan jika mereka terinfeksi HIV, virus hanya akan menyebar sangat lambat di dalam tubuh.

Penyakit Aneh

5. Polidaktili

Polidaktili atau Polydactylism merupakan mutasi gen langka dimana penderitanya memiliki tambahan jari pada kedua kaki dan tangan. Kelainan genetik ini diyakini bisa turun temurun. Penderitanya tidak akan terkena masalah kesehatan lain karena penyakit aneh ini. Mereka bisa hidup sehat dan normal seperti kebanyakan orang.

Penyakit Aneh

Kesimpulan

Penyakit aneh karena gangguan atau mutasi genetik di atas memang sangat jarang terjadi. Biasanya, gangguan genetik ini terjadi sebelum mereka lahir atau masih dalam kandungan.


1721
4.2k shares, 1721 points