[Selain Indonesia] 8 Perayaan Hari Kemerdekaan Terunik


845
845 points

Perayaan hari kemerdekaan sudah menjadi kewajiban bagi setiap negara untuk dirayakan dengan beragam tradisi dan pertunjukan yang disuguhkan. Sebagai contoh negara kita Indonesia, merayakan hari kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus. Kalau di Indonesia, 17an identik dengan perlombaan seperti panjat pinang, makan kerupuk, tarik tambang atau lainnya kan?

Perayaan Hari Kemerdekaan Terunik Di Dunia

Perayaan Hari Kemerdekaan Di Dunia

Tapi bukan hanya di Indonesia saja lho yang dirayakan dengan meriah, ada beberapa negara yang merayakan hari nasional mereka dengan tradisi unik masing-masing. Nah langsung saja nih guys, berikut ini adalah 8 perayaan hari kemerdekaan terunik di dunia versi taupedia.

Hari Kemerdekaan Di India

Hari nasional di India diperingati setiap tanggal 26 Januari. Walaupun India merdeka pada tanggal 15 Agustus 1947, konstitusinya baru disahkan pada tanggal 26 Januari 1950.

Setiap tahun, seluruh warga India memperingati hari bersejarah mereka dengan tema warna bendera. Selain menonton lewat TV atau melihat langsung upacara bendera yang disiarkan langsung dari Red Fort, New Delhi, mereka juga akan menerbangkan layang-layang lho sebagai simbol kemerdekaan.

 Di India

Hari Kemerdekaan Meksiko

Hari nasional di Meksiko dirayakan pada malam hari tanggal 15 September dan sepanjang hari pada tanggal 16 September. Di hari yang istimewa ini, warga Meksiko akan turun ke jalan dan meneriakkan “Grito de Dolores”. Seruan ini sebenarnya seruan dari tentara Meksiko saat melawan Spanyol pada tahun 1821 lalu.

Perayaan juga dilakukan di alun-alun kota seluruh negeri dan diisi dengan parade, pesta pora, konser, hingga kembang api yang menghiasi langit malam seluruh kota di Meksiko.

Meksiko

Hari Kemerdekaan Di Israel

Negara Israel memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 14 Mei 1948. Setahun sekali, warga Israel akan berkumpul di Gunung Herzl untuk mengakhiri Hari Peringatan Yom Hazikaron. Pada acara itu akan ada 12 obor dinyalakan sebagai simbol jumlah suku Israel.

Selain itu, para warga juga akan berkumpul bersama keluarga, menggelar konser, dan doa. Yang lebih uniknya lagi nih guys, ada juga lho lomba menghapal isi Kitab Taurat yang digelar di Yerusalem. Para peserta biasanya para siswa sekolah di dalam maupun di luar negeri.

israel

Hari Kemerdekaan Norwegia

Hari kemerdekaan di Norwegia dirayakan setiap tanggal 17 Mei. Berbeda dengan negara lainnya, para warga Norwegia akan memakan es krim dan sosis sebanyak-banyaknya ketika hari kemerdekaan lho guys. Selain es krim, mereka juga akan memberikan hadiah berupa sarapan “Block Party Style” untuk keluarga, saudara, dan teman-teman mereka.

Perayaan Hari Kemerdekaan Terunik Di Dunia

Hari Kemerdekaan Di Prancis

Tanggal 14 Juli merupakan hari kemerdekaan bagi rakyat Prancis. Pada hari itu, orang-orang akan menutup semua toko dan restoran untuk merayakan hari istimewa ini bersama keluarganya.

Perayaan dimulai dengan parade militer di Champs Elysees dan berakhir dengan pesta kembang api di Menara Eiffel pada malam hari. Uniknya lagi, warga Prancis akan membuka pintu rumah mereka selebar-lebarnya dan mengundang tetangga untuk berpesta sepanjang hari lho.

Prancis

Hari Kemerdekaan Di Ghana

Ghana merupakan negara di Benua Afrika yang mendapat kemerdekaan pada tanggal 6 Maret 1957 dari Inggris. Hari kemerdekaan di Ghana juga dirayakan dengan kembang api, parade, dan pawai. Tapi tradisi pertunjukkan musik dan tari yang mereka lakukan biasanya di area pantai. Tradisi hip hop ala Afrika Barat juga turut memeriahkan suasana.

Hari Kemerdekaan Di Ghana

Hari Kemerdekaan Di Korea Selatan

Tidak beda jauh dengan Indonesia, hari kemerdekaan rakyat Korea Selatan jatuh pada tanggal 15 Agustus. Untuk merayakan hari nasional ini, pemerintah dan rakyat akan bergabung dalam sebuah pesta untuk menyanyikan lagu tradisional. Pemerintah juga akan memberikan grasi atau pemotongan masa tahanan bagi para terpidana khusus di Korea Selatan lho guys.

Hari Kemerdekaan Di Korea Selatan

Hari Kemerdekaan Di Australia

Perayaan kemerdekaan di Australia jatuh pada tanggal 26 Januari. Setiap tanggal 26 Januari, warga Australia akan pergi ke pantai bersama-sama untuk pesta barbeque dan menonton pertunjukan kembang api. Selain itu, kompetisi selancar juga akan menjadi agenda tahunan untuk merayakan Australia Day lho.

Perayaan Hari Kemerdekaan Terunik Di Dunia

Kesimpulan

Sebenarnya, memperingati hari kemerdekaan itu sangat penting ya guys. Soalnya, momen ini mengingatkan kita sebagai rakyat tentang betapa sulitnya para pendahulu dulu memperjuangkan kemerdekaan negara.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format