Perbedaan Hacker Dan Cracker


Kalian pasti sering mendengar istilah Hacker dan Cracker kan guys? Mungkin banyak dari kalian yang beranggapan kalau hacker merupakan orang yang melakukan tindakan kejahatan, destruktif, atau hal negatif lainnya. Padahal kenyataannya, orang yang melakukan kejahatan di dunia maya disebut cracker. Nah biar kalian tidak salah paham lagi nih guys, lebih baik pahami terlebih dulu perbedaan hacker dan cracker.

Perbedaan Hacker Dan Cracker – Arti Dan Prinsip Kerjanya

Perbedaan Hacker Dan Cracker

Walaupun keduanya memiliki prinsip kerja yang sama yaitu mencari celah keamanan sistem, nyatanya ada perbedaan mendasar antara seorang hacker dan cracker. Berikut ini adalah perbedaan hacker dan cracker yang perlu kalian tahu.

Pengertian Hacker

Secara literal, Hacker adalah peretas atau orang yang meretas sebuah sistem komputer untuk mengakses data-data yang bukan haknya. Hacker memiliki keinginan untuk mengetahui secara mendalam tentang kerjanya suatu sistem, komputer atau jaringan komputer, dan menjadi ahli dalam bidangnya.

Memang sih hacker melakukan hal-hal ilegal seperti pembobolan data, situs atau lainnya. Akan tetapi, hacker tidak mengambil data tersebut untuk kepentingan pribadi melainkan hanya ingin melakukan pengetesan seberapa kuat sistem pertahanan sebuah sistem. Seorang hacker sejati tidak akan merusak sistem dan prinsip ini adalah etika dari seorang peretas.

Perbedaan Hacker Dan Cracker

Hacker dibedakan menjadi 2, yaitu:

  • White Hat Hacker, seorang hacker yang hanya berfokus pada bagaimana melindungi suatu sistem.
  • Black Hat Hacker, seorang hacker yang menerobos keamanan sistem komputer tanpa izin dengan maksud hanya untuk mengakses komputer yang terhubung ke jaringan tanap merusak.

Berdasarkan kemampuannya, Hacker juga dibedakan menjadi 2 level, yaitu:

  • Level Wizard. Istilah wizard diberikan kepada seseorang yang memiliki pengetahuan luas di bidangnya sesuai yang diajarkan atau yang tertera di buku. Contohnya seperti mengetahui dengan baik saat menjalankan program atau menginstal program, dan pengaturannya.
  • Level Teacher. Sedangkan istilah teacher digunakan oleh seseorang yang sudah ahli dan mengetahui segala sesuatu di bidangnya yang bahkan tidak diajarkan sekalipun dalam buku. Seorang teacher bisa mengembangkan kemampuan dan kreatifitasnya sendiri di luar batas. Sebagai contoh dalam bidang aplikasi, maka orang dengan level teacher akan tahu lebih banyak seluk beluk aplikasi tersebut daripada si pembuat aplikasinya sendiri.

Pengertian Cracker

Pada dasarnya, prisnsip kerja cracker dan hacker memang hampir sama. Tapi poin pentingnya adalah, seorang cracker selalu mengambil data-data yang berhasil dibobol untuk keperluan pribadi sedangkan hacker tidak.

Cracker adalah istilah untuk mereka yang masuk tanpa ijin ke sistem orang lain dengan tujuan negatif. Cracker juga bersifat destruktif atau merusak dengan menyerang jaringan komputer, mem-bypass kata sandi atau lisensi program komputer, dan sengaja merusak sistem keamanan komputer, bahkan sampai menghapus dan mencuri data orang lain.

Perngertian Cracker

Sisi negatif dari cracker adalah:

  • Pemindaian dilakukan untuk mengetahui hal-hal dasar tentang sistem yang digunakan baik dalam sistem operasi, sistem file, kerentanan atau keamanan data, dan lainnya.
  • Membobol kata sandi yang sangat susah sekalipun.
  • Mengubah data secara acak.
  • Melakukan Deface atau penggantian halaman.
  • Melakukan intrusi ke dalam sistem.

Kesimpulan

Tidak selamanya peretas itu berarti buruk. Setelah mengetahui perbedaan hacker dan cracker, bisa disimpulan kalau hacker adalah seseorang yang membuat teknologi internet lebih maju karena hacker menggunakan kemampuan mereka untuk melihat, menemukan, dan memperbaiki kelemahan sistem keamanan dalam sistem komputer atau perangkat lunak.

Sedangkan cracker adalah istilah untuk seseorang yang menghancurkan dan menonaktifkan seluruh sistem komputer dan mengakibatkan data pengguna jaringan rusak, hilang, atau diubah.


1719
4.1k shares, 1719 points

Comments

comments