Sistem Pendidikan Jepang Yang Perlu Kita Tiru

Setiap negara pasti memiliki sistem pendidikan yang berbeda termasuk di Jepang. Sistem pendidikan Jepang berubah setelah Perang Dunia II dari sistem lama, 6-5-3-3 diubah menjadi sistem 6-3-3-4 (6 tahun sekolah dasar, 3 tahun di sekolah menengah pertama, dan 3 tahun di sekolah menengah atas, dan 4 tahun di universitas).

Sistem Pendidikan Jepang

Sistem Pendidikan Jepang

Jepang terkenal memiliki salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia. Berikut ini adalah keunikan sistem pendidikan Jepang yang perlu ditiru Indonesia.

Tidak Ada Ujian Di Tiga Tahun Pertama Sekolah

Kalau di Indonesia, sejak taman kanak-kanak pun pasti ada ujian untuk mengevaluasi kemampuan siswa setiap akhir semester. Berbeda sekali dengan Jepang, siswa di Jepang tidak diberikan ujian sampai tahun keempat mereka, karena di 3 tahun pertama sekolah, anak-anak diajarkan tentang sopan santun terlebih dahulu.

Menurut budaya Jepang, mengajarkan sopan santun kepada orang sejak muda lebih penting daripada melakukan serangkaian ujian. Mereka percaya karakter awal anak-anak harus diajarkan sejak dini agar kelancaran proses belajar nanti. Praktek menghormati orang lain juga diajarkan di kelas. Siswa harus belajar bagaimana memperlakukan orang tua, guru, dan lainnya dengan benar.

Tidak Ada Petugas Kebersihan

Di sekolah Jepang, kamu tidak akan menemukan petugas kebersihan sekolah. Siswa di Jepang diharuskan membersihkan kelas mereka sendiri bersama-sama. Kebiasaan ini diterapkan untuk membangun kerja sama tim, berbagi rasa tanggung jawab, dan mengembangkan kepekaan mereka terhadap lingkungan.

Disediakan Menu Makanan Sehat

Orang Jepang memang tidak terbiasa makan berat dan banyak asal kenyang seperti kita. Si sekolah Jepang, para siswa akan disajikan menu sehat untuk mereka konsumsi.

Para siswa diajarkan untuk menjaga kesehatan dengan memperhatikan kualitas dan porsi makanan. Menu yang disediakan juga berasal dari bahan-bahan lokal yang masih segar dan bahkan makanan mereka di kantin dibuat oleh koki terlatih dan pakar kesehatan.

Mengajar Seni Tradisional

Di Jepang, siswa juga diajarkan seni tradisional negaranya seperti Shodo (tulisan kaliber Jepang) dan haiku (semacam gaya membuat puisi). Budaya menulis Shodo meminta siswa untuk menulis Kanji dan Kana menggunakan pena bambu yang diaplikasikan dengan tinta di ujungnya. Tentu tujuannya agar mereka tidak lupa tradisi sendiri dan terus melestarikannya walaupun jaman sudah modern.

Mahasiswa Memakai Baju Seragam

Di Jepang, dari sekolah menengah pertama hingga universitas diharuskan memakai baju seragam. Ada beberapa standar untuk seragam disana termasuk gaya militer, seragam hitam untuk anak-anak, seragam seperti pelaut, dan rok untuk anak perempuan.

Sebenarnya, ada pesan penting di balik aturan standar yang seragam ini. Dengan menggunakan seragam yang sama, diharapkan rasa memiliki satu sama lain akan lebih besar. Tidak hanya seragam yang sama, siswa di Jepang juga terbatas dalam penampilan mulai dari ransel, make up, hingga gaya rambut.

Kesimpulan

Jepang memang terkenal memiliki salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia. Sistem pendidikan Jepang bahkan telah ditiru berbagai negara di dunia.

956 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Khasiat kangkung untuk kesehatan

Khasiat kangkung untuk kesehatan

Edukatif perbedaan lah, sih, dong

Edukatif perbedaan lah, sih, dong