Dribbling adalah gerakan membawa bola menggunakan kaki untuk pergi ke area tim lawan. Mendrible atau menggiring bola dalam sepak bola menjadi salah satu hal yang paling penting dan harus dikuasai oleh setiap pemain. Dan untuk pemula, ada beberapa teknik dribbling sepak bola dasar yang harus dikuasai.

Jenis Dribble

Tapi sebelum kita bahas tentang teknik dribbling sepak bola dan cara melakukannya, kamu harus tahu terlebih dulu jenisnya dalam permainan sepak bola. Berdasarkan situasinya, dribble dibagi menjadi dua jenis.

  • Closed Dribbling, teknik dribbling yang dilakukan dengan kontrol bola penuh ketika bola tidak sepenuhnya aman dari pemain lawan dan bola tidak boleh lebih dari 1 meter di depan kaki.
  • Speed Dribbling, teknik dribbling yang dilakukan dengan menendang bola ke depan yang kemudian dikejar dengan berlari secepat mungkin dan harus benar-benar bebas dari desakan lawan.
Teknik Dribbling Sepak Bola - Cara Mendrible Baik dan Benar

Jika kamu ingin membawa bola dengan cepat ke area kosong, lakukan speed dribbling dengan menendang bola dan kemudian mengejarnya. Tapi jika kamu membawa bola disekitar lawan, lebih baik menggunakan closed dribbling dengan selalu melindungi bola dari lawan.

Teknik Dribbling Sepak Bola

Berbicara tentang teknik dribbling sepak bola dasar, ada 3 teknik atau cara menggiring bola yang harus kamu kuasai yaitu menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam, bagian luar, dan punggung kaki. Berikut ini adalah cara melakukan teknik dribbling sepak bola dengan benar.

1. Teknik Dribbling Dengan Kaki Bagian Dalam

Teknik yang stau ini menggunakan kaki bagian dalam sebagai titik kaki dengan bola saat menggiring bola.

Teknik Dribbling Dengan Kaki Bagian Dalam

Berikut ini adalah langkah menggiring bola dengan kaki bagian dalam.

  • Postur awal. Awali dengan sikap berdiri menghadap arah gerakan, dan pastikan pandangan ke depan. Sikap kedua lengan di samping badan rileks  dan pergelangan kaki diputar ke luar dan dikunci.
  • Gerakan inti. Dorong bola dengan kaki bagian dalam ke arah depan dengan posisi kaki agak dibuka ke depan bersamaan kaki tumpu ikut bergerak. Seiring gerakan kakimu, bola akan bergerak ke depan bergulir di tanah.
  • Akhir gerakan. Hentikan bola dengan telapak kaki pada bagian atas bola. Pastikan tumpuan berat badan berada pada kaki yang tidak digunakan menggiring bola dan pandanganmu lurus ke depan.

2. Teknik Dribbling Dengan Kaki Bagian Luar

Dribbling menggunakan kaki bagian luar pada dasarnya sama dengan menggiring bola dengan kaki bagian dalam. Yang membedakan adalah titik kaki dengan bola.

Teknik Dribbling Dengan Kaki Bagian Luar

Berikut ini adalah langkah menggiring bola dengan kaki bagian luar.

  • Postur awal. Awali dengan sikap berdiri menghadap ke arah gerakan, sedangkan pandangan tetap ke depan. Kedua lengan di samping badan agak terentang dan pergelangan  kaki diputar ke dalam dan dikunci.
  • Gerakan inti. Dorong bola dengan kaki bagian luar ke arah depan dengan posisi kaki agak terangkat dari tanah bersamaan tumpu kaki yang ikut bergerak. Tumpukan berat badan pada kaki yang tidak digunakan dalam menggiring bola sehingga bola bergerak ke depan tidak jauh dari kaki di permukaan tanah.
  • Akhir gerakan. Hentikan bola dengan menggunakan telapak kaki di bagian atas bola. Tumpukan berat pada dribbling kaki yang tidak digunakan dan pandanganmu lurus kedepan.

3. Teknik Teknik Dribbling Dengan Punggung Kaki

Kita bisa menggiring bola dengan menggunakan bagian belakang kaki sebagai titik bola.

 Teknik Teknik Dribbling Dengan Punggung Kaki

Berikut ini adalah langkah menggiring bola dengan punggung kaki .

  • Postur awal. Awali dengan sikap berdiri menghadap ke arah gerakan. kedua tangan sedikit telentang dan rileks dan pandangan mata lurus kedepan.
  • Gerakan inti. Bola didorong ke depan dengan punggung kaki. Jari kaki menyentuh bola yang menghadap ke tanah sehingga bila bergerak maju.
  • Akhir gerakan. Hentikan bola menggunakan telapak kaki di bagian atas bola. Tumpukan berat pada kaki yang tidak digunakan untuk menggiring bola dan pandangan lurus kedepan.


Comments

comments