Tips Memilih Hewan Qurban Yang Benar Untuk Idul Adha


843
843 points

Setiap tahun, para umat Islam di seluruh dunia pasti merayakan Hari Raya Idul Adha atau hari raya qurban. Tidak ada salahnya kita memiliki persiapan terlebih dulu seperti mengetahui cara memilih hewan qurban yang benar sesuai syariat. Secara umum, hewan yang bisa dikurbankan adalah sapi, kerbau, kambing atau domba.

Tips Memilih Hewan Qurban

Tips Memilih Hewan Qurban

Tapi karena banyaknya penjual qurban yang ada, pasti membuat kalian bingung kan dalam memilih qurban yang benar? Nah agar momen berqurban semakin maksimal, berikut ini adalah beberapa tips memilih hewan qurban yang benar untuk Idul Adha versi Taupedia.

Usia Hewan

Tips pertama yang harus kalian perhatikan adalah umur hewan yang akan dikurbankan. Qurban yang baik adalah hewan yang cukup usia. Untuk kambing dan domba idealnya berumur 12-18 bulan atau minimal berumur satu tahun. Sedangkan untuk sapi dan kerbau idealnya berusia 22 bulan atau minimal dua tahun.

Cara mudah untuk mengetahui usia qurban adalah melalui catatan kelahiran ternak yang dimiliki oleh pemiliknya atau dengan pemeriksaan gigi hewan.

Tidak Memiliki Cacat

Selain umur, perhatikan juga kondisi fisik hewan harus sempurna dan tidak memiliki cacat karena hal ini menjadi penentu sah tidaknya sebuah ibadah qurban. Beberapa kondisi cacat yang harus dihindari seperti mata buta sebelah, sakit, pincang, dan sangat kurus hingga tidak memiliki sumsum tulang.

Tips Memilih Hewan Qurban

Dalam Kondisi Sehat

Selain tanpa cacat, penting juga untuk memperhatikan kesehatan qurban. Pastikan calon qurban memiliki nafsu makan yang baik, lincah, mata bersinar, dan bulu halus atau tidak kusam. Lihat juga bagian tubuh hewan yang berlubang. Jangan beli hewan yang ada darah keluar dari bagian mulut, hidung, telinga hingga duburnya. Jangan lupa juga perhatikan kuku-kukunya tampak cerah atau tidak.

Selain itu, proporsi tubuh yang standar juga sangatlah penting. Untuk sapi dan kerbau tulang punggung harus relatif rata, tanduknya seimbang, keempat kakinya simetris, dan postur tubuhnya ideal. Untuk memastikan lebih, kalian bisa menanyakan langsung kepada pemiliknya tentang Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

Pilih Tempat Pembelian Hewan

Memilih tempat dimana kalian akan membeli qurban menjadi hal yang penting juga. Jangan sampai kalian membeli qurban yang diternak dekat tempat pembuangan sampah atau lingkungan yang tidak bersih dan jauh dari polusi udara. Hal ini bisa berpotensi daging hewan akan mengandung bahan berbahaya bagi tubuh jika kit konsumsi nantinya. Lebih baik pilih hewan yang diternak di lingkungan bersih dan jauh dari polusi udara.

Tips Memilih Hewan Qurban

Sesuaikan Dengan Kemampuan

Yang paling penting nih guys, sebelum berkurban tentu harus pastikan sesuai dengan kemampuan keuangan ya. Karena pada dasarnya berkurban bukanlah suatu keterpaksaan namun kerelaan dari tiap umat yang mampu.

Kesimpulan

Intinya sih jika ingin membeli hewan untuk qurban, kalian harus memilih hewan yang sehat, usianya cukup, dan tentunya tidak memaksa keuangan ya. Pastikan hewan yang kalian beli memenuhi kriteria yang sehat dan sah.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format