Tokoh Pendidikan Berpengaruh Sepanjang Sejarah


Perkembangan pendidikan memang tidak bisa dipisahkan dari peran penting beberapa tokoh pendidikan dunia. Banyak tokoh pendidikan berpengaruh sepanjang sejarah di bawah ini telah tercatat melakukan berbagai gerakan dan inovasi untuk mengembangkan dan membangun pendidikan yang lebih maju.

Tokoh Pendidikan Berpengaruh

Berikut ini adalah beberapa tokoh dunia yang idenya sangat mempengaruhi dunia pendidikan sampai sekarang.

Imam Al Ghazali

Tokoh yang paling berpengaruh pertama adalah Imam Al Ghazali. Sejak kecil, Al Ghazali memang terkenal menyukai ilmu sains dan kegigihannya dalam mencari ilmu baru. Jadi tidak heran kalau semasa hidupnya, dia belajar dengan sejumlah guru di tanah kelahirannya.

Al Ghazali Mengatakan kalau konsep pendidikan sejati adalah mengajar secara menyeluruh yang mencakup tujuan pendidikan, metode, etika guru, kurikulum, dan siswa.

Tokoh Pendidikan

John Locke

John Locke menjalani pendidikannya di Universitas Oxford. Dia memperoleh gelar sarjana pada tahun 1656 dan gelar penuh pada tahun 1658. Sebagai remaja, ia sangat tertarik pada sains. Pada usia tiga puluh enam tahun, dia terpilih sebagai anggota dari “Royal Society.”

John Locke menjelaskan kalau kurikulum harus diarahkan demi kecerdasan individu, kemampuan, dan hak istimewa anak-anak dalam penguasaan pengetahuan, dan bukan pada pengetahuan yang umumnya diajarkan dengan hukuman sewenang-wenang.

Tokoh Pendidikan

John Dewey

Tokoh berpengaruh selanjutnya yaitu John Dewey. Dia pernah melakukan penelitian tentang pendidikan di sekolah dan mencoba menerapkan teori pendidikannya. Hasilnya, dia meninggalkan pola pendidikan tradisional yang mengandalkan kemampuan mendengar dan menghafal.

Sebagai penggantinya, John menekankan pentingnya kreativitas dan keterlibatan siswa dalam diskusi dan pemecahan masalah yang masih digunakan dalam sistem pendidikan hingga sekarang.

Tokoh Pendidikan

Ibnu Sina

Tokoh yang sangat berpengaruh terakhir adalah Ibnu Sina. Ibnu Sina terkenal karena pemikirannya sebagai seorang intelektual Muslim yang sangat telah diakui dunia. Menurutnya, tujuan pendidikan harus diarahkan pada pengembangan semua potensi yang dimiliki oleh seseorang.

Potensi tidak hanya terhadap perkembangan fisik, tetapi juga intelektual dan tata krama. Selain itu, pendidikan juga harus bisa mempersiapkan seseorang agar bisa hidup di masyarakat.

Tokoh Pendidikan

Kesimpulan

Beberapa tokoh pendidikan paling berpengaruh sepanjang sejarah di atas telah tercatat melakukan berbagai gerakan dan inovasi untuk mengembangkan dan membangun pendidikan yang lebih maju.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format