Tradisi Malam Tahun Baru Unik Di Beberapa Negara


839
839 points

Setiap negara di dunia pasti memiliki cara dan tradisi malam tahun baru yang cukup unik atau bahkan aneh untuk merayakan pergantian tahun. Seluruh masyarat di dunia bahkan menanti dan mengantisipasi perayaan tahunan ini.

Tradisi Malam Tahun Baru

Tahun Baru juga menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga. Banyak persiapan dilakukan sebelum memasuki pergantian tahun seperti mengadakan pesta dan melakukan berbagai tradisi. Berikut ini adalah 5 tradisi malam tahun baru yang unik di dunia.

Fireball Vikings di Skotlandia

Setiap tanggal 31 Desember, ada festival tahunan bernama “Festival Hogmanay” di Skotlandia. Yang menjadi peserta festival ini adalah semua pria dewasa yang akan berpawai di jalan-jalan utama sambil memegang obor.

Festival ini merupakan tradisi turun temurun sejak zaman Viking memerintah Skandinavia dan masih di lakukan sampai sekarang. Orang Skotlandia percaya kalau bola api adalah simbol pemurnian dan berharap kembalinya matahari ke musim dingin agar dapat berlalu dengan cepat.

Tradisi Malam Tahun Baru Unik

Memecahkan Piring di Denmark

Warga Denmark juga memiliki tradisi malam tahun baru unik yaitu memecahkan piring dengan melemparkannya ke pintu rumah tetangga mereka. Tradisi ini sudah lama dilakukan di seluruh Denmark sehingga tidak ada orang yang mengeluh tentang hal itu.

Kepercayaan mereka jika melakukan tradisi ini, mereka akan mendapatkan kekayaan selama setahun. Oleh karena itu, keluarga yang memecahkanpaling banyak jenis piring di pintu rumah tetangga, mereka dianggap menjadi orang yang paling beruntung.

Berbicara Kepada Roh di Meksiko

Di Meksiko, pada Malam pergantian tahun diyakini sebagai waktu terbaik untuk berkomunikasi dengan roh-roh orang mati untuk mendapatkan pesan tertentu atau petunjuk tentang masa depan. Sehingga, setiap malam tahun baru banyak orang yang melakukan ritual di kuburan.

Bahkan, banyak orang yang memanfaatkan tradisi ini sebagai peluang bisnis tahunan. Contohnya Taos Inn di New Mexico mau menawarkan paranormal yang siap untuk berhubungan dengan dunia roh. Satu sesi selama 15 menit dihargai 15 Dolar AS.

Daun Mistletoe Untuk Mendapat Jodoh di Irlandia

Di Irlandia, daun mistletoe sering digunakan oleh wanita yang ingin mendapatkan jodoh dengan cepat. Biasanya, pada malam tahun baru, para wanita lajang akan menaruh beberapa daun mistletoe di bawah bantal mereka agar pacarnya dapat melamar dengan cepat. Daun mistletoe adalah daun yang sering digunakan sebagai hiasan pada perayaan Natal.

Membakar Orang-Orangan Sawah di Ekuador

Di Ekuador, setiap malam pergantian tahun ada tradisi membakar orang-orangan sawah. Api digunakan untuk membakar terbuat dari kertas koran dan pisau kayu. Pembakaran ini dilakukan tepat pada tengah malam pukul “00:00” dan dilakukan hampir di setiap rumah.

Mereka percaya jika membakar orang-orangan sawah artinya akan membakar juga semua hal buruk selama setahun terakhir. Orang-orangan sawah juga dipercaya menakuti nasib buruk mereka sehingga tahun mendatang bisa membawa lebih keberuntungan dan kebahagiaan.

Tradisi Malam Tahun Baru Unik

Kesimpulan

Setiap negara di dunia memiliki cara dan tradisi malam tahun baru yang cukup unik atau bahkan aneh dengan kepercayaan masing-masing. Mereka melakukan tradisi ini secara turun-menurun.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format