20 Wisata Papua – Destinasi Liburan Paling Hits dan Indah


848
848 points

Kalau kamu bingung mau pergi liburan kemana, pergi ke Papua mungkin bisa menjadi pilihanmu. Disana, ada banyak pilihan destinasi wisata Papua yang populer selain Raja Ampat lho guys.

20 Destinasi Wisata Papua

Papua memang terkenal memiliki keindahan alam yang mempesona dan wisata baharinya yang beraneka ragam. Ditambah lagi, budaya masyarakat Papua juga masih terjaga alami. Bahkan tidak hanya wisatawan lokal, popularitas wisata Papua juga terkenal hingga ke mancanegara lho!! Nah langsung saja, berikut ini adalah 20 destinasi wisata Papua yang paling hits dan indah versi Taupedia.

1. Kepulauan Raja Ampat

Wisata Papua yang paling populer dan hits pertama yaitu Raja Ampat. Raja Ampat merupakan sebuah kepulauan yang berada di barat pulau Papua yang terdiri dai 4 pulau besar (Waigeo, Misool, Salawati, Batanta) dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Keindahan dan kekayaan alamnya yang masih alami juga menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara.

Kepulauan Raja Ampat

Yang paling menarik di Raja Ampat adalah terumbu karang dan biota lautnya yang beraneka ragam. Bahkan, menurut laporan dari The Nature Conservancy, sebanyak 75% spesies laut dunia ditemukan di perairan Raja Ampat.

Jadi cocok nih buat kamu yang suka snorkeling atau diving. Selain itu, ada banyak souvenir yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh, mulai dari patung suku Asmat sampai alat musik dan kain tradisional.

2. Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Wisata Papua selanjutnya yang tak kalah indahnya yaitu Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Taman Nasional Teluk Cendrawasih memiliki luas 1.453.500 hektar dan hampir 90% berupa perairan. Oleh karena itu, kawasan ini kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia.

Kalau kamu mau diving, kamu juga bisa merasakan sensasi berenang dengan ikan hiu dan paus lho guys. Tentunya dalam pengawasan dan jarak aman tertentu ya. Ditambah lagi, ada 196 jenis moluska dan 209 jen is ikan yang bisa kamu lihat.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih

3. Danau Sentani

Danau Sentani merupakan danau terbesar di Papua yang terletak sekitar 50 km dari pusat kota Jayapura. Selain memiliki keindahan yang luar biasa, kamu bisa melakukan banyak kegiatan mulai dari berenang, memancing, menyantap kuliner di sekitar danau sampai menyewa perahu untuk berkeliling.

Menariknya lagi nih guys, ada acara tahunan yaitu Festival Danau Sentani yang biasa diselenggarakan pada pertengahan Juni. Saat festival, kamu akan disuguhkan berbagai pertunjukan seni dan budaya setempat. Ditambah lagi, wisata kuliner khas Papua juga banyak disajikan.

20 Wisata Papua - Destinasi Liburan Paling Hits dan Indah

4. Danau Paniai

Danau Paniai juga tak kalah indahnya dari Danau Sentani. Danau ini berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut dengan luas 14.500 hektar. Disini, kamu bisa memancing bersama orang-orang suku Mee dan Moni.

Fasilitas yang disediakan di danau Paniai juga cukup lengkap mulai dari pos jaga, pemandu, sewa perahu dan alat pancing, sampai warung makan di sekitar danau.

5. Lembah Baliem

Lembah Baliem merupakan tempat tinggal suku Dani, Tali, dan Lali yang terletak di sekitar Pegunungan Jaya Wijaya. Selain pemandangan alamnya yang menawan, kamu bisa menyaksikan acara tahunan, Festival Lembah Baliem jika berkunjung pada bulan Agustus.

Festival Lembah Baliem ini sebenarnya adalah cara pemerintah untuk menghapus perang antar suku yang sering terjadi dengan mengadakan pertunjukan seni dan budaya selama 3 hari berturut-turut. Di sini, kamu juga bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan suku asli Papua lho guys.

20 Destinasi Wisata Papua

6. Taman Nasional Lorentz

Kalau kamu ingin melihat binatang khas Papua, kamu bisa mengunjungi Taman Nasional Lorentz. Taman nasional ini merupakan salah satu wisata Papua yang menyimpan banyak kekayaan satwa.

Satwa yang ada disana mulai dari kanguru pohon, kuskus, kucing liar, babirusa, walabies, burung cendrawasih, kasuari, beo, burung udang, dan masih banyak lagi. Bahkan, Taman Nasional Lorentz juga sudah diakui dunia dan menjadi salah satu Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1999.

Taman Nasional Lorentz

7. Danau Framu

Danau Framu juga tidak kalah indahnya dengan tempat wisata Papua lainnya. Pasalnya, danau yang berada di Ayamaru, Kabupaten Maybrat, Papua Barat ini memiliki daya tarik sendiri. Airnya yang begitu jernih dan berwarna biru sangat menyegarkan mata. Udaranya yang sejuk dijamin bakal bikin kamu betah berlama-lama.

Danau Framu

8. Pantai Patawana

Pantai Patawana terletak di Desa Kotam, Distrik Fak Fak Timur, Kabupaten Fak Fak, Provinsi Papua Barat. Pantai Pawana memiliki hamparan pasir putih yang luas dan air laut yang berwarna biru jernih.

Pesona keindahan alamnya membuat pantai Patawana menjadi salah satu destinasi wisata Papua yang menarik. Selain itu, kamu juga bisa snorkeling ataupun diving karena pantainya yang bersih dan terumbu karangnya yang indah.

Pantai Patawana

9. Danau Idenberg

Danau ini terletak di pedalaman Papua sekitar Puncak Cartensz. Danau Idenberg berada di ketinggian 4.300 mdpl sehingga tidak ada masyarakat yang menetap.

Untuk menuju danau, kamu harus mendaki sekitar 2 jam baru bisa menikmati keindahan danau yang dikelilingi tebing tinggi. Jika beruntung, kamu juga melihat langsung danau yang berselimutkan salju lho guys.

10. Danau Habema

Danau Habema atau yang disebut juga danau di atas awan terletak di ketinggian 3.225 mdpl. Letaknya tepat di kaki Gunung Trikora yang berada dalam kompleks Pegunungan Jayawijaya.

Untuk sampai ke danau Habema, kamu membutuhkan kendaraan roda empat khusus. Tapi tenang aja nih guys, perjuangan untuk mencapai danau tidak akan sia-sia karena akan terbayar dengan pemandangan yang begitu indah dan megah.

Danau Habema

11. Teluk Triton

Teluk ini berada di kabupaten Kaimana, Papua. Dengan rentetan pulau kecil berbatu yang indah dan air sangat jernih, teluk Triton wajib masuk daftar tempat yang harus kamu kunjungi.

Pada senja hari, biasanya banyak wisatawan yang sengaja datang untuk melihat ataupun mengambil foto sunset. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan sekitar 900-an spesies ikan laut dan 400-an jenis terumbu karang.

20 Wisata Papua - Destinasi Liburan Paling Hits dan Indah

12. Pantai Bosnik

Wisata Papua yang tak kalah indahnya yaitu pantai Bosnik yang berada di desa Woniki, Biak Timur, Papua. Selain keindahan pantai yang luar biasa, wisata bawah lautnya tak kalah mempesona. Kamu bisa menyewa saung dengan harga 50.000 Rupiah dan menikmati es kelapa muda segar juga kuliner setempat.

Pantai Bosnik

13. Desa Wisata Sauwandarek

Desa Wisata Sauwandarek sebenarnya masih berada di kawasan Kabupaten Raja Ampat, tepatnya di Meos Mansar. Di sini, kamu bisa melihat rumah tradisional yang terbuat dari kayu dan beratapkan jerami serta berinteraksi langsung dengan suku asli. Ditambah lagi, kamu bisa menyelam dan snorkeling ke telaga air asin bernama Telaga Yenauwyau.

Desa Wisata Sauwandarek

14. Pantai Amai

Pantai Amai cocok buat kamu yang suka ketenangan. Walaupun sepi, bukan berarti pantai Amai tidak menarik. Di ujung pantai, kamu akan melihat muara sungai yang membuat air asin dan air tawar bertemu. Selain berenang, kamu juga bisa bermain voli pantai, menyelam, snorkeling atau bersantai di gazebo yang bisa disewakan.

15. Pulau Rumberpon

Pulau Rumberpon memiliki pantai yang disebut dengan Pantai Pasir Panjang karena garis pantainya mencapai 6 km. Selain pemandangan yang masih asri, kamu bisa melakukan banyak kegiatan mulai dari menyelam, snorkeling, berenang, dan memancing.

Pulau Rumberpon

16. Situs Purbakala Tapurarang

Selain wisata alam, ada juga situs purbakala yang wajib kamu kunjungi. Situs purbakala Tapurarang terletak di Kabupaten Fakfak. Situs ini berupa lukisan telapak tangan manusia dan binatang pada tebing bebatuan terjal yang telah berumur ratusan tahun.

Dalam lukisan, ada warna merah yang mirip warna darah manusia. Itulah sebabnya masyarakat setempat menyebutnya sebagai lukisan cap tangan darah.

Situs Purbakala Tapurarang

17. Air Terjun Bihewa

Wisata Papua tidak hanya didominasi danau atau pegunungan, ada juga air terjun yang indah seperti Air Terjun Bihewa. Air terjun ini terletak di kabupaten Nabire.

Untuk sampai ke lokasi, kamu harus melakukan sedikit trekking. Sepanjang trekking, kamu juga akan dimanjakan pemandangan pepohonan besar yang rindang.

Air Terjun Bihewa

18. Pantai Samber

Pantai Samber merupakan pantai di Pulau Biak. Pulau Biak sendiri dikelilingi pantai-pantai indah dengan berbagai spesies terumbu karang. Kamu juga akan disuguhi pemandangan menakjubkan dengan deretan pepohonan hijau di atas bukit. Ditambah lagi air lautnya yang jernih.

Pantai Samber

19. Kepulauan Padaido

Kepulauan Padaido terdiri dari sekitar 20-an pulau. Wilayah ini sebenarnya pusat rehabilitasi terumbu karang. Jadi tak heran jika Padaido menjadi surga pecinta diving.

Di kepulauan ini, hampir ada 100-an spesies koral yang amat sangat terjaga. Jika bermalam, pastikan kamu bangun pagi sekali untuk menonton aktivitas lumba-lumba di laut lepas ya guys.

20 Wisata Papua - Destinasi Liburan Paling Hits dan Indah

20. Pegunungan Arfak

Wisata Papua pegunungan Arfak memang tidak seterkenal destinasi wisata di atas. Tapi keindahan alam yang dimiliki wajib masuk daftar liburanmu lho guys. Disini, kamu bisa santai menikmati pemandangan alam yang hijau dan juga ada 2 danau indah yaitu Danau Anggi Gida dan Danau Anggi Giji.

20 Wisata Papua - Destinasi Liburan Paling Hits dan Indah

0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format