Hal Tak Terduga Bisa Menular


Kalau kalian mendengar kata menular, pasti banyak yang langsung berfikir tentang penyakit kan? Walaupun kata menular lebih banyak digunakan dalam konteks negatif, nyatanya ada banyak hal tak terduga lainnya yang ternyata juga menular dan tidak selalu berbahaya.

9 Hal Tak Terduga - Ternyata Bisa Menular ke Orang Lain

9 Hal Tak Terduga Yang Menular

Nah langsung saja nih guys, berikut ini adalah 9 hal tak terduga ternyata menular ke orang lain versi Taupedia.

Kebahagiaan

Kalian pasti pernah ikut merasa bahagia kan ketika melihat kebahagiaan orang lain? Ternyata, dari sebuah studi yang dilakukan terhadap 5 ribu koresponden oleh peneliti dari Harvard dan University of California, menunjukkan kalau kebahagiaan ternyata bersifat menular.

Saat kamu merasa senang, seorang teman atau tetangga yang berada dalam radius 1 km pun memiliki kecenderungan untuk merasa bahagia juga sebesar 25 dan 34 persen lho guys.

Kesepian

Selain kebahagiaan, hal tak terduga lainnya yang juga menular adalah rasa kesepian. Menurut sebuah studi di Journal of Personality and Social Psychology, ketika seseorang mulai merasa kesepian maka orang lain yang berada dalam kelompok sosial sama lama-lama juga akan merasakan kesepian juga.

Para peneliti juga meyakini kalau suatu kelompok cenderung akan mengasingkan orang yang mengalami kesepian, sehingga kelompok mereka tidak ikut terpengaruh dan tetap stabil.

9 Hal Tak Terduga - Ternyata Bisa Menular ke Orang Lain

Perceraian

Kalian pasti tidak menyangka kalau perceraian ternyata bisa menular kan guys? Sebuah riset tahun 2013 di Journal Social Forces menemukan kalau orang-orang yang berada dalam lingkungan perceraian memiliki kecenderungan sebesar 75 persen untuk ikut bercerai.

Saat seorang teman bercerai, maka pasangan menikah lainnya juga memiliki kemungkinan untuk bercerai sebesar 33  persen. Selain itu, dari penelitian juga mengungkapkan kalau orang yang sudah menikah dan memiliki banyak teman memiliki kemungkinan lebih kecil untuk berpisah.

Berhenti Merokok

Berhenti merokok ternyata bisa menular lho guys. Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Harvard dan University of California juga menemukan kalau berhenti merokok ternyata bisa menular ke orang lain. Ketika seseorang berhenti merokok, maka teman terdekat dan anggota keluarga juga akan cenderung ikut berhenti merokok dengan kemungkinan sebesar 36 persen.

Keinginan Hal-Hal Baru

Kalian pasti pernah mengalami kalau tiba-tiba ingin ikut membeli barang serupa dengan apa yang temanmu beli kan? Ternyata hal ini bukan kebetulan lho guy. Dari sebuah studi tahun 2012 yang dipublikasikan di Journal of Neuroscience menyatakan, kalau seseorang akan menilai suatu barang lebih tinggi ketika orang lain juga menginginkan hal serupa.

9 Hal Tak Terduga - Ternyata Bisa Menular ke Orang Lain

Turun Berat Badan

Kalau berat badan turun juga menular, pasti banyak yang mau kan? Ternyata nih guys, dari sebuah penelitian tentang Obesitas atau kegemukan menemukan, saat seseorang memulai program penurunan berat badan maka pasangan mereka juga ikut mengalami penurunan berat badan.

Pikiran Negatif

Pikiran negatif ternyata juga bisa menular. Menurut sebuah penelitian dari University of Notre Dame memperlihatkan, kalau mahasiswa baru yang dipasangkan dengan teman sekamar secara acak maka memiliki kecenderungan cukup tinggi mengenai gaya berpikir negatif hanya dalam waktu 3 bulan. Kalian mungkin juga pernah merasa sering terbawa berfikir negatif oleh lingkungan sekeliling kalian kan?

Stress

Selain pikiran negatif, stress juga bisa menular. Otak kita sebenarnya bisa mendeteksi stres pada orang lain melalui beberapa hal seperti semakin cepatnya napas seseorang.

Heidi Hanna, seorang Executive Coach dan penulis Stressaholic mengatakan kalau hal tersebut juga bisa memicu produksi hormon stres. Jadi kalau kalian merasa stres, lebih baik istirahat sejenak untuk menenangkan diri. Hal ini tak hanya baik untuk diri kalian sendiri, tapi juga baik untuk orang-orang di sekitarmu.

Gatal

Hal tak terduga yang menular terakhir yaitu rasa gatal. Kamu mungkin pernah melihat orang menggaruk karena gatal, lalu kamu jadi ikut merasa kan gatalnya. Ternyata, dari sebuah studi di Journal Science menemukan kalau tikus akan menggaruk badan mereka saat melihat tikus lainnya gatal dan menggaruknya. Tidak hanya dibinatang, hal ini juga bisa terjadi pada sesama manusia.

Kesimpulan

Nah itulah 9 hal tak terduga yang ternyata menular ke orang lain versi Taupedia. Ternyata, selain penyakit yang bisa menular ada hal lain yang bisa menular. Tapi lebih baik, kita menularkan hal yang positif dan mambahagiakan kan guys?


1719
4k shares, 1719 points

Comments

comments