Alasan Cak Nun Hina Datang Ke Istana Presiden


Pernyataan dari Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun yang mengatakan bahwa Cak Nun hina datang ke istana presiden menjadi viral. Sebagai tokoh yang dicintai ribuan umat lintas agama, segala pernyataan Cak Nun memang sangat dinantikan. Selain sering menggelitik, beliau memang sangat kritis tapi jenaka.

Mungkin sudah jadi budaya kalau orang Indonesia suka meributkan hal sepele dan menyepelekan hal yang substansial. Cak Nun yang sudah jelas sangat membumi, apa adanya, dan tidak mengharapkan apa-apa saja masih ada orang yang menggangu dan mau melaporkannya ke polisi.  

Alasan Cak Nun Hina Datang Ke Istana Presiden

Alasan Cak Nun Hina Datang Ke Istana

Biar kita tidak ikut salah paham dan ikut saling menyalahkan, lebih baik ketahui dulu alasan cak nun tidak mau diundang ke istana presiden. Nah langsung aja, berikut ini adalah alasan Cak Nun hina datang ke istana presiden versi taupedia.

Rakyat Yang Berhak Memanggil Presiden

Pernyataan Cak Nun yang viral berasal dari sebuah video acara Mata Najwa yang diberi judul Cak Nun: Antara KPK dan Teror. Cak Nun awalnya berbicara soal kasus yang menimpa Novel, kemudian beliau  berbicara kalau dirinya selalu konsisten melakukan sesuatu termasuk enggan dipanggil ke istana.

Dalam video tersebut, cak nun berkata “Saya melakukan segala sesuatu tidak pernah sehari. Kalau saya melakukan A, saya lakukan sampai sekarang umur 60. Sampai sekarang kalau saya bilang, “Hei, saya tidak bisa dipanggil Presiden, aku yang berhak memanggil Presiden, karena aku rakyat.” Itu saya lakukan, dan saya tidak pernah mau dipanggil ke Istana, dan saya tidak bangsa sama sekali. Hina kalau saya ke Istana”.

Dari potongan kalimat ini, kita jangan gampang salah paham. Mbah Nun sendiri bukannya mau sombong karena beliau tidak menyebut nama presiden yang dimaksud jadi pendukung capres manapun dan jangan gampang tersinggung ya. Dari kalimatnya kita bisa tahu keteguhan hatinya. Cak Nun juga tidak tertarik politik dan selalu konsisten dalam melakukan seuatu hal.

Alasan Cak Nun Hina Datang Ke Istana Presiden

Tuhan Yang Tidak Mempertemukan Cak Nun Dengan Semuanya

Dari pernyataan Cak Nun kemarin, banyak pendukung masing-masing kubu tidak terima dengan sikapnya terutama pendukung Jokowi. Padahal Cak Nun sudah menghormati undangan ke istana dan mengiyakan semua permintaan untuk bertemu baik itu pagi siang atau malam. Tapi nyatanya, tidak ada yang dipertemukan dengan Cak Nun oleh Tuhan.

Dalam video Cak Nun mengatakan, “Kalau sudah melamar, namanya tamu harus kita hormati. Tapi saya bilang “Tuhan, kalau memang nggak baik nggak usah datang, gimana caranya. Sampeyan kan tahu segala macam, punya cara banyak sekali lah. Kalau memang nggak baik nggak usah ditemui.” Akhirnya nggak ketemu semua”.

Dari kalimat Cak Nun kita tahu, beliau sudah menghormati undangan tersebut tapi beliau mempasrahkan pada Sang Kuasa kalau bukan untuk hal yg baik tidak dipertemukan dan hal tersebut benar-benar terjadi.

Tenaga Ahli Kedeputian IV KSP Ali Mochtar Ngabalin selaku salah satu perwakilan istana juga mendinginkan situasi tersebut. Dia menegaskan tidak ada paksaan bagi tamu undangan, semisal Cak Nun menolak jika diundang Presiden Jokowi. Namanya saja diundang jadi kalau ada halangan tidak bisa datang seharusnya dimaklumi   bukannya berniat dilaporkan ke polisi.

Alasan Cak Nun Hina Datang Ke Istana Presiden

Pendukung Jokowi Ancam Polisikan Cak Nun

Karena ucapan Cak Nun tersebut, para buzzer Jokowi meradang. Bahkan, loyalis Joko Widodo bernama Yusuf Muhammad meminta Cak Nun untuk sujud dan mencium tangan Jokowi. Melalui cuitannya di akun teitter probadinya @yusuf_dumdum dia menuliskan

“Astagfirullah kaget saya meihat video ini. Maaf mulai detik ini hilang sudah respek saya sama Anda. Keculi Anda mau sujud dan cium tangan, untuk meminta maaf pada orang yang telah Anda jadikan bahan ketawaan serta hinaan. Sekali lagi maaf”.

Pendukung Jokowi Ancam

Tak hanya itu, Ketua Front Pembela Jokowi (FPJ) Sulistiono Kumbokarno dikabarkan juga akan melaporkan Cak Nun ke polisi atas tuduhan menghina dan melecehkan kepala negara Presiden Jokowi.

Pendukung Jokowi Ancam Polisikan Cak Nun

Menolak Karena Tidak Punya Fungsi dan Pengaruh Apa-Apa Untuk Negara

Adanya berita viral ini, Cak Nun merespon setelah dihubunggi pada hari minggu 12 mei 2019. Beliau mengatakan, “Wong saya nggak punya fungsi apa-apa, nggak punya pengaruh apa-apa, cuma itu. Ngapain juga ribut tentang saya, seolah-olah saya ini penting? Sama sekali saya tidak penting, berpengaruh, dan tidak berperan.”

Padahal sudah jelas kalau Cak Nun sangat membumi dan merendahkan diri. Di Indonesia tidak banyak prang yang mau merendahkan dirinya sendiri seperti beliau.

Alasan Cak Nun Hina Datang Ke Istana Presiden

Kesimpulan

Itulah alasan Cak Nun hina datang ke istana Presiden versi taupedia. Di Indonesia, banyak sekali hal yang sepele dipermasalahkan dan hal penting disepelekan. Semua orang haus ketenaran, haus kekuasaan, dan mempunyai hobi saling sikut menjatuhkan. Nah kita sebagai rakyat biasa, jangan mudah terprovokasi ya oleh berita apapun dan lebih baik jadi masyarakat yang kritis.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format