9 Alasan Mengapa Negara Jepang Bisa Maju Dari Indonesia


Ada banyak alasan mengapa negara Jepang bisa maju dari negara lain bahkan Indonesia. Negara Jepang memang terkenal dengan kemajuan teknologi, beragam budaya, dan pendidikannya yang luar biasa. Gaya hidup masyarakatnya berpadu dengan seimbang antara nilai-nilai tradisioanl dan modern. Bahkan Negara jepang dinilai jauh lebih maju dari negara lainnya di dunia jika dilihat dari berbagai aspek kehidupan lho.

Alasan Mengapa Negara Jepang Bisa Maju

Nah langusng aja nih guys, berikut ini adalah 9 alasan mengapa negara Jepang bisa maju dari Indonesia versi taupedia.

Merasa Malu Saat Tidak Berprestasi

Masyarakat Jepang memiliki rasa malu yang lebih jika tidak berprestasi. Apalagi kalau pejabat negara yang ketahuan korupsi. Mungkin banyak dari kalian tau istilah hara-kiri. Hara-kiri adalah bunuh diri dalam budaya lama Jepang dengan cara menusukkan pisau ke perut yang dilakukan oleh seseorang jika terbukti melakukan kesalahan berat atau gagal dalam melakukan tugasnya.

Alasan Mengapa Negara Jepang Bisa Maju

Nah karena budaya rasa malu mereka yang besar, maka saat seorang pejabat di Jepang ketahuan korupsi, dia akan dengan sadar mengundurkan diri karena rasa malu. Coba bandingkan dengan negara kita, di Indonesia jika para koruptor tertangkap KPK mereka malah senyam-senyum tanpa rasa malu dan bersalah. Mungkin bagi mereka, korupsi itu adalah hal sepele dan salah satu jalan menuju kekuasaan dan ketenaran.

Sangat Disiplin Sampai Hal Terkecil

Orang Jepang sudah terbiasa hidup sangat displin sampai hal-hal kecil seperti mengantri. Pendidikan disana juga selalu melakukan penanaman atau pendidikan karakter sejak masih kecil. Hebatnya lagi, sejak SD sampai kelas 3, pendidikan Jepang fokus mengajarkan etika agar setiap anak punya sopan santun dan bisa hidup selaras dengan orang lain.

Berbeda dengan negara kita, di Indonesia sendiri kedisplinan adalah hal yang berlaku selama ada petugasnya saja. Buktinya, sampai sekarang masih banyak orang menyerobot tidak mau mengantri atau tetap melanggar lalu lintas kalau tidak ada Potlantas.

Alasan Mengapa Negara Jepang Bisa Maju

Sangat Jauh Dari Gaya Hidup Konsumerisme

Walaupun negara Jepang adalah penghasil barang elektronik canggih, tapi masyarakatnya justru sangat jauh dari gaya hidup konsumerisme (pemakaian barang-barang hasil produksi secara berlebihan).

Mereka pandai memilah barang yang benar-benar harus dibeli dan sangat hemat. Berbanding terbalik dengan masyarakat Indonesia, jika ada produk elektronik baru, maka kebanyakan orang akan langsung buru-buru membeli.

Alasan Mengapa Negara Jepang Bisa Maju

Orang Jepang Melindungi Hasil Negerinya Dengan Menghargai Petani Lokal

Untuk membentengi negaranya dari monopoli barang asing seperti impor beras, pemerintah Jepang lebih memilih membantu para petani agar bisa menjual produk lokalnya dengan harga murah. Pemerintah disana membatasi impor beras luar agar beras lokal tetap diminati lho guys.

Sementara di Indonesia, penghargaan terhadap barang lokal termasuk sangat lemah. Contohnya saja banyak sekali beras impor beredar di pasaran. Padahal Indonesia terkenal sebagai negara dengan hasil bumi yg melimpah.

Orang Jepang Melindungi Hasil Negerinya Dengan Menghargai Petani Lokal

Kesadaran Tinggi Menjaga Kebersihan Bersama

Walaupun di Jepang tidak ada semboyan “Kebersihan adalah sebagian dari iman”, masyarakatnya sangat peduli dengan kebersihan lingkungan sehingga negaranya benar-benar bersih. Negara kita yang justru punya semboyan tersebut, malah masih banyak orang yang seenaknya membuang sampah sembarangan.

Kesadaran Tinggi Menjaga Kebersihan Bersama

Petugas Kebersihan Digaji Sangat Besar

Petugas kebersihan seperti penyapu jalan atau pengumpul sampah di Jepang digaji sekitar 50-80 juta per bulannya. Mereka ternyata lebih menghargai orang-orang yang menjaga lingkungan. Kalau di Indonesia, pahlawan-pahlawan kebersihan masih kurang diperhatikan kesejahterannya.

Petugas Kebersihan Digaji Sangat Besar

Akan Memanfaatkan Waktu Untuk Hal Yang Bermutu

Masyarakat Jepang biasanya akan memanfaatkan waktu yang sempit untuk hal-hal bermutu seperti membaca buku. Kalau orang Indonesia, mungkin lebih banyak yang memanfaatkan waktu senggangnya untuk baca status social media seperti Facebook, Path, Twitter, Instagram atau lainnya kan?

Petugas Kebersihan Digaji Sangat Besar

Bagi Orang Jepang Waktu Adalah Uang

Bagi orang Jepang setiap detiknya sangat berharga. Sehingga mereka sangat menyayangkan jika hanya membuang-buang waktu tidak berguna. Bahkan negara Jepang tercatat sebagai negara yang memiliki keterlambatan hanya tujuh detik setiap tahunnya lho guys. Kalau di Indonesia sendiri, bilangnya sih OTW atau lagi dijalan tapi kenyataanya ya sebaliknya.

Alasan Mengapa Negara Jepang Bisa Maju Daripada Indonesia

Pendidikan Adalah Aset Utama

Pendidikan sangatlah penting di Jepang. Bahkan seorang guru di Jepang pernah ditanya, “Apa arti siswa bagi Anda?”, jawabannya adalah “Siswa-siswa ini adalah masa depan Jepang”. Oleh karena itu mendapatkan pendidikan yang layak adalah hal mutlak bagi orang disana. Kalau di Indonesia, walaupun pemerintah sudah berusaha membenahinya pendidikan, tapi sampai sekarang masih belum merata.

Alasan Mengapa Negara Jepang Bisa Maju Daripada Indonesia

Kesimpulan

Itulah 9 alasan mengapa Negara Jepang bisa maju daripada Indonesia versi taupedia. Ada banyak gaya hidup masyarakat Jepang yang patut kita tiru. Gaya hidup mereka yang terlihat sepele inilah yang membuat mereka bisa maju seperti sekarang ini. Tidak ada salahnya kita mencoba menerapkan gaya hidup mereka jika untuk kebaikan.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format