Apakah Perlu Adanya Gerakan People Power?


Wacana people power selama masa pemilu 2019 cukup menyita perhatian publik. Tokoh reformasi sekaligus tim kemenangan paslon 02, Amien Rais yang pertama kali menggunakan istilah people power ini. Dalam pandangan Amien Rais, pemilu 2019 telah terjadi kecurangan akut yang merugikan kandidatnya Prabowo-Sandi. Sehingga perlunya gerakan people power atau gerakan rakyat melawan penguasa yang curang.

Perlu Adanya Gerakan People Power

Perlu Tidaknya Gerakan People Power

Tapi apakah gerakan people power itu diperlukan? Bukankah akan menimbulkan banyak konflik dan kekerasan? Nah langsung aja nih guys, berikut ini adalah perlu tidaknya gerakan people power dan dampaknya versi taupedia.

Puncak Gerakan People Power

Banyak pihak yang mengatakan kalau seruan people power hanyalah upaya gertakan yang tidak perlu diserukan karena bisa memecah belah bangsa. Tapi jika hal ini tetap terjadi, tentu menimbulkan kekacaun dimana-mana. Sedangkan puncak gerakan people power dilakukan pada hari pengumuman pemenang pemilu oleh KPU, pada tanggal 22 Mei 2019.

Masa pendukung Prabowo-Sandi berbondong-bondong datang dengan berbagai alat peraga, baliho atau peralatan lainnya sebagai simbol persatuan capres 02. Tindakan protes bersama ini tentu menimbulkan kekacauan bahkan tindakan anarkis karena kecewa dengan hasil pemilu.

Perlu Adanya Gerakan People Power

Terjadinya Perang Antar Rakyat

Jika mendengar kata people power tentu hal yang dipikiran kita pertama kali muncul adalah demo besar-besaran. Menurut Amien Rais, people power yang dia maksud adalah bentuk jeritan rakyat bila terjadi kecurangan dalam Pemilu.

Amien mengatakan people power akan digunakan jika benar terjadinya kecurangan dalam pemilu, bukan bermaksud membuat anak bangsa berkelahi. Dia memilih menggerakkan people power ketimbang menggugat hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi karena sudah tidak percaya dengan MK.

Tapi apakah gerakan people power itu benar-benar diperlukan? Dan dengan berkumpulnya masa nanti apakah menjamin tidak akan ada kekerasan atau aksi anarkis menolak hasil pemilu? Tentunya, masa yang turun kejalan dengan emosi meluap, kemarahan, dan kekecewaan sudah pasti memicu tindakan kekerasan.

Massa sebanyak itu sebenarnya tak perlu dikompor-kompori untuk bertindak anarkis. Mereka hanya butuh sedikit pemicu dan seketika kemarahan massa tidak akan mampu dibendung lagi. Bisa dibayangkan kan guys hebohnya gerakan people power ini.

Perlu Adanya Gerakan People Power

Ulama Vs Ulama

Selain sesama masyarakat pendukung paslon yang berseteru, para ulama pendukung masing-masing kubu juga sama. Di Indonesia, ulama yang terjun ke dunia politik sudah menjadi budaya dan hal yang lumrah.

Dengan panasnya pilpres 2019 ini, dikhawatirkan terjadinya perang ulama melawan sesama ulama. Ulama yang satu mengajak perang dan ulama yang satunya lagi mengajak damai. Padahal, sebagai ulama sudah sepatutnya berkerjasama bukan berpolitik.

Bayangkan saja jika para ulama saling berseteru, tentu para pengikutnya akan ikut berseteru saling menjatuhkan, saling menyalahkan, dan bisa menimbulkan kekacauan serta perpecahan.   

Timbulnya wacana people power, sudah banyak tokoh agama, kalangan elite Ormas Islam, Ulama, Habib, dan Cendikiawan Muslim se-DKI Jakarta menolak ide Amien Rais dan menolak aksi intervensi apapun terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Terutama menjelang pengumuman hasil penghitungan suara resmi pemilihan presiden (Pilpres) 22 Mei. Semoga saja apapun keputusan KPU, tidak akan memecah belah bangsa.

Perlu Adanya Gerakan People Power

Kesimpulan 

Itulah alasan perlu tidaknya people power dan dampaknya versi taupedia. Jika dilihat dari konteks ide people power yang muncul selama pesta demokrasi 2019, people power bisa diartikan merupakan alat untuk melegitimasi hasil pemilu melalui kekuatan massa.

People power sudah tidak lagi tunduk kepada hukum yang berlaku dan akumulasi dari kekecewaan kelompok atas hasil pemilu. Nah kita sebagai rakyat biasa, tidak perlu ikut-ikutan melakukan tindakan yang merugikan orang lain ya.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format