5 Aplikasi Dan Website Untuk Cek Rekam Jejak Caleg


841
841 points

Sebentar lagi pada tanggal 17 April 2019, pemilihan umum calon Legislatif (Pileg) dan calon Presiden akan dilaksanakan. Pihak KPU juga telah mensosialisasikan rekam jejak para caleg. Selain mendapat informasi tentang para calon dari situs web KPU atau lewat debat di televisi, ternyata  ada aplikasi yang menginformasikan rekam jejak caleg lho guys. 

Aplikasi Dan Website Rekam Jejak Caleg

Dari aplikasi aplikasi ini kamu bisa melihat profil caleg, program caleg, bahkan keterkaitan caleg dengan kasus korupsi. Nah langsung aja nih guys, berikut 5 aplikasi dan website untuk cek rekamjejak caleg versi taupedia.

Aplikasi Dan Website Rekam Jejak Caleg

KPU RI Pemilu 2019

Aplikasi ini dibuat oleh KPU untuk menyajikan berbagai informasi mengenai pemilu di Indonesia. Lewat app ini kamu bisa tau data tentang partai politik (parpol), calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), daerah pemilihan, hingga calon legislatif (caleg) atau calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Aplikasi Dan Website Rekam Jejak Caleg

RekamJejak

Aplikasi rekamjejak dikembangkan olen Indonesia Corruption Watch (ICW). Aplikasi RekamJejak lebih fokus menginformasikan rekam jejak para caleg DPR tahun 2019-2024, khususnya mengenai sikap dan keterlibatannya pada isu korupsi. Aplikasi ini juga memuat informasi berdasarkan data yang akurat.

Mengetahui kinerja dan rekamjejak para calon legislatif petahan sangat penting karena saat ini belum ada kanal informasi yang focus menginformasikan rekam jejak anggota dewan. Dan tentunya membantu para pemilih agar tidak hanya terbuai dengan citra dan janji kampanye saja sebagai bahan pertimbangan.

RekamJejak

Pintarmemilih.id

Platform atau website pintarmemilih.id dikelola oleh Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) yang bekerja sama dengan Bawaslu dan KPU. Platform ini menyediakan informasi tentang proses dan tahapan pemilu 2019.

Kalian bisa mendapatkan informasi mengenai cara memilih, data para caleg (pilpres/caleg/calon DPD), partai politik, jadwal pemilu, hingga melaporkan ujaran kebencian dan disinformasi ke Bawaslu.

Khusus untuk Informasi caleg, capres, cawapres, dan parpol, pintarmemilih menyediakan informasi tentnag biodata diri, visi misi, status khusus (riwayat terpidana atau bukan), akun media sosial hingga dana kampanyenya.

Pintarmemilih.id

Infocaleg 2019

Keunggulan Aplikasi infocaleg 2019 dibandingkan dengan aplikasi lainnya adalah akses yang lebih mudah. Dalam aplikasi ini, data para caleg telah dikategorikan perdaerah pemilihan dan dapat langsung diakses tanpa perlu mengunduh terlebih dahulu.

Aplikasi Infocaleg 2019 juga menyajikan informasi tambahan pada masing-masing caleg tentang rekam jejak yang pernah dipublikasikan di media massa misalnya tentang prestasi caleg yang bersangkutan ataupun catatan kasus korupsi.

Cek Rekam Jejak Caleg

Calegpedia.id

Aplikasi calegpedia ini dikembangkan oleh Para Syndicate. Saat membuka app ini, otomatis langsung mendeteksi lokasi pemilih  dari Global Positioning System (GPS). Tapi Kamu juga bisa mencari lokasi atau caleg secara manual. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur voting yang digelar oleh Para Syndicate.

Cek Rekam Jejak Caleg

Kesimpulan

Itulah 5 aplikasi dan website untuk cek rekam jejak caleg versi taupedia. Sebagai pemilih. kita harus cerdas dan tau secara detail rekam jejak dari setiap calon legislatif. Hal ini penting dilakukan untuk pertimbangan agar kita tidak hanya terbuai dengan citra dan janji kampanye saja.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format