Arti 9 Istilah Dalam Debat Capres Kedua 2019


835
835 points

Debat calon presiden telah dilaksanakan pada hari  Minggu (17/02/2019) lalu. Debat kemarin menyisakan banyak pertanyaan karena ada beberapa istilah dalam debat capres yang tidak begitu familiar ditelinga masyarakat Indonesia.

9 Istilah Dalam Debat Capres

Nah langsung aja nih guys, berikut ini adalah arti 9 istilah dalam debat capres kedua 2019 versi taupedia.

Arti 9 Istilah Dalam Debat Capres Kedua 2019

Unicorn

Presiden Jokowi sempat menyebutkan istilah Unicorn. Unicorn sendiri adalah sebutan untuk perusahaan rintisan (startup) swasta yang nilai kapitalisasinya lebih dari 1 miliar dollar AS atau lebih dari 14.1 triliun. Dan ternyata empat dari tujuh unicorn di ASEAN berasal dari Indonesia yaitu Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak.

Arti 9 Istilah Dalam Debat Capres Kedua 2019

Revolusi Industri 4.0

Revolusi industri 4.0 adalah tren di dunia industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. Menurut Wikipedia, industri 4.0 merupakan nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Dalam hal ini, industri 4.0 akan menghasilkan “pabrik cerdas”.

Revolusi Industri 4.0

Internet of Things (IoT)

Istilah internet of things disebut oleh kedua calon presiden kemarin. Kalian mungkin sudah sering mendengar ya istilah ini. Internet of Things sendiri adalah teknologi yang memungkinkan benda-benda di sekitar kita terhubung dengan jaringan internet dan serba otomatis.

Internet of Things (IoT)

Robotik

Capres Prabowo Subianto sempat mengatakan perkembangan industri 4.0 dengan Artificial Intelegence, hingga robotik yang bisa berdampak pada sumber daya manusia.

Istilah robotik ini diartikan sebagai salah satu cabang teknik dan sains yang mencakup teknik mesin, teknik elektronik, tenik informatika, ilmu komputer, dan sebagainya. Teknologi ini digunakan untuk mengembangkan mesin yang bisa menggantikan kerja manusia dengan mereplika tindakan manusia.

Robotik

Big Data

Big Data merupakan salah satu istilah dalam dunia teknologi untuk korporasi yang menanjak popularitasnya. Istilah Big Data mengacu pada data dalam jumlah sangat besar dan rumit dan tidak bisa diproses secara “tradisional”.

Istilah Dalam Debat Capres

Broadband

Mungkin kalian sudah sering mendengar istilah Broadband, tapi masih banyak orang yang belum memahami artinya. Broadband adalah sebuah istilah untuk merujuk jangkauan frekuensi luas yang digunakan untuk transmisi (kirim dan menerima) data.

Broadband

Hak Ulayat

Istilah Hak Ulayat mungkin masih asing bagi publik. Menurut Boedi Harsono Hak Ulayat merupakan serangkaian wewenang dan kewajiban suatu masyarakat hukum adat yang berhubungan dengan tanah yang terletak dalam lingkungan wilayahnya.

Hak Ulayat

Perhutanan Sosial

Capres Jokowi juga sempat menyebut tentang Perhutanan Sosial yang sudah mencapai 2,6 juta hektare (ha). Perhutanan sosial yang dimaksud adalah kawasan hutan yang dikelola masyarakat setempat untuk meningkatkan kesejahteraannya, keseimbangan lingkungan, dan dinamika sosial budaya.

Perhutanan Sosial

Biofuel

Biofuel adalah semua bahan bakar baik berbentuk padatan, cairan, ataupun gas yang terbuat dari bahan-bahan organik seperti minyak nabati, tumbuh-tumbuhan, atau kotoran hewan, dan manusia.

Arti 9 Istilah Dalam Debat Capres

Kesimpulan

Itulah arti 9 istilah dalam debat capres kedua 2019 versi taupedia. Sebelum memilih calon pemimpin negara, alangkah baiknya kita lebih memahami visi dan misi dari calon kedua pasangan yang disampaikan lewat debat karean pilihan kitalah yang menentukan masa depan Indonesia.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format