9 Barang Yang Sebaiknya Jangan Dipinjamkan Ke Orang Lain


847
847 points

Salah satu budaya orang Indonesia adalah senang berbagi. Namun tidak semua barang itu aman dibagikan ya. Ada beberapa barang yang sebaiknya jangan dipinjamkan ke orang lain, karena meminjamkan barang pribadi bisa berisiko menularkan berbagai penyakit yang mungkin gejalanya belum tampak.

Barang Yang Sebaiknya Jangan Dipinjamkan

Jadi pertimbangkan kembali kalau kalian sering berbagi pakaian, alat make up, atau lainnya. Nah Langsung aja nih guys, berikut 9 barang yang sebaiknya jangan dipinjamkan ke orang lain versi taupedia.

Barang Yang Sebaiknya Jangan Dipinjamkan Ke Orang Lain

Alat Makeup

Infeksi mata bisa menular dengan mudah melalui alat makeup yang digunakan secara bergantian seperti mascara, eyeliner, dan eyeshadow. Bahkan kebiasaan yang terlihat sederhana seperti meminjamkan pelembap bibir ternyata bisa meningkatkan risiko tertularnya penyakit herpes labialis. Hal ini dikarena bakteri dari permukaan bibir bisa masuk ke aliran darah.

Barang Yang Sebaiknya Jangan Dipinjamkan Ke Orang Lain

Sisir

Mungkin kita sering berbagi jika memakai sisir. Tapi alangkah baiknya jangan meminjamkan sisir ke orang lain ya. Hal ini bisa meningkatkan risiko penyebaran parasit seperti kutu, kudis bahkan infeksi. Jika berbagi sisir, segera bersihkan dengan sabun, tisu basah atau alkohol.

Sisir

Spons Mandi

Umumnya spons mandi tidak pernah benar-benar kering karena sering digunakan dan diletakan di tempat yang lembap. Oleh karena itu, spons yg lembab bisa menjadi sarang kuman bahkan perkembangan bakteri. Setelah mandi lebih baik keringkan spons secara menyeluruh dan jangan meminjamkannya kepada siapa pun.

Spons Mandi

Earphone

Penggunaan earphone bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri di telinga. Apalagi jika kita meminjamkan ke orang lain, maka akan meningkatkan risiko tertular bakteri penyebab infeksi telinga. Jika kalian masih ingin berbagi earphone dengan seseorang atau meminjamnya, bersihkan earphone dengan kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol.

Earphone

Handuk

Handuk adalah tempat berkembang biaknya kuman. Apalagi jika digantung di kamar mandi yang lembap. Oleh karena itu, handuk tidak boleh dipinjamkan ke orang lain. Jika handuk berbau apek, berarti ada perkembangan jamur dan bakteri yang bisa menyebabkan ruam dan jerawat.

Barang Yang Sebaiknya Jangan Dipinjamkan

Gunting Kuku

Mungkin kita tidak bisa melihat, tetapi ada banyak bakteri, virus, dan mikroorganisme jamur pada jari dan kuku manusia. Oleh sebab itu, gunting kuku bisa menjadi salah satu faktor peyebab infeksi.

Gunting Kuku

Pakaian

Jika pakaian tidak dicuci dengan benar, kuman bisa menyebar ke pakaian lain yang dicuci bersama. Penting bagi kita mengganti pakaian tiap hari dan tidak sebaiknya tidak dipinjamkan ke orang lain terutama pakaian dalam.

Pakaian

Alat Cukur

Kulit yang terkelupas dan mengeluarkan darah merupakan hal umum yang mungkin terjadi saat mencukur bulu, rambut, atau jenggot. Itulah sebabnya, alat pencukur berisiko menyebarkan penyakit tertentu, seperti hepatitis B dan hepatitis C, jika digunakan bergantian dengan orang lain.

Alat Cukur

Anting

Ada banyak pembuluh darah di telinga. Itu sebabnya telinga mudah terinfeksi penyakit yang ditularkan melalui darah hanya dengan mengenakan anting. Lain kali jika ingin meminjam anting, jangan lupa dibersihkan dengan alkohol ya.

Barang Yang Sebaiknya Jangan Dipinjamkan

Kesimpulan

Itulah 9 barang yang sebaiknya jangan dipinjamkan ke orang lain versi taupedia. Dengan adanya video ini bukan berarti melarang kalian meminjamkan barang ke orang lain ya. Berbagi memang hal baik, tapi alangkah baiknya kalian lebih waspada dan selalu menjaga kebersihan karena kesehatan mahal harganya.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format