Buka-Bukaan Biaya Kampanye Pilpres 2019


830
830 points

Kubu Prabowo dan kubu Jokowi buka-bukaan tentang jumlah biaya kampanye pilpres 2019 dan jumlah dana penerimaannya. Dua paslon tersebut sudah menyerahkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) kepada KPU pada hari Kamis 2 Mei 2019 lalu. Kubu Jokowi-Ma’ruf Amin diketahui menghabiskan uang lebih banyak ketimbang kubu Prabowo-Sandiaga.

Untuk biaya kampanye Jokowi-Mar’uf, dominan sumbangan berasal dari perusahaan dan Parpol, bahkan tak ada sumbangan pribadi dari Joko Widodo maupun Maruf Amin sendiri. Sebaliknya paslon Prabowo-Sandi, biaya kampanye dominan uang pribadi mereka. Nah langsung aja nih guys, berikut ini adalah biaya kampanye pilpres 2019 versi taupedia.

Biaya Kampanye Pilpres 2019

Biaya Kampanye Jokowi-Ma’ruf 601.3 Miliar

Menurut Bendahara Umum TKN kubu Jokowi-Ma’ruf, Wahyu Sakti Trenggono, paslon nomor urut satu ini menghabiskan biaya kampanye sebesar Rp 601,3 miliar. Sebenarnya total penerimaan dana kampanye mereka berjumlah Rp 606 miliar, tapi yang digunakan untuk kampanye hanya Rp 601.3  miliar.

Menurut Wahyu dari jumlah penerimaan dana yang masuk, sebagian besar merupakan hasil sumbangan dari perusahaan yang mendukung Jokowi. Dana yang didapat dari total 40 perusahaan pendukung Jokowi adalah Rp 253,9 miliar. Sedangkan dana dari partai politik sebesar Rp 79,735 miliar. Di luar itu, TKN juga mendapat sumbangan perseorangan total dari 252 orang yang nilainya mencapai Rp 21,868 miliar.

Wahyu mengatakan kalau tak ada sumbangan pribadi dari pasangan calon baik Joko Widodo maupun Ma’ruf Amin lho. Dana yang dikeluarkan mayoritas digunakan untuk operasional pertemuan, produksi Alat Peraga Kampanye (APK), kampanye terbuka, hingga pembuatan iklan.

Biaya Kampanye Pilpres 2019

Biaya Kampanye Prabowo Sandi 211.5 M

Sementara itu, kubu Prabowo-Sandiaga menghabiskan uang yang jauh lebih sedikit dengan pemasukan yang lebih sedikit juga. Thomas selaku bendahara tim Prabowo mengatakan kalau penerimaan dana kampanye Prabowo-Sandiaga sebesar Rp 213,28 miliar. Sementara pengeluaran kampanye sebesar Rp 211, 46 miliar.

Berbeda dengan kubu Jokowi yang dominan pemasukannya merupakan sumbangan dari perusahaan-perusahaan yang mendukung Jokowi, pemasukan terbanyak uang kampanye Prabowo-Sandi merupakan uang pribadi Prabowo dan Sandiaga.

Thomas menjelaskan bahwa dari Rp 213,2 miliar, sebanyak Rp192,5 miliar adalah uang Prabowo-Sandi. Prabowo mengeluarkan 45 persen dari dana itu, sedangkan Sandi 55 persen.

Sisanya merupakan sumbangan dari masyarakat perorangan dan kelompok, serta partai politik. Total sumbangan dari masyarakat adalah       Rp 9,3 miliar. Sumbangan kelompok Rp 1,1 miliar dan partai politik Rp 4,8 miliar. Sementara sisa dana kampanye tersebut masih digunakan untuk operasional dimasa penghitungan suara.

Biaya Kampanye Pilpres 2019

Kesimpulan

Itulah biaya kampanye pilpres 2019 yang telah dilaporkan ke KPU. Paslon yang satu terkesan seperti capres-cawapres pesanan, sebab sebagian besar dana kampanyenya merupakan sumbangan dari perusahaan dan parpol agar mendapat kursi di pemerintahan. Sedangkan paslon yang satu terkesan terlalu ambisi karena sampai mengeluarkan uang pribadi yang banyak.

Intinya nih guys, kita sebagai masyarakat biasa tidak perlu terlalu ikut campur urusan politik dan lebih baik diam dan tidak perlu sampai saling komen menjatuhkan dan mengagungkan paslon kebanggaan masing–masing. Yang penting hidup kita tetap damai.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format