Fakta Dan Ciri-Ciri Berita Hoax Perlu Kamu Tahu


Berita hoax atau berita palsu memang sering mendominasi media sosial belakangan ini. Salah satu contoh berita hoax yaitu tentang aksi terorisme yang bisa membuat orang gugup dan khawatir berlebihan. Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat harus pandai dalam memilah-milih informasi dan jangan gampang percaya terhadap berita yang ada di media sosial.

Ciri-Ciri Berita Hoax

Ciri-Ciri Berita Hoax

Tidak semua informasi yang beredar di media bisa kita percaya dan terima begitu saja. Membedakan berita palsu dan nyata memang bukanlah hal yang mudah. Namun, ada beberapa ciri-ciri menarik tentang berita hoax yang harus kamu ketahui.

Kedengaran Konyol Untuk Sebuah Berita

Banyak sekali judul berita yang begitu menarik perhatian. Namun, lebih baik kita jangan gampang terjebak dengan clickbait. Judul berita memang sering dirancang khusus agar kita mau mengklik dan membacanya.

Dengan mengabaikan clickbait bisa mencegah konten palsu ini menjadi viral. Namun, jika kita benar-benar harus membacanya, sebaiknya baca dengan kritis. Jangan langsung percaya dan jangan lupa untuk membandingkannya dengan sumber berita lain yang resmi.

Berita Palsu Lebih Cepat Viral

Segala sesuatu yang viral tidak selalu menjadi sebuah indikator tentang hal-hal penting atau baik. Menurut laporan terbaru, kebohongan atau tipuan sering menyebar lebih cepat dari pada fakta. Konten viral yang dibagikan berulang kali sering didasarkan pada hal-hal yang tidak akurat.

Daripada berpikir kritis, kebanyakan orang sering emmbagi artikel berita bohong karena alasan pribadi masing-masing. Yang perlu diingat bahwa tidak ada motif yang menjamin kebenaran sebuah berita. Oleh karena itu, kita harus secara selektif dan hati-hati berbagi berita.

Berhati-Hati Dengan Berita Politik

Kabar palsu sering dibingkai untuk mewakili kepentingan kelompok tertentu. Informasi tentang isi berita juga dibuat dengan bingkai psikologis yang menargetkan orang-orang yang kurang kritis dan gampang percaya.

Banyak penelitian menunjukkan kalau manusia lebih memperhatikan dan mempercayai informasi yang sejalan dengan pemikiran mereka. Berita dari media resmi biasanya netral tidka memihak pihak manapun. Biasanya,berita hoax sengaja dibuat untuk memicu konflik di berbagai kelompok di masyarakat.

Verifikasi Sumber dan Konteks Berita

Ciri yang paling mudah diketahui dari berita palsu adalah kurangnya sumber dan konteks beritanya. Berita palsu biasanya bertahan disebuah komunitas tertentu karena banyak orang yang terus dibanjiri oleh informasi tersebut. Kebanyakan orang sering membacanya tanpa rasa curiga atau tidak memperhatikan sember secara seksama.

Ketika sumber tertera, isi artikel biasanya diproses dengan teknik tertentu untuk memanipulasi initi berita. Banyak orang yang dipekerjakan untuk menyebarkan tipuan dan mereka mendapatkan bayaran. Mereka bahkan cukup terlatih untuk membuat membuat hoax dan membuat orang gampang percaya.

Jangan Percaya Berita di Sosial Media

Sosial media bukanlah situs berita yang bisa dijamin kebenarannya. Dengan adanya media sosial memungkinkan semua orang, termasuk kelompok-kelompok tertentu, dan juru kampanye politik untuk menyampaikan informasi yang seolah-olah hal yang nyata. Karena banyaknya berita palsu yang telah beredar, setiap media sosial tentu bukanlah sumber berita yang akurat.

Kesimpulan

Seperti yang kita ketahui, ada banyak berita hoax atau palsu yang mendominasi media sosial belakangan ini. Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat harus pandai memilah informasi yang benar dan menjadi orang yang kritis.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format