Misteri Dan Fakta Bencana Tsunami Selat Sunda 2018


Sabtu malam pada tanggal 22 desember 2018, Indonesia dikejutkan dengan berita duka yaitu bencana tsunami Selat Sunda. Gelombang tsunami menerjang pesisir Banten bagian barat dan sebagian wilayah Lampung Selatan. Ternyata, tsunami  berasal dari perairan Selat Sunda yang diapit Pulau  Jawa dan Sumatera.

 Bencana Tsunami Selat Sunda

Fakta Bencana Tsunami Selat Sunda

Bencana ini memakan ratusan korban meninggal dunia dan bangunan rusak. Langsung aja nih guys, berikut ini fakta menarik tentang bencana tsunami selat sunda yang perlu kalian tahu.

Erupsi Gunung Krakatau dan Bulan Purnama Penyebab Gelombang Pasang

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geologi (BMKG) Indonesia, erupsi gunung krakataulah yang menyebabkan tsunami menerjang Banten dan lampung. Erupsi ini mendorong serangkaian lempeng tanah bawah laut longsor dan mengakibatkan gelombang pasang.

Kemudian, Gelombang pasang ini menyebabkan permukaan air laut meningkat dan berpotensi tsunami. Selain itu, faklor lain yang juga menyebabkan gelombang pasang adalah fase bulan purnama.

Bencana tsunami Selat Sunda

Tsunami Terjadi Saat Band Seventeen Manggung

Bencana ini terjadi secara tiba-tiba tanpa adanya satu peringatan apapun. Pada malam bencana, orang-orang sedang berkumpul menonton band Seventeen di sebuah acara yang diselenggarakan oleh perusahaan listrik milik pemerintah PLN. Saat Vokalis seventeen menyanyikan lagu kedua, tiba-tiba gelombang besar menerjang panggung dan penonton.

Bencana tsunami Selat Sunda

Korban Meninggal Mencapai 222 Orang

Berdasarkan pembaharuan data yang dilakukan BNPB setiap pukul 16.00 WIB, tsunami mengakibatkan 222 orang meninggal dunia di Banten.  Parahnya lagi masih ada 843 orang luka-luka dan 30 orang hilang. Sedangkan korban di Kabupaten Lampung Selatan sementara tercatat 48 orang meninggal dunia, 213 orang luka-luka, dan 110 rumah rusak.

Dua Personel Seventeen dan Aa Jimmy Menjadi Korban

Karena bencara tsunami Selat Sunda terjadi saat band seventeen mengisi acara, sejumlah publik figur juga menjadi korban. Dua personel band Seventeen, Herman Sikumbang (gitaris) dan Awal Purbani (bassis) ditemukan meninggal dunia.

Sedangkan drummer seventeen Windu Andi Darmawan masih dalam pencarian pada hari kejadian. Selain Herman dan Bani, komedian Heriyanto atau yang dikenal dengan Aa Jimmy juga ditemukan meninggal dunia.

Bencana Tsunami Selat Sunda

556 Unit Rumah Rusak Parah

BNPB menjelaskan sebanyak 556 unit rumah, 9 unit hotel, 60 warung makan, dan 350 kapal atau perahu rusak. Total kerusakan ini meliputi 4 kabupaten yang terkena dampak yaitu di Kabupaten Pandeglang, Serang, Lampung Selatan, dan Tanggamus.

Bencana tsunami Selat Sunda

Ucapan Doa Mengalir Dari Seluruh Dunia

Bencana tsunami Selat Sunda ini ternyata mendapat banyak perhatian dari orang seluruh dunia. Paus Fransiskus bahkan berdoa untuk para korban tsunami Indonesi di kebaktian Minggu Angelusnya. Selain itu, Bahkan Presiden AS Donald Trump juga memberi simpatinya lewat kicauan twitternya.

Bencana tsunami Selat Sunda

Kesimpulan

Bencana memang bisa terjadi kapan saja dan diamana saja. Mari kita doakan agar para korban yang hilang bisa cepat ditemukan dan semoga keluarga yang ditinggal diberikan kesabaran dalam menghadapinya.

Sebagai manusia sudah sepatutnya kita selalu menjaga lingkungan kita mulai dari hal terkecil dan jangan lupa untuk selalu waspada serta berdoa kepada Tuhan YME.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format