Fakta Indonesia


Di artikel sebelumnya, kita telah membahas 12 fakta unik negara Indonesia yang mendunia. Kali ini kita akan melanjutkan untuk membahas 13 fakta Indonesia lainnya.

Seperti yang kita tahu, negara Indonesia memang kaya akan hasil alam, ragam dalam budaya, dan adat istiadat. Sebagai warga negara yang baik, tentu kita harus merasa bangga tentang fakta Indonesia yang mendunia di bawah ini.

13 Fakta Indonesia - Fakta Unik Indonesia Yang Mendunia

13 Fakta Indonesia Yang Telah Mendunia

Nah langsung saja nih guys, berikut ini adalah 13 fakta Indonesia unik yang mendunia versi taupedia.

1. Memiliki Candi Budha Terbesar Di Dunia

Candi Borobudur di Jawa Tengah merupakan candi Budha terbesar di dunia. Candi  Borobudur merupakan candi batu yang dihiasi dengan 2.672 panel relief dan 504 patung Buddha.

2. Memiliki Pula-Pulau Terbesar Di Dunia

Menurut UN System-Wide Earthwatch tahun 1998, pulau terbesar kedua, ketiga, dan keenam di dunia ada di Indonesia. Pulau-pulau tersebut yaitu Guinea atau seluruh pulau Papua Barat dan Papua Nugini sebagai pulau terbesar kedua di dunia, pulau Kalimantan termasuk Brunei dan Malaysia sebagai pulau terbesar ketiga di dunia, dan Pulau Sumatra sebagai pulau terbesar keenam di dunia.

3. Bunga Bangkai

Bunga Bangkai atau bunga paling berbau di muka Bumi ternyata hanya ada di Indonesia. Bunga Bangkai bisa tumbuh hingga ketinggian 2 meter. Ketika mekar, bunga juga akan mengeluarkan bau busuk seperti bau daging busuk yang bisa tercium dari jarak setengah mil. Bunga Bangkai ternyata ditemukan pada tahun 1878 di hutan hujan pulau Sumatra oleh ahli botani bernama Dr. Oroardo Beccari.

13 Fakta Indonesia - Fakta Unik Indonesia Yang Mendunia

4. Terdapat Ular Terpanjang Di Dunia

Di Indonesia ternyata pernah ditemukan salah satu ular terpanjang yang pernah ada di dunia, tepatnya di Sulawesi pada tahun 1912. Menurut Guinness World Records, ular itu memiliki panjang 10 meter.

5. Jakarta Kota Terbesar ke-13

Jakarta ibu kota negara Indonesia merupakan kota terbesar ke-13 di dunia dengan populasi sekitar 11,3 juta orang.

6. Memiliki Populasi Muda Terbesar Di Dunia

Berdasarkan National Bureau of Statistics bulan Agustus 2001, negara Indonesia memiliki populasi muda terbesar di dunia dengan total 165 juta orang di bawah umur 30 tahun. Sedangkan hanya 8% dari populasi Indonesia berusia di atas 60 tahun.

7. Tim Asia Pertama Di Piala Dunia FIFA

Perwakilan Indonesia dengan nama tim Hindia Belanda merupakan tim sepak bola nasional Asia pertama yang berpartisipasi dalam Piala Dunia FIFA. Mereka lolos di tahun 1938, tetapi kalah 6-0 melawan Hongaria di Reims, Prancis. (reff)

8. Bunga Rafflesia Arnoldi

Selain memiliki bunga Bangkai, Indonesia juga memiliki bunga terbesar di dunia yaitu bunga Rafflesia Arnoldi. Bunga ini hanya tumbuh di pulau Sumatra dan memiliki berat hingga 7 kg. Untuk Kelopaknya saja bisa tumbuh hingga 0,5 meter panjangnya dan 2,5 cm tebalnya.

9. Pulau Jawa Pulau Terpadat Dunia

Pulau Jawa ternyata pulau terpadat yang ada di dunia dengan populasi tahun 2014 sekitar 139 juta orang.

10. Letusan Krakatau Peristiwa Mematikan Sepanjang Sejarah

Letusan Krakatau pada tahun 1883 merupakan salah satu peristiwa vulkanik yang paling mematikan dan paling merusak dalam sejarah. Sekitar 36.417 orang meninggal dunia akibat letusan dan tsunami yang diciptakan. Bahkan, efek tambahan yang signifikan juga dirasakan hampir di seluruh dunia.

13 Fakta Indonesia - Fakta Unik Indonesia Yang Mendunia

11. Negara Kepulauan Terbesar Di Dunia

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 18.000 pulau.

12. Satelit Palapa

Setelah pertama kali meluncurkan satelit Palapa pada bulan Juli tahun 1976, Indonesia menjadi negara berkembang pertama yang mengoperasikan sistem satelit domestik mereka sendiri.

13. Zubir Said

Zubir Said adalah komposer lagu kebangsaan negara Singapura. Ternyata, Zubir Said berasal dari Indonesia tepatnya dari dataran tinggi Sumatra Barat.

Kesimpulan

Itulah 13 fakta Indonesia menarik lainnya versi taupedia. Kita sebagai warga Indonesia seharusnya merasa bangga akan negara sendiri karena tidak kalah kayanya dengan negara lain. Baca juga fakta unik Indonesia lainnya ya guys.


1706
2.7k shares, 1706 points