Fakta Menarik Demo Bayaran Di Indonesia


830
830 points

Kasus demo bayaran sudah menjadi rahasia umum di Indonesia. Demo bayaran bisa diartikan sebagai bentuk aksi yang dilakukan hanya demi mendapat upah, walaupun tidak paham dengan materi substansi demo tersebut.

Demokrasi memang membolehkan adanya perbedaan ide, cara pandang, dan sikap termasuk pro dan kontra. Namun para pendemo bayaran ini justru dihadirkan untuk mengekang kebebasan perbedaan tersebut. Berikut ini beberapa fakta menarik demo bayaran di Indonesia.

Fakta Menarik Demo Bayaran

Tingkah Polos Para Demo Bayaran

Menurut pernyatan makelar demo bernama Ronald kepada pihak okezone, perbedaan demo berbayar bisa dilihat dari gerak-gerik para pendemonya, rasa  antusiasnya, serta pemahaman dengan isi demo tersebut. Untuk Ciri khasnya bisa kita lihat pada fokus perhatian mereka dan kualitas orasi dari para demonstran.

Kalau mereka terlihat tidak ekspresif atau hanya ikut-ikutan, apalagi tidak paham substansi demo, tentu mereka adalah para demonstran berbayar. Lucunya lagi, saat para pendemo bayaran diwawancarai tentang inti demo, kebanyakan dari mereka dengan polosnya berkata jujur kalau tidak tahu dan hanya ikut-ikutan karena dibayar.

Fakta Menarik Demo Bayaran

Cari Massa Demo Berbayar Mulai Ngecer Hingga Paket

Cari massa demo berbayar sudah semakin mudah karena bayaknya makelar demo. Salah satu bukti kita ambil dari detikcom yang telah melakukan survey langsung ke lapangan di daerah miskin di Jakarta.

Menurut pengakuan salah satu penggerak massa ini, dia biasanya memberi tawaran ter;ebih dulu mau pendemo yang ngecer atau paketan. Pendemo Ngecer lebih menunjuk pada jumlah per orang saja, sedangkan pendemo paket artinya sudah terima beres, mulai dari biaya per orang, transportasi, mobil pengeras suara, hingga nasi bungkus. Namun untuk spanduk atau poster sendiri mereka tidak menyediakan.

Mengenai harga, ternyata semuanya bisa dimusyawarahkan atau dinego. Biasanya, biaya per orang sekitar 20.000-25.000 tergantung dari skala isunya lokal atau nasional. Sementara itu untuk biaya mobil pengeras suara dan transportasi lebih fluktuatif dan tergantung dari ukuran dan besarnya kendaraan.

Fakta Menarik Demo Bayaran

Kisah Lucu Para Demonstran Bayaran Demo Ahok

Mungkin banyak sekali kasus demo berbayar namun hanya saja masih belum terungkap. Salah satu kasus lucu yang pernah terjadi yaitu para pendemo bayaran Ahok dulu,

Pada tahun 2015, para warga Jakarta yang tergabung dalam Masya Rakat Anti Korupsi (Mars} menggelar aksi unjuk rasa di depan Balai Kota DKI Jakarta. Mereka menuntut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama agar minta maaf pada seluruh warga Betawi terkait penamaan USB (Unit Sapi Betawi).

Menurut kutipan merdeka disela aksi demo tersebut, ada seorang pendemo menyampaikan pernyataan lucu saat diwawancarai. Pria tersebut ternyata kesal karena sudah meninggalkan salat dan hanya dibayar Rp 50.000 untuk demo ahok ini. Lucunya lagi, pendemo tersebut juga berkata kalau dirinya rugi dua kali lipat karena tidak berhasil bertemu dengan Gubernur Ahok.

Fakta Menarik Demo Bayaran

Kesimpulan

Itulah Fakta Demo Bayaran di Indonesia yang perlu kalian tahu. Penting bagi kita agar jangan langsung percaya dengan berita yg muncul di TV. Karena segala sesuatunya masih bisa di atur oleh kelompok tertentu.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format