Fakta Pentingnya Kesehatan Mental Perlu Kamu Tahu


840
840 points

Jika kita membicarakan tentang kesehatan mental, mungkin masih banyak orang yang menganggap hal ini tabu dan tidak diperlukan. Padahal, berbicara tentang pentingnya kesehatan mental untuk diri kita sendiri itu penting karena kesehatan mental juga berdampak kepada kesehatan tubuh. 

Fakta Pentingnya Kesehatan Mental

Ada kalanya, sikap dan perilaku kitalah yang mencerminkan adanya perubahan pada kondisi mental kita. Langsung aja nih guys, berikut ini adalah beberapa fakta tentang pentingnya kesehatan mental yang perlu kamu tahu.

Fakta Pentingnya Kesehatan Mental

Sekitar 20% Anak-Anak Dan Remaja Mengalami Gangguan Mental

Setengah dari kasus gangguan mental anak di dunia dialami sebelum berumur 14 tahun. Ditambah lagi, remaja berumur di bawah 19 tahun memang memiliki tingkat kesehatan mental rata-rata yang paling buruk dibandingkan keelompok umur lainnya.

Gangguan neuropsikiatri atau adanya masalah fungsi otak merupakan salah satu penyebab utamanya gangguan mental pada anak. Salah satu contoh gangguan neuropsikiatri adalah Sindrom Tourette. Sindrom Tourette merupakan penyakit neuropsikiatrik yang membuat seseorang mengeluarkan ucapan atau gerakan spontan tanpa bisa mengontrolnya.

Fakta Pentingnya Kesehatan Mental

Sekitar 800.000 Orang Bunuh Diri Setiap Tahun

Lebih dari 800.000 orang meninggal karena bunuh diri setiap tahunnya. Bunuh diri bahkan menjadi penyebab utama kematian kedua pada anak yang berusia antara 15-29 tahun. Sekitar 75% kasus bunuh diri terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Salah satu penyebab bunuh diri yang paling berkontribusi yaitu gangguan kejiwaan dan konsumsi alkohol yang berlebihan. Oleh karena itu jika kita paham tentang pentingnya kesehatan mental, maka orang-orang yang memiliki gangguan kejiwaan dengan kecenderungan bunuh diri bisa menerima perawatan yang dibutuhkan dengan cepat.

Fakta Pentingnya Kesehatan Mental

Wanita Mengalami Gangguan Mental Lebih Tinggi Dibanding Laki-Laki

Wanita lebih sering menggunakan perasaan atau emosi dibandingkan pikiran. Nah, Hal inilah yang membuat para wanita menjadi rentan mengalami gangguan jiwa. Apalagi seorang ibu yang menjadi wanita karir dan harus mengurus keluarga sekaligus biasanya mendapatkan tekanan yang lebih besar.

Fakta Pentingnya Kesehatan Mental

Gangguan Mental Lebih Banyak Terjadi Di Perkotaan Daripada Pedesaan

Masyarakat di desa biasanya cenderung lebih religious. Sedangkan masyarakat perkotaan umumnya lebih fokus pada kehidupan duniawi. Karena orang perkotaan lebih terbuka pada perubahan dan lebih professional, kepribadian mereka jadi lebih individual dibandingkan orang yang hidup di desa. Sebaliknya, orang di desa umumnya lebih bergantung satu sama lain dan memiliki rasa persaudaraan yang sangat erat.

Fakta Pentingnya Kesehatan Mental

Orang Yang Tidak Pernah Sekolah Beresiko Lebih Tinggi Terkena Gangguan Mental

Pendidikan memang memberi peluang bagi kita ya untuk membentuk pola pikir dan mempersiapkan diri menghadapi dunia dan segala perubahannya. Melalui interaksi dengan teman atau guru serta adanya tugas sekolah, bisa memberi pembelajaran bagi kita agar lebih siap menghadapi tekanan dan dinamika dalam kehidupan nanti.

pendidikan

Faktor Sosial Ekonomi Sangat Mempengaruhi Kesehatan Mental

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan mental kita seperti kemiskinan, pengangguran, memiliki banyak utang, dikucilkan dimasyarakat, pelecehan dan kekerasan, keluarga yang tidak harmonis, tekanan dalam pekerjaan, dan penyalahgunaan alkohol.

Walaupun gangguan mental lebih sering menyerang orang berpenghasilan rendah, bukan berarti orang dengan perekonomian menengah keatas bisa terhindar dari gangguan mental. Bahkan, di negara maju seperti negara di Eropa, Amerika maupun China, Jepang dan Korea Selatan, nereka memiliki tingkat gangguan mental dan kasus bunuh diri cukup tinggi.

miskin

Kesimpulan

Pentingnya kesehatan mental itu sama dengan pentingnya dengan kesehatan fisik. Alangkah baiknya jika kita juga memperhatikan kesehatan mental kita dan jangan malu untuk berkonsultasi kepada ahli jika kamu merasa tertekan.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format