[CEK FAKTA] Benarkah Aplikasi FaceApp Mencuri Data?


842
842 points

Kalian pasti pernah ikutan kan upload photo #AgeChallenge yang sedang ramai di sosial media? Nah aplikasi FaceApp inilah yang mengubah muka kita menjadi tua. FaceApp sendiri merupakan aplikasi edit foto berbasis AI (Artificial Intelligence) yang dibuat oleh startup Wireless Lab di Saint Petersburg, Rusia yang dirilis pada bulan Januari tahun 2017 lalu.

Rumor Aplikasi FaceApp Mencuri Data

Fakta Rumor Aplikasi FaceApp Mencuri Data

Dibalik kepopulerannya sekarang, kemarin sempat ada rumor kalau aplikasi FaceApp melanggar privasi penggunanya dan mencuri data untuk disalah gunakan lho guys. Bahkan, seorang senator Amerika Serikat sampai meminta FBI untuk menyelidiki FaceApp.

Tapi benar ga sih kalau FaceApp mencuri data kita? Nah langsung saja nih guys, berikut ini adalah fakta dibalik rumor aplikasi FaceApp mencuri data versi taupedia.

Rumor Melanggar Privasi Dan Mencuri Data

Rumor melanggar privasi dan mencuri data beredar ternyata karena cuitan dari Joshua Nozzi di Twitter. Dalam cuitan Joshua Nozzi atau juga seorang developer, dia memperingatkan kalau FaceApp bisa mengambil semua foto dari handphone kita dan mengunggahnya ke-server tanpa izin yang jelas dari pengguna.

Rumor Aplikasi FaceApp Mencuri Data

Nah Joshua juga menyebutkan kalau server FaceApp itu berbasis di Rusia karena aplikasi ini milik perusahaan Wireless Lab yang berlokasi Rusia. Tapi karena banyak menimbulkan kepanikan dan kontroversi, Joshua akhirnya menghapus tweet tersebut.

Sedangkan rumor lainnya menyebutkan kalau data pengguna FaceApp juga dicuri dan disalah gunakan. Dan karena rumor inilah, seorang senator Amerika Serikat bernama Chuck Schumer bahkan sempat khawatir dan meminta FBI lho untuk menyelidiki kebenarannya.

Rumor Aplikasi FaceApp Mencuri Data

Konfirmasi Pihak FaceApp

Karena banyak pihak yang khawatir dengan rumor ini, pihak FaceApp akhirnya mengkonfirmasi rumor tersebut. Pada tanggal  17 Juli 2019 lalu, pendiri FaceApp, Yaroslav Goncharov mengkonfirmasi kalau aplikasinya sangat melindungi privasi penggunanya dan rumor yang mencuri data itu juga tidak benar. Yaroslav juga menjelaskan kalau:

  • FaceApp hanya mengunggah foto yang dipilih oleh pengguna untuk diedit dan tidak menguplad semua foto di handphone
  • Foto akan dihapus dari server setelah 48 jam diunggah
  • Data pengguna tidak dijual atau dikirim ke Rusia atau bahkan ke pihak manapun
FaceApp

Nah jadi semua rumor yang beredar itu tidak benar ya guys menurut CEO FaceApp sendiri. Tapi walaupun sudah ada klarifikasi, tidak ada salahnya ya kita tetap berhati-hati. Soalnya, kita tidak tau kondisi sebenarnya di balik aplikasi tersebut terutama jika kita bukan orang IT atau tidak terlalu mengerti teknologi. Jangan lupa juga selalu waspada dan tidak sembarangan mengisi data.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format