Fakta Unik Indonesia


Negara kita Indonesia memang memiliki banyak kekayaan alam untuk dieksplor. Tidak hanya kekayaan alamnya saja, namun ragam budaya, adat istiadat, dan juga kehidupan masyarakatnya memiliki pesona tersendiri. Tapi ada beberapa fakta unik Indonesia lho yang belum banyak orang tahu.

12 Fakta Unik Indonesia Yang Mendunia

Tentunya sebagai warga negara Indonesia, kita harus tau seputar negara sendiri termasuk fakta-fakta unik yang mungkin kamu belum tau. Berikut ini adalah 12 fakta unik Indonesia versi taupedia. (reff)

Fakta Menarik Negara Indonesia Yang Perlu Kamu Tahu

1. Presiden Korup Sepanjang Masa

Menurut 2004 Global Corruption Report atau laporan korupsi global tahun 2004, mantan Presiden Indonesia, Soeharto merupakan pemimpin yang paling korup sepanjang masa. Soeharto telah menggelapkan uang antara 15 miliar hingga 35 miliar USD atau sekitar 212.6 triliu hingga 496.1 triliun.

2. Tempat Lokalisasi Terbesar di Asia Tenggara

Indonesia pernah menjadi rumah bagi Dolly, tempat lokalisasi terbesar di Asia Tenggara. Lokalisasi ini mampu menampung hingga 2.000 pekerja s*ks disatu lokasi. Namun, dolly telah ditutup secara resmi pada Juni 2014 lalu.

3. Populasi Muslim Terbesar di Dunia

Negara Indonesia memiliki populasi Muslim terbesar di dunia. Sekitar 87% penduduk Indonesia atau sekitar 222 juta orang adalah umat Muslim. Indonesia bahkan mengalahkan negara timur tengah sebagai negara pusat berkumpulnya muslim didunia seperti Pakistan, Arab Saudi, dan lainnya.

4. Tambang Emas Terbesar di Dunia

Indonesia memiliki Tambang Grasberg atau Freeport yang terletak di dekat Puncak Jaya.Tambang ini merupakan tambang emas terbesar di dunia dan tambang tembaga terbesar ketiga di dunia.

5. Kematian Tertinggi Akibat Bencana Alam

Indonesia memiliki jumlah kematian tertinggi akibat bencana alam yaitu bencana Tsunami pada tgl 26 Desember 2004 di provinsi Aceh. Total korban tewas akibat tsunami ini diperkirakan sekitar 230.000 orang.

6. Danau Vulkanik Terbesar di Dunia

Danau Toba di Sumatra Utara merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Letusan supervolcanic danau yang terjadi 70.000 tahun yang lalu adalah letusan eksplosif terbesar yang diketahui di Bumi dalam 25 juta tahun terakhir. Menurut teori bencana Toba, letusan ini membunuh sebagian besar manusia yang hidup pada waktu itu.

7. Indonesia dan Monako Berbendera Sama

Indonesia dan Monako ternyata memiliki warna bendera yang sama yaitu merah putih, tetapi ukuran bendera Indonesia sedikit lebih lebar.

8. Mie Instan terbesar di Dunia

Pada tahun 2005, Indomie memecahkan rekor di Guinness Book of World Records untuk kategori “Mie Instan terbesar di Dunia”. Indomie menciptakan sebuah mie instant yang berukuran panjangnta 3.4mx lebar 2.355mx tiunggi 0.47m dan dengan berat bersih 664.938 kg.

Ukuran ini sekitar 8.000 kali berat dari ukuran mie instan biasa lho. Mie instan jumbo ini dibuat dengan menggunakan bahan yang sama dengan mie instan biasa dan dinyatakan layak untuk dikonsumsi.

9. Komodo Hanya Ada di Indonesia

Hewan komodo hanya bisa ditemukan di pulau komodo, Indonesia. Komodo merupakan kadal terbesar di dunia yang tumbuh hingga 3 meter panjangnya dan beratnya bisa mencapai 100 kg.

10. Negara Terbesar ke-4 di Dunia

Menurut Bank Dunia tahun 2013, Indonesia merupakan negara terbesar ke-4 di dunia dengan populasi sekitar 250 juta.

11. Stadion Terbesar di Dunia

Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta merupakan salah satu stadion terbesar di dunia. Ketika pertama kali dibuka pada tahun 1962, Gelora Bung Karno ini  berkapasitas asli 120.800 orang dan menjadi stadion terbesar kedua dunia.

12. Garis Pantai Terpanjang Kedua di Dunia

Berdasarkan CIA World Factbook, Indonesia memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada yaitu sekitar lebih dari 54.000 km.

Kesimpulan

Negara kita memang sangat kaya akan budaya, hasil alam, keragaman, dan keindahannya. Kita sebagai warga Indonesia seharusnya merasa bangga dengan  negara sendiri. Untuk 13 fakta unik Indonesia lainnya akan kita bahas divideo selanjutnya.


1711
3.2k shares, 1711 points