Gaji Presiden Dan Wakil Presiden Serta Fasilitas Yang Diterima


Setiap 5 tahun sekali negara tercinta kita Indonesia mengadakan pemilu untuk menetukan presiden dan wakil presiden. Khusus dalam debat capres 2019 terakhir kemarin, pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno sempat berjanji tidak akan mengambil gaji presiden dan wakil presiden bila memenangkan Pilpres 2019 mendatang.

Tapi kalian tau ga sih berapa sebenarnya gaji bulanan presiden dan wakil presiden kita? Nah langsung aja nih guys, berikut ini adalah gaji presiden dan wakil presiden serta fasilitas yang diterima versi taupedia.

Gaji Presiden Dan Wakil Presiden Indonesia

Gaji Presiden dan Wakil Presiden

Menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978 yang mengatur tentang “Hak keuangan atau administratif yang dapat diterima oleh Presiden dan Wakil Presiden serta berkas Presiden dan Wakil Presiden” dalam pasal 2 dicantumkan, kalau gaji pokok Presiden adalah 6 kali gaji pokok tertinggi pejabat negeri Indonesia selain Presiden dan Wakil Presiden.

Sementara gaji pokok Wakil Presiden adalah 4 kali dari gaji pokok tertinggi pejabat negeri Indonesia. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 75 Tahun 2000, gaji pokok tertinggi pejabat negara seperti Ketua DPR, MA, BPK adalah sebesar Rp 5.040.000 per bulan.

Dengan demikian, besarnya gaji pokok Presiden per-bulan yakni 6 kali lipat dari Rp 5.040.000 atau sebesar Rp 30.240.000 setiap bulan. Sedangkan gaji pokok Wakil Presiden per-bulan yakni 4 kali lipat Rp 5.040.000 yaitu sebesar Rp 20.160.000 setiap bulan. Namun, gaji bulanan ini belum termasuk gaji tunjangan jabatan.

Gaji Presiden Dan Wakil Presiden Indonesia

Adanya Gaji Tunjangan

Sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 2001, tunjangan yang diterima Presiden sebesar Rp32,5 juta per bulan, sedangkan Wakil Presiden Rp22 juta perbulan. Oleh karena itu gaji secara keseluruhan yang diperoleh Presiden perbulan yaitu gaji pokok ditambah gaji tunjangan yang total mencapai Rp 62.740.000 perbulan. Sedangkan untuk Wakil Presiden, gaji secara keseluruhan yaitu gaji pokok ditambah tunjangan total bisa mencapai Rp 42.160.000 setiap bulan.

Gaji Presiden Dan Wakil Presiden Indonesia

Fasilitas Presiden Dan Wakil Presiden

Masih menurut undang Republik Indonesia No. 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden, pasal 3 menyebut kalau Presiden dan Wakil Presiden akan mendapatkan fasilitas pembayaran biaya yang berhubungan dengan tugas kewajibannya, biaya rumah tangga, serta biaya perawatan kesehatan dan keluarganya.

Sedangkan menurut pasal 5 UU No. 7 Tahun 1978 mengatakan Presiden dan Wakil Presiden mendapatkan rumah dinas dengan segala kelengkapannya. Dua pemimpin negara juga akan mendapatkan kendaraan dengan pengemudinya lengkap.

Gaji Presiden Dan Wakil Presiden Indonesia

Kesimpulan

Itulah gaji Presiden dan Wakil Presiden Indonesia serta fasilitas yang diterima versi taupedia. Menjadi pemimpin negara bukanlah hal yang mudah, mudah-mudahan dengan pergantian pemimpin setiap 5 tahun sekali bisa membawa negara Indonesia lebih damai.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format