6 Jenis Sampah Yang Paling Sulit Terurai


Jumlah sampah setiap hari semakin bertambah dan menjadi masalah serius hampir di seluruh dunia. Apalagi kebiasaan membuang sampah pada tempatnya juga masih sulit untuk dilakukan. Sampah-sampah ini tidak hanya mengotori tanah tapi juga mengotori lautan dan menyakiti makhluk hidup lain yang tinggal di dalamnya. Bahkan, beberapa jenis sampah tertentu membutuhkan waktu sangat lama untuk terurai oleh tanah.

Jenis Sampah Paling Sulit Terurai

Nah langsung aja nih guys, berikut ini 6 jenis sampah yang paling sulit terurai versi taupedia.

Jenis Sampah Yang Paling Sulit Terurai

Kantong Plastik

Menggunakan kantong plastik saat belanja menjadi hal yang biasa kita lakukan. Selain mampu membawa banyak barang, kantong plastik juga lebih aman karena tidak menyerap air. Tapi nyatanya, bukan hanya air yang sulit menembus kantong plastik tapi tanah juga kesulitan untuk mengurai kantong plastik.

Saking sulitnya, tanah membutuhkan waktu 10 – 1000 tahun untuk menghancurkan sampah jenis sampah ini. Semakin besar dan bagus kualitas kantong plastik maka semakin sulit juga sampah ini diuraikan.

Jenis Sampah Yang Paling Sulit Terurai

Botol Plastik

Minuman dalam kemasan botol plastik juga menjadi favorit banyak orang. Padahal sama seperti kantong plastik, botol plastik juga sangat sulit diuraikan oleh tanah. Untuk menguraikan satu botol plastik saja, tanah membutuhkan waktu dari 70 – 450 tahun lho.

Kaleng Aluminium

Selain minuman kemasan botol plastik, soda, dan minuman kaleng lainnya juga menjadi salah satu minuman favorit banyak orang. Walaupun minuman kalengan bisa ditemukan dimana-mana dan harganya terjangkau, sampahnya ternyata membawa dampak buruk bagi bumi. Meski bisa didaur ulang, kaleng aluminium bekas minuman ini membutuhkan waktu sekitar 80 – 200 tahun untuk bisa terurai.

Kaleng Aluminium

Styrofoam

Selain palstik, styrofoam juga menjadi salah jenis sampah yang paling berbahaya. Styrofoam terbuat dari polystyrene, bahan plastik berbasis minyak bumi sehingga tanah tidak bisa menguraikannya. Gelas atau piring berbahan styrofoam yang biasa digunakan untuk membungkus makanan dan minuman, baru bisa hancur setelah 50 tahun.

Styrofoam

Popok Bayi

Orangtua zaman dulu lebih memilih menggunakan popok kain untuk bayi mereka. Tapi sekarang, popok bayi yang terbuat dari plastik dan kapas mulai menggantikan peran popok kain.

Meski popok jenis ini bisa menyerap lebih banyak air kencing bayi dan mudah digunakan, tapi sampah popok bayi tidak mudah diuraikan oleh tanah. Dibandingkan dengan botol minuman sekali pakai, popok bayi membutuhkan waktu lebih lama agar bisa terurai yaitu sekitar 500 tahun.

Popok Bayi

Baterai

Walaupun kita bisa membuang baterai lama dan membeli baterai baru untuk smartphone, laptop, atau center, baterai bekas yang kita gunakan ternyata tidak langsung terurai begitu saja. Meski kita tidak sering mengganti baterai, satu baterai bekas saja membutuhkan waktu hingga 100 tahun untuk bisa menyatu dengan tanah.

Jenis Sampah Yang Paling Sulit Terurai

Kesimpulan

Itulah 6 jenis sampah yang paling sulit terurai versi taupedia. Beberapa barang tadi memang sangat berguna untuk kehidupan kita, tapi di sisi lain juga sangat berbahaya bagi bumi.

Yang lebih parah lagi adalah kesadaran membuang sampah pada tempatnya yang semakin rendah. Oleh karena itu mulailah dari hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya dan mulai mengurai penggunaan barang plastik atau lainnya yang sulit terurai tanah.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format