Kalian penasaran ga sih bagaimana kehidupan astronot di luar angkasa? Selama hidup di antariksa, para astronot melakukan kegiatan yang sama seperti kita yang ada di bumi mulai dari memasak, makan, minum, buang air besar dan kecil, mandi, hingga tidur.

Kehidupan Astronot - Cara Astronot Hidup Di Luar Angkasa

Kehidupan Astronot Di Luar Angkasa

Mereka melakukan kegiatan ini tentu tidak mudah ya guys. Ada serangkaian tata cara yang harus mereka lakukan. Nah langsung saja, berikut ini adalah kehidupan astronot di luar angkasa.

1. Cara Makan dan Minum Di Luar Angkasa

Untuk makan dan minum, para astronot akan dibekali makanan dalam bentuk kemasan. Jadi, tidak ada agenda memasak apalagi ketersediaan air yang sangat terbatas.

Untuk cara minumnya, mereka langsung minum dari kemasan yang ada sedotan. Nah sedangkan untuk makan, cara penaburan atau penyajian makanannya harus ditempelkan sehingga tidak bercecer.

Cara Makan dan Minum Di Luar Angkasa

2. Cara Memasak Di Luar Angkasa

Walaupun jarang sekali ada astronot yang masak di luar angkasa, salah satu astronot dari NASA bernama Chris Hadfield mengunggah video bagaimana caranya memasak bayam di ruang angkasa. Tidak serumit cara di bumi, astronot hanya perlu bayam kering dan air.

Cara Memasak Di Luar Angkasa

3. Cara Buang Air Besar dan Air Kecil Di Luar Angkasa

Mungkin banyak dari kalian yang bertanya, bagaimana kehidupan astronot di luar angkasa ketika mau buang air besar dan kecil. Ternyata ga semudah yang kita bayangkan lho guys. Jika standar toilet di bumi sekitar 12-18 inci, maka di luar angkasa hanya selebar 4 inci atau 10 cm!!

Saat menduduki toilet, para astronot harus memastikan tubuh mereka berada di posisi tepat sehingga limbah padat akan jatuh tepat melalui lubang kecil dudukan tersebut. Untuk tangki dari toilet sendiri, biasanya akan dikuras ketika pesawat sudah mendarat di Bumi.

Untuk cara buang air kecil, masing-masing astronot akan dibekali selang yang menempel di kursi dan mereka bisa buang air kecil lewat selang tersebut untuk ditampung. Nah urine para astronot tadi nantinya akan didaur ulang untuk diminum kembali lho guys.

Cara Buang Air Besar dan Air Kecil Di Luar Angkasa

4. Cara Sikat Gigi Di Luar Angkasa

Untuk cara sikat gigi diluar angkasa hampir sama yaitu menggunakan bulu sikat, gumpalan air serta pasta gigi. Pertama-tama, gumpalan air dikeluarkan melalui kemasan dan ditempelkan pada sikat gigi. Kemudian gumpalan air dimasukan ke dalam mulut.

Nah baru kemudian mengeluarkan pasta gigi dan menggosok gigi seperti biasa. Bedanya dengan kita yang ada di bumi, setelah menyikat gigi mereka akan langsung menelan pasta gigi dan air kumurnya.

Kehidupan Astronot - Cara Astronot Hidup Di Luar Angkasa

5. Cara Mandi di Luar Angkasa

Dalam pesawat, para astronot disediakan tempat khusus untuk membersihkan badan dengan sistem silinder yang menggunakan kantong plastik. Fungsi utama sistem silinder sendiri untuk menyedot gumpalan air yang melayang di udara.

Jika mau mandi, seorang astronot bisa menggunakan spon atau busa basah khusus untuk membasuh badan. Jadi berbeda ya dengan cara mandi kita di bumi dengan menyiram air langsung.

Cara Mandi di Luar Angkasa

6. Cara Keramas di Luar Angkasa 

Meskipun kondisinya berbeda, alat dan bahan yang digunakan untuk keramas masih sama yaitu air, sampo, handuk, dan sisir. Yang membedakan yaitu air yang digunakan berasal dari kantong air dan berupa gumpalan.

Untuk mulai keramas, astronot harus mengeluarkan gumpalan air dari kantong dan mengoleskannya ke kulit kepalanya. Berbeda dengan di bumi, sampo untuk keramas di antariksa tidak berbusa.

Cara Keramas di Luar Angkasa

7. Cara Tidur Di Luar Angkasa

Kehidupan astronot di luar angkasa terakhir yaitu bagaimana cara tidur para astronot. Karena tidak ada gravitasi di luar angkasa, para astronot harus mengikat kantong tidur mereka ke dinding atau langit-langit agar tidak melayang atau menabrak benda disekitar. Di Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS, sebagian besar astronot tidur di kabin kecil mereka sendiri.

Kehidupan Astronot - Cara Astronot Hidup Di Luar Angkasa

Kesimpulan

Nah itulah kehidupan astronot di luar angkasa. Walaupun melakukan hal yang sama dengan kita, tapi cara yang mereka lakukan di luar angkasa tentu berbeda dengan kita yang ada di bumi ya guys.


Comments

comments