8 Kota Dengan Biaya Hidup Termahal Di Indonesia


838
838 points

Biaya hidup di suatu kota memang mempengaruhi kesejahteraan hidup para penduduknya. Ada beberapa kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia baik biaya kehidupan sehari-hari, biaya pendidikan, makan dan minum, maupun sarana hiburan. Jadi Sebelum kalian memutuskan merantau ke kota-kota besar, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu ya patokan biaya hidup disana.

Kota Dengan Biaya Hidup Termahal Di Indonesia

Untuk mengetahui besaran biaya hidup di beberapa kota di Indonesia, kita bisa menggunakan patokan yang berasal dari Survei Biaya Hidup (SBH) di kota-kota Indonesia setiap 5 tahun sekali oleh Badan Pusat Statistik. Survey ini digunakan untuk menentukan besaran Indeks Harga Konsumen (IHK / harga rata-rata dari barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga). Nah langsung aja nih guys, berikut ini adalah 8 kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia versi taupedia.

Biaya Hidup Termahal

8. Surabaya – Rp 6 Juta/Bulan

Kota Surabaya menempati posisi ke-8 sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Menurut survey BPS, kota terbesar kedua di Indonesia ini memiliki nilai IHK sebesar Rp 6.059.488 perbulan. Sedangkan upah minimum kota Surabaya dipatok sebesar 3 juta rupiah. Sampai saat ini, kota Surabaya menjadi salah satu pusat bisnis yang cukup berkembang setelah Jakarta.

Kota Dengan Biaya Hidup Termahal Di Indonesia

7. Banda Aceh – Rp 6,1 Juta/Bulan

Ibu kota Provinsi Aceh, Banda Aceh, mempunyai IHK sebesar Rp 6.159.359 setiap bulannya. Walaupun biaya hidupnya tinggi, pendapatan rumah tangga di Banda Aceh tercatat yang terendah lho di pulau Sumatera. Baru-baru ini pemerintah kota telah meningkatkan upah minimum menjadi 2,1 juta rupiah per bulan.

Kota Dengan Biaya Hidup Termahal Di Indonesia

6. Manokwari – Rp 6,2 Juta/Bulan

Perekonomian kota Manokwari atau ibukota provinsi Papua Barat diperoleh dari sektor pariwisata yang terkenal dengan sejuta pesona alamnya. Untuk biaya bulanan agar memenuhi standar hidup layak, kota Manokwari mempunyai IHK sebesar Rp 6.269.296 setiap bulan. Sedangkan Upah minimum yang ditetapkan PemKot sekitar 2,2 juta rupiah.

Manokwari

5. Batam – Rp 6,3 Juta/Bulan

Batam merupakan kota yang berada di Provinsi Kepulauan Riau dan bersebelahan dengan negara Singapura. Pertumbuhan ekonomi yang pesat berasal dari sektor industri dan pariwisata. Jadi tidak heran jika biaya hidup di Batam termasuk tinggi yang IHK-nya mencapai Rp 6.307.136 per bulan. Sedangkan untuk upah terendah yang digariskan pemerintah kota mencapai 2,9 juta rupiah per bulan.

Biaya Hidup Termahal Di Indonesia

4. Depok – Rp 6,3 Juta/Bulan

Hampir sama dengan biaya hidup perbulan di Batam Rp 6,3 juta perbulan, pertumbuhan ekonomi di Depok banyak dipengaruhi keberadaan kelas menengah yang bekerja di ibukota. Kota depok memiliki nilai IHK Rp 6.330.690 selisih sedikit dengan Batam. Sedangkan upah minimum kota dipatok sebesar 3 juta rupiah perbulan.

Depok

3. Ternate – Rp. 6,4 Juta/Bulan

Menurut BPS, sekitar 35% biaya hidup bulanan digunakan untuk membeli makanan. Sementara sisanya terbagi antara biaya transportasi, rumah, pendidikan, dan pengeluaran lain.  Ibu kota dari provinsi Maluku Utara ini mempunyai IHK sebesar Rp 6.427.357 per bulan. Sedangkan untuk upah minimum, pemerintah kota baru saja menaikkan upahnya menjadi Rp 1,9 juta rupiah.

Kota Dengan Biaya Hidup Termahal Di Indonesia

2. Jayapura – Rp. 6,9 Juta/Bulan

Karena kelangkaan infrastruktur dan mahalnya biaya transportasi, kota-kota di Indonesia bagian timur memiliki biaya hidup bulanan tinggi termasuk kota Jayapura. Jayapura menjadi kota dengan biaya hidup termahal kedua di Indonesia yang mempunyai IHK sebesar Rp 6.939.057 per bulan.

Papua memang kaya dengan sumber daya alamnya, namun sayangnya biaya hidup di kota ini begitu tinggi dan tidak berbeda jauh dengan ibu kota Indonesia.

Jayapura

1. Jakarta – Rp. 7,5 Juta/Bulan

menurut Badan Pusat Statistik, untuk hidup layak di Jakarta penduduk membutuhkan biaya sebesar Rp 7,5 juta rupiah per bulan. Jakarta merupakan ibu kota negara Indonesia yang memiliki IHK paling tinggi yaitu Rp 7.500.726 per bulan. Biaya hidup di Jakarta memang mahal karena perekomomian di Indonesia memang berpusat di kota ini baik dari segi bisnis, politik, maupun dunia hiburan.

Kota Dengan Biaya Hidup Termahal Di IndonesiaKota Dengan Biaya Hidup Termahal Di Indonesia

Kesimpulan 

Itulah 8 kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia versi taupedia. Survei BPS diatas memang bisa dijadikan sebagai patokan umum, namun seberapa besar kebutuhan biaya hidup kita di kota apa saja, tergantung dari pola dan gaya hidup masing-masing ya guys.


0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format